Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Adobe AIR dan Haruskah Menginstallnya?

 


Adobe AIR atau Adobe Integrated Runtime adalah Runtime Environment atau Runtime Engine yang digunakan pengembang untuk mengembangkan Rich Internet Applications lintas platform. Adobe AIR diluncurkan oleh Adobe pada awal 2008 dan perusahaan telah memberikan dukungan untuk produk hingga 2020. Setelah itu, pengembangan dan dukungan Adobe AIR diserahkan kepada HARMAN International. Adobe adalah merek terkenal yang telah mengembangkan banyak produk, seperti Adobe Acrobat Reader, Adobe Flash Player dan lainnya. Setiap produk Adobe digunakan untuk tujuan yang berbeda. Pada artikel ini, kita akan melihat untuk apa Adobe AIR digunakan dan apakah anda benar-benar membutuhkannya di PC anda.


Di awal, saya telah menggunakan beberapa istilah teknis. Jadi, sebelum memulai pembahasan tentang penggunaan Adobe AIR, penting bagi anda untuk mengetahui arti dari istilah-istilah teknis tersebut. Runtime Engine adalah software yang diperlukan oleh aplikasi lain untuk dijalankan. Banyak website game online menggunakan Runtime Environments untuk game mereka. Jika Runtime Environment tersebut tidak diinstall pada system anda, maka anda akan menerima pesan popup untuk menginstall Runtime Environment terlebih dahulu.


Mari kita bicara tentang Rich Internet Applications, biasa disebut RIA. RIA adalah aplikasi berbasis web yang menawarkan banyak fitur yang mirip dengan aplikasi desktop. RIA umumnya berjalan di browser web dan tidak perlu diinstall pada mesin client. Namun, client memerlukan instalasi beberapa platform atau Runtime Environment tertentu, seperti Adobe Flash, Adobe AIR dan lainnya untuk menjalankan Rich Internet Applications.


Aplikasi lintas platform adalah aplikasi yang dapat berjalan di berbagai platform. Sebaliknya, aplikasi asli adalah aplikasi yang dikembangkan untuk platform tertentu, seperti OS Windows, iOS dan lainnya. Aplikasi lintas platform memiliki banyak keunggulan dibandingkan aplikasi asli. Jika kita berbicara dari sudut pandang pengembang, pengembang tidak perlu menulis kode terpisah untuk platform yang berbeda saat mengembangkan aplikasi lintas platform. Di sisi lain, jika seorang pengembang ingin mengembangkan aplikasi asli untuk platform yang berbeda, ia harus menulis kode yang berbeda untuk platform yang berbeda.


Untuk apa Adobe AIR digunakan?

Adobe AIR digunakan oleh pengembang untuk membuat aplikasi web yang dapat digunakan pada system operasi yang berbeda. Rich Internet Applications yang dikembangkan menggunakan Adobe AIR dapat digunakan tanpa browser web. Pengguna hanya perlu menginstall Adobe AIR di komputernya untuk menjalankan RIA tersebut. Dengan mengembangkan aplikasi web yang berjalan di Adobe AIR Environment, sebuah organisasi dapat meningkatkan pengalaman pengguna yang bermanfaat dari sudut pandang bisnis. Bagaimana? RIA yang dikembangkan di Adobe AIR Environment memungkinkan pengguna menelusuri produk perusahaan langsung dari aplikasi web tanpa mengunjungi website perusahaan di browser web. Selain itu, perusahaan juga dapat membuat aplikasi webnya memberitahu pengguna setiap kali meluncurkan produk baru yang akan meningkatkan retensi pengguna.


Apakah saya memerlukan Adobe AIR di PC saya?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dalam artikel ini, ada banyak Rich Internet Applications yang menggunakan Adobe AIR sebagai platform untuk berjalan dengan baik. Adobe Media Player, ImageDropr, FlickrFlipper dan lainnya adalah beberapa dari RIA ini. Jika anda telah menginstall RIA seperti itu di system anda, anda memerlukan Adobe AIR. Dalam hal ini, jika anda menguninstall Adobe AIR dari komputer anda, anda tidak akan dapat menjalankan aplikasi tersebut. Jika anda melakukannya, maka anda akan menerima pesan error di layar anda yang terlihat seperti berikut ini.

This application requires Adobe AIR, To continue, install Adobe AIR on this device.


Dapatkah saya menguninstall Adobe AIR dari komputer saya?

Seperti yang dijelaskan di atas, jika anda tidak memerlukan aplikasi yang berjalan di Adobe AIR Runtime Environment, anda dapat menguninstall Adobe AIR dari komputer anda. Ada dua cara untuk menguninstall Adobe AIR dari system anda. Kedua cara tersebut dijelaskan di bawah ini.


1. Uninstall Adobe AIR dari Settings Windows 11/10


Disini, saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk menguninstall Adobe AIR dari system operasi Windows 11 dan Windows 10 melalui aplikasi Settings.


Windows 10

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan kemudian pilih Apps di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Apps & features di panel kiri.
  • Di panel kanan, gulir ke bawah dan temukan aplikasi Adobe AIR.
  • Setelah anda menemukannya, pilih dan klik Uninstall.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan klik Apps & features di panel kanan.
  • Temukan Adobe AIR dalam daftar aplikasi yang diinstall di panel kanan.
  • Kemudian klik pada tiga titik vertikal dan klik Uninstall.




2. Uninstall Adobe AIR dari Control Panel


Metode ini sama untuk pengguna Windows 11 dan Windows 10. Ikuti petunjuk yang tercantum di bawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Category.
  • Kemudian klik Uninstall a program dibawah bagian Program.
  • Temukan Adobe AIR dalam daftar program yang diinstal.
  • Setelah anda menemukannya, klik kanan padanya dan pilih Uninstall.




Semoga bermanfaat! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki error Adobe Genuine Software Verification Failure di Windows 10/11 atau memperbaiki error Could not complete the command because the scratch disks are full.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memahami apa itu Adobe AIR dan haruskah menginstallnya di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Apa itu Adobe AIR dan Haruskah Menginstallnya?"