Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Random Hardware Addresses dan Cara Mengaktifkannya di Windows 10/11

 


Fitur Random Hardware Addresses adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa komputer anda aman dan tidak ada yang dapat melacak pergerakan anda. Dalam artikel ini, saya akan membahas apa itu Random Hardware Addresses dan bagaimana anda mengaktifkannya di Windows 10 atau Windows 11 anda.



Apa itu Random Hardware Addresses?


Walaupun anda tidak terhubung ke Wi-Fi, komputer anda mengirimkan sinyal untuk menemukan jaringan Wi-Fi yang tersedia. Sinyal ini berisi informasi tentang komputer anda yaitu Physical Hardware Address anda juga dikenal sebagai MAC address. MAC address ini unik untuk komputer anda dan dapat digunakan untuk melacak pergerakan anda.


Saat anda mengaktifkan Random Hardware Addresses, komputer anda akan menghasilkan sejumlah besar MAC address acak dan tidak mengirim yang benar. Ini sangat berguna ketika anda berada di tempat umum di tengah banyak Wi-Fi gratis.



Aktifkan Random Hardware Addresses di Windows 10/11


1. Di Windows 10:

Untuk mengaktifkan Random Hardware Addresses untuk jaringan tertentu di Windows 10, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Network & internet.
  • Di halaman berikutnya, klik W-Fi di panel kiri dan di panel kanan klik Manage known networks.


  • Selanjutnya klik jaringan Wi-Fi dan pilih Properties.


  • Kemudian aktifkan Use random hardware addresses for this network ke On.



Jika anda ingin mengaktifkan Random Hardware Addresses untuk semua jaringan Wi-Fi, maka di halaman utama pengaturan Wi-Fi, aktifkan opsi Use random hardware addresses ke On.




2. Di Windows 11:

Untuk mengaktifkan Random Hardware Addresses di Windows 11, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings klik Network & internet di panel kiri dan di panel kanan klik Wi-Fi.
  • Di halaman berikutnya, aktifkan Random hardware addresses ke On.




Random Hardware Addresses hilang?

Fitur Random Hardware Addresses tidak didukung di semua Wi-Fi card, jadi jika tidak ada di system anda, maka Wi-Fi card anda tidak didukung. Belum ada daftar resmi Wi-Fi card yang dapat mendukung Random Hardware Addresses, tetapi jika anda ingin menyelidiki lebih lanjut, anda dapat memeriksa Wi-Fi card mana yang anda gunakan dari Device Manager. Untuk melakukannya, buka Device Manager, perluas Network Adapter dan periksa WiFi adapter dari daftar yang tersedia.


Haruskah saya menggunakan Random Hardware Addresses?

Random Hardware Addresses, seperti yang disebutkan sebelumnya, adalah cara yang bagus untuk menghalangi peretas melacak perangkat anda. Dan karena tidak memiliki efek negatif pada kinerja perangkat anda atau Wi-Fi, maka tidak ada alasan bagi anda untuk tidak menggunakan fitur ini.


Namun, jika anda berada di lingkungan kantor yang bergantung pada MAC ke IP address, maka ini bisa menjadi bencana, jadi anda ingin berkonsultasi dengan admin IT anda jika anda bekerja untuk perusahaan. Selain itu, anda harus mengaktifkan Random Hardware Addresses, terutama jika anda pergi ke kafe dan menggunakan Wi-Fi publik.



Semoga bermanfaat dan membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara blokir atau izinkan jaringan WiFi di Windows 10/11 atau cara nonaktifkan WiFi menggunakan Command Prompt atau Powershell di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memahami apa itu Random Hardware Addresses dan cara mengaktifkannya di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Apa itu Random Hardware Addresses dan Cara Mengaktifkannya di Windows 10/11"