Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Efficiency Mode di Microsoft Edge

 


Microsoft telah memperkenalkan Efficiency Mode (Mode Efisiensi) di browser Edge. Fitur ini telah menerima apresiasi besar dari pengguna karena dimaksudkan untuk membuat pengalaman mereka lebih baik. Fitur ini sebelumnya disebut Performance Mode. Pada artikel ini, kita akan melihat cara mengaktifkan atau menonaktifkan Efficiency Mode di Microsoft Edge dan banyak lagi.



Apa itu Efficiency Mode di Microsoft Edge?


Efficiency Mode, seperti namanya, dimaksudkan untuk meningkatkan manajemen memory browser untuk memperpanjang masa pakai baterai tanpa kehilangan terlalu banyak performa/kinerja dan juga membantu mengalokasikan kembali resource CPU maupun RAM. Namun, ini mungkin mengakibatkan ada penurunan dalam kecepatan penelusuran anda, karena berusaha untuk mendapatkan lebih banyak dari baterai yang ada. Anda mungkin melihat penurunan frame atau pemutaran video yang terlihat seperti tersendat-sendat, animasi yang lamban dan lainnya. Tapi ini hanya sebentar dan jika anda memiliki CPU yang layak, anda bahkan tidak akan melihat perubahannya.


Jika anda telah mengaktifkan tab Sleeping di Microsoft Edge, tab tersebut juga akan tidak aktif, setelah 5 menit. Jadi, secara keseluruhan, saya dapat mengatakan bahwa ini akan mengurangi ketegangan pada baterai anda dan jika anda menggunakan laptop dalam keadaan tidak terhubung, anda harus mengaktifkan Efficiency Mode.



Aktifkan atau Nonaktifkan Efficiency Mode di Microsoft Edge


Ada dua cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Efficiency Mode di Microsoft Edge. Langsung saja mari kita lihat kedua metode tersebut.



1. Dari Toolbar Edge


Cara termudah untuk mengendalikan Efficiency Mode adalah dengan mengaksesnya dari Toolbar. Anda cukup mengklik ikon dan kemudian dari sana, anda dapat mengaktifkan fitur tersebut. Untuk mengaktifkan atau mengaktifkan aktifkan Efficiency Mode di Edge, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Anda harus mengaktifkan Performance button sebelum mengaktifkan Efficiency Mode.



  • Untuk melakukannya, klik pada tiga titik horizontal di pojok kanan atas jendela Edge dan pilih Settings.
  • Sekarang, buka tab Appearance di panel kiri, sementara di panel kanan gulir ke bawah ke bagian Select which buttons to show on the toolbar dan aktifkan opsi Performance button.
  • Sekarang, anda akan melihat ikon Performance button pada toolbar. Cukup klik di atasnya dan aktifkan Efficiency Mode. Anda juga dapat memilih kapan anda ingin mengaktifkannya dari menu drop-down.


Anda juga dapat menggunakan tombol dari ikon Performance untuk menonaktifkan Efficiency Mode.



2. Dari Settings Edge


Ada cara lain untuk mengaktifkan fitur tersebut, yaitu melalui Settings Edge. Jadi, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.



  • Di browser Edge, klik tiga titik horizontal di pojok kanan atas dan pilih Settings.
  • Di halaman Settings, klik System and Performance di panel kiri.
  • Di panel kanan, pada bagian Optimize Performance, aktifkan opsi Turn on Efficiency Mode. Anda juga dapat memilih kapan anda ingin mengaktifkannya dengan mengklik menu drop-down.
  • Sekarang, restart komputer anda dan Efficiency Mode akan diaktifkan.


Untuk menonaktifkan Efficiency Mode, anda cukup menonaktifkan opsi Turn on Efficiency Mode.


Bisakah saya menguninstall Microsoft Edge dari Windows 11?

Anda tidak dapat menguninstall Microsoft Edge dari Windows 11. Di Windows 10, browser Microsoft Edge Chromium baru yang diinstal melalui Windows Update tidak menawarkan opsi untuk uninstall melalui UI.


Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang apa itu Microsoft Edge WebView2 Runtime di Windows 10/11 atau cara membuat Flash Player berfungsi di Chrome, Edge, Firefox.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan atau menonaktifkan Efficiency Mode di Microsoft Edge di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!



Posting Komentar untuk "Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Efficiency Mode di Microsoft Edge"