Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Typing Insights di Windows 11

 


OS Windows hadir dengan keyboard on-screen yang berguna bagi pengguna dengan perangkat Windows touchscreen. Jika anda tidak memiliki laptop atau monitor desktop touchscreen, anda masih dapat meluncurkan keyboard on-screen. Windows 11 memiliki fitur bernama Typing Insights untuk touchscreen atau keyboard. Jika anda mengaktifkan fitur ini, Windows 11 akan menampilkan statistik pengetikan anda, seperti penekanan tombol, like keystrokes, kata lengkap otomatis, koreksi ejaan dan lainnya. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara mengaktifkan atau menonaktifkan Typing Insights di Windows 11.



Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Typing Insights di Windows 11


Disini, saya akan menunjukkan kepada anda dua cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Typing Insights di Windows 11. Mari kita lihat satu per satu metode secara terperinci.



1. Aktifkan dan Nonaktifkan Typing Insights Melalui Settings Windows


Langkah-langkah berikut akan membantu anda mengaktifkan atau menonaktifkan Typing Insights melalui aplikasi Settings Windows 11 anda.

  • Klik kanan pada Start Menu Windows 11 dan pilih Settings. Anda juga dapat menekan tombol Win + I untuk membuka jendela Settings.
  • Di jendela Settings, pilih Time & Language dari panel kiri dan di panel kanan klik pada Typing.


  • Di halaman berikutnya, klik Typing Insights di panel kanan.


  • Pada halaman Typing Insights, aktifkan opsi dibawah Typing Insights ke On.



Pada halaman yang sama, anda akan melihat semua statistik pengetikan anda. Data ini akan membantu anda mengetahui berapa banyak error yang anda lakukan saat mengetik.



2. Aktifkan dan Nonaktifkan Typing Insights Melalui Registry Editor


Metode ini akan memandu anda mengaktifkan dan menonaktifkan Typing Insights dengan menggunakan Registry Editor. Sebelum anda melanjutkan, saya sarankan anda membuat system restore point dan membackup registry anda. Setelah itu, ikuti petunjuk yang tercantum di bawah ini dengan cermat.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.


HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Input\Settings

  • Jika anda tidak menemukan key Settings di panel kiri, maka klik kanan pada key Input, kemudian pilih New - Key dan beri nama key dengan Settings.


  • Setelah memilih key Settings, sekarang lihat di panel kanan, apakah itu berisi DWORD bernama InsightsEnabled atau tidak. Jika anda tidak menemukan DWORD tersebut, maka klik kanan di ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan InsightsEnabled.


  • Setelah itu, klik dobel pada DWORD InsightsEnabled dan ubah value datanya menjadi 0 (nol) untuk menonaktifkan Typing Insights atau 1 untuk mengaktifkan Typing Insights.


  • Setelah itu klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Cara Nonaktifkan Saran Pengetikan dan Koreksi Otomatis

Opsi untuk menonaktifkan saran pengetikan dan koreksi otomatis di Windows tersedia di aplikasi Settings. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menonaktifkan kedua opsi tersebut.

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Kemudian di jendela Settings, klik Time & Language di panel kiri dan klik Typing di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, nonaktifkan opsi Show text suggestions when typing on the physical keyboard untuk menonaktifkan saran pengetikan dan nonaktifkan opsi Autocorrect misspelled words untuk menonaktifkan koreksi otomatis.



Semoga bermanfaat untuk anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara cepat nonaktifkan keyboard Laptop di Windows 10/11 atau cara mendeteksi Keylogger di system Windows.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan atau menonaktifkan Typing Insights di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Typing Insights di Windows 11"