Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat User Account atau Profile Baru di Windows 10/11

 


Dalam artikel ini, kita akan melihat cara mengatur, menambah, mengonfigurasi dan membuat User Account baru di Windows 11, Windows 10 dan Windows 8.1. Anda dapat membuat User Account dengan login ke Microsoft Account atau anda dapat membuat Local Account dengan mengikuti tutorial ini.


OS Windows memungkinkan banyak pengguna berbagi komputer yang sama di bawah akun mereka. Hal ini memungkinkan beberapa orang dengan mudah berbagi satu komputer dan memiliki lokasi mereka sendiri di komputer tempat mereka dapat menyimpan dokumen pribadi, gambar, video, save gane dan data pribadi lainnya. Anda dapat memiliki lebih dari satu User Account per PC.


Setiap individu dapat memiliki User Account terpisah dengan pengaturan dan preferensi unik, seperti background desktop atau screen saver. Setiap User Account yang berbeda mengontrol file dan program mana yang dapat diakses oleh pengguna terkait dan jenis perubahan apa yang dapat dia lakukan pada komputer.



Membuat User Account baru di Windows 10/11


Anda dapat membuat User Account baru di Windows 10 atau Windows 11 dengan dua cara berikut ini. Mari kita lihat metodenya satu per satu secara terperinci.



1. Buat User Account Baru dengan Sign-in ke Microsoft Account


Saat anda sign-in ke PC dengan Microsoft Account, anda menghubungkan PC anda ke orang, file dan perangkat yang anda sayangi. Karena itu, Microsoft menyarankan untuk membuat dan menggunakan Microsoft Account anda untuk sign-in ke Windows.


Di Windows 10:

Di Windows 10, anda dapat membuat user account baru dengan login ke Microsoft Account. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan kemudian pilih Account.
  • Di halaman berikutnya, klik Family & other users di panel kiri.
  • Di panel kanan, di bawah bagian Other user, klik Add someone else to this PC.


  • Jendela Microsoft account akan muncul. Jika anda ingin menggunakan Microsoft Account untuk login, maka masukkan ID email orang tersebut dan klik Next untuk melanjutkan dan menyelesaikan formalitas.


  • Ikuti langkah yang di berikan hingga selesai.


Di Windows 11:

Sama seperti di Windows 10, anda dapat membuat user account baru dengan login ke Microsoft Account. Namun karena perubahan tampilan Settings yang baru ini, maka saya memisahkannya. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Account di panel kiri dan di panel kanan, klik Family & other users.
  • Di halaman berikutnya, di bawah bagian Other user, klik Add account.


  • Di jendela Microsoft account yang muncul, masukkan ID email pengguna tersebut dan klik Next untuk melanjutkan. 


  • Lanjutkan proses pembuatan account dengan mengikuti wizard yang ditampilkan hingga selesai.



2. Buat Local Account di Windows 10/11


Jika anda amati, Microsoft menambahkan beberapa fitur keamanan baru untuk akun. Fitur ini meskipun bagus dan direkomendasikan, hanya menyisakan sedikit ruang untuk pilihan pribadi. Mereka memaksa anda untuk membuat Microsoft Account terlebih dahulu, memberikannya lebih banyak preferensi daripada Local Account. Tampaknya tidak ada cara yang jelas untuk melewati layar Microsoft Account, terutama jika anda tertarik untuk hanya membuat Local Account.


Microsoft memperingatkan, jika anda membuat Local Account, maka anda memerlukan akun terpisah untuk setiap PC yang anda gunakan. Tak satu pun dari pengaturan anda akan disinkronkan antara PC Windows 11/10/8.1 yang anda gunakan dan anda tidak akan mendapatkan manfaat menghubungkan PC anda ke file, pengaturan, aplikasi dan layanan anda secara online di cloud dan dapat diakses darimana saja. Anda juga tidak akan dapat mendownload aplikasi dari Windows Store tanpa Microsoft Account.


Di Windows 10

Untuk membuat Local Account di Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings dan memilih Account.
  • Di halaman berikutnya, klik Family & other users di panel kiri dan klik Add someone else to this PC di panel kanan dibawah bagian Other user.
  • Di jendela Microsoft account, klik I don’t have this person’s sign-in information untuk membuka halaman berikutnya.


  • Selanjutnya, klik Add a user without a Microsoft account untuk membuka halaman berikutnya.


  • Masukkan username, password dan juga pilih pertanyaan keamanan beserta jawabannya.
  • Setelah itu klik Next untuk menyelesaikan proses pembuatan Local Account.


Anda kemudian dapat melihat Local Account baru anda di jendela Settings dan kemudian dapat mengaturnya.



Di Windows 11:

Untuk membuat Local Account di Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Account di panel kiri dan klik Family & other users di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, di bawah bagian Other user, klik Add account.
  • Di jendela Microsoft account, klik I don’t have this person’s sign-in information untuk membuka halaman berikutnya.


  • Selanjutnya, klik Add a user without a Microsoft account untuk membuka halaman berikutnya.


  • Masukkan username, password dan juga pilih pertanyaan keamanan beserta jawabannya.
  • Setelah itu klik Next untuk menyelesaikan proses pembuatan Local Account.



Anda kemudian dapat menemukan Local Account anda di jendela Settings.



Selanjutnya anda kemudian dapat mengatur user account anda, seperti mengubah nama dan gambar profil, mengaktifkan Standard User agar anda dapat menjalankan program dengan hak admin tanpa password dan lainnya.


Jika anda ingin menghapus Local Account tertentu dari PC anda, maka anda dapat dapat masuk ke Settings - Account - Family & other users, kemudian pilih akun yang ingin dihapus dan kemudian klik Remove. Sementara untuk mengubah tipe akun anda menjadi akun administrator ataupun akun standart, maka klik Change accout type dan ikuti petunjuk.


Semoga ini bermanfaat untuk anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang apakah akun utama anda adalah akun administrator? Baca ini! atau cara mengubah gambar user account menjadi video di Windows 10/11.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam membuat User Account atau Profile baru di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Cara Membuat User Account atau Profile Baru di Windows 10/11"