Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memeriksa Suhu GPU di Windows 10/11

 


Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara memeriksa dan memantau suhu GPU graphicc card pada PC Windows 10  atau Windows 11 anda. Menjadi hal yang baik untuk mengetahui cara memeriksa suhu GPU, apakah anda seorang gamer, editor video atau desainer grafis. Kisaran suhu normal GPU berada dalam kisaran 65 hingga 85 °C (149 hingga 185 °F). Jika suhu GPU melebihi nilai maksimum seperti sekitar 100 °C, anda dapat mencoba mengatur tingkat panas berkelanjutan hanya jika anda mengetahui suhu GPU saat ini. GPU yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan hardware yang serius, jadi selalu disarankan untuk selalu memeriksa suhu GPU anda.


Sekarang, jika anda ingin menentukan suhu graphics card anda saat ini, maka artikel ini akan membantu anda. Dalam artikel ini, saya akan membuat daftar berbagai software gratis yang memungkinkan anda memantau suhu GPU. Jadi, mari kita periksa apa saja software pemantau suhu GPU gratis ini untuk Windows 10 dan Windows 11.



Cara Memeriksa Suhu GPU di Windows 10/11


Berikut adalah beberapa software gratis yang dapat anda gunakan untuk memantau suhu GPU di Windows 10 atau Windows 11 anda. Mari kita lihat satu per satu.



1. Task Manager Bawaan Windows


Task Manager bawaan Windows adalah utilitas praktis untuk mengelola proses, service, aplikasi startup dan masih banyak lagi. Utilitas ini juga memungkinkan anda memantau suhu GPU tanpa menggunakan tools pihak ketiga apapun. Microsoft telah menambahkan fungsionalitas ini ke Task Manager di Windows 10 18963 dan versi yang lebih baru termasuk Windows 11. Suhu GPU dapat dipantau dari tab Performance.


Namun, ada beberapa persyaratan untuk Task Manager untuk menampilkan suhu GPU. Fitur ini hanya berfungsi dengan GPU khusus dan tidak dengan GPU card onboard atau terintegrasi. Anda mungkin juga memerlukan driver graphics yang diupdate untuk melihat dan memantau suhu GPU. Ini memerlukan driver graphics yang diupdade ke WDDM 2.4 atau model driver yang lebih baru. Anda dapat memeriksa WDDM anda pada DirectX Diagnostic Tool (Win + R, ketik dxdiag dan klik OK) di tab Display. 



Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa dan memantau suhu GPU di Task Manager pada PC Windows 10 atau Widnwos 11 anda.

  • Pertama, buka Task Manager menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Di jendela Task Manager, pilih tab Performance.
  • Disini, anda akan melihat suhu GPU yang tercantum di panel kiri. Cukup ketuk item GPU dan anda akan dapat melihat beberapa statistik yang terkait dengan GPU card termasuk suhu GPU.


Sampai sekarang, suhu ditampilkan dalam Celcius saja. Selain suhu, anda juga dapat melihat statistik dan informasi GPU lainnya termasuk Utilization, GPU memory, Shared GPU memory, Driver version, Hardware reserved memory dan banyak lagi.



2. HWMonitor


HWMonitor adalah software khusus memonitor GPU atau CPU di Windows 10 atau Windows 11. Software ini memungkinkan anda memeriksa berbagai statistik GPU termasuk Temperature, Voltage, Fan speeds, Powers, Utilization, Clock frequencies, Capacities dan masih banyak lagi. Selain GPU, anda juga dapat memantau suhu CPU, suhu dan penggunaan SSD dan lainnya.



Untuk memantau suhu GPU melalui software gratis ini, download dan install di system anda. Setelah itu, luncurkan software dan itu akan menunjukkan kepada anda banyak statistik real-time yang terkait dengan hardware anda. Cukup gulir ke bawah dan anda akan melihat graphics card anda terdaftar di layarnya. Perluas detailnya dan komponen Temperature akan ditampilkan yang membantu anda menentukan suhu GPU real-time. Anda juga dapat melihat nilai suhu GPU minimum dan maksimum dan menganalisis nilai suhu saat ini berdasarkan itu.


Software gratis dan praktis ini juga tersedia dalam edisi portabel (download file ZIP) yang dapat anda download dan jalankan kapanpun anda ingin memeriksa atau memantau suhu GPU anda.



3. GPU-Z


Seperti namanya, GPU-Z adalah software pemantau GPU gratis khusus untuk Windows 10 dan Windows 11. Dengan menggunakannya, anda dapat memeriksa suhu GPU dan banyak lagi statistik yang terkait dengan graphics card anda. Ini mendukung perangkat graphics NVIDIA, AMD, ATI dan Intel untuk memantau suhu GPU. Jadi, jika anda memiliki salah satu GPU card ini, anda dapat dengan mudah memantau suhunya menggunakan utilitas ini. Anda juga dapat melihat adapter, GPU dan menampilkan informasi. Selain itu, utilitas ini juga menampilkan overclock, jam default dan jam 3D.


Cukup download software ini dan luncurkan aplikasi secara langsung. Karena portabel, anda tidak perlu melalui proses instalasi yang penting untuk menggunakannya. Setelah memulai aplikasi, buka tab Sensors dan anda akan melihat suhu GPU real-time dengan grafik kecil. Saat mengklik tombol drop-down yang ada di sebelah GPU Temperature, anda dapat melihat current, lowest, highest dan average reading. Selain itu, ini juga memungkinkan anda menampilkan suhu GPU di judul jendela.


Jika anda memiliki beberapa GPU card, anda dapat memilih card yang ingin anda pantau dari bagian bawah tab Sensors. Selain suhu, anda dapat memeriksa statistik seperti GPU clock frequencies, GPU Voltage, GPU Load, CPU Temperature, System Memory Used dan banyak lagi.



Secara default, ini menunjukkan suhu GPU dalam Celcius. Jika anda ingin mengubah unit suhu ke Fahrenheit, klik tombol menu tiga garis yang ada di bagian atas kemudian pindah ke tab Sensors di jendela Settings. Dari sini, beri ceklist pada opsi Temperature sensors use Fahrenheit dan klik OK. Selain itu, anda dapat mengatur kecepatan refresh layar dan statistik yang ingin anda lihat.



4. Open Hardware Monitor


Open Hardware Monitor adalah software pemantau hardware open-source dan gratis yang memungkinkan anda memeriksa suhu GPU dan statistik lainnya. Ini memungkinkan anda memantau suhu/temperature, fan speed, voltage, load dan clock speed komputer anda. Mendukung video card ATI dan Nvidia untuk memantau GPU. Seiring dengan GPU, anda juga dapat memantau hard drive SMART dan suhu CPU menggunakan aplikasi ini.



Ini adalah software pemantau suhu GPU portabel yang bekerja tanpa instalasi. Jadi, cukup download folder ZIP-nya, kemudian ekstrak dan luncurkan aplikasi. Pada interface/antarmuka utamanya, anda dapat melihat berbagai komponen termasuk CPU, SSD, Memory dan banyak lagi. Anda dapat menggulir ke bawah dan akan ada GPU card anda yang terdaftar bersama dengan suhunya. Ini juga menunjukkan nilai minimum dan maksimum untuk suhu dan metrik lainnya sehingga anda dapat mempertahankan nilai yang diperlukan.


Selanjutnya, anda juga dapat menyesuaikan beberapa parameter yang terkait dengan statistik yang sedang ditampilkan. Misalnya, anda dapat mengubah satuan suhu dari Celcius ke Fahrenheit. Anda juga dapat menyesuaikan interval log, mengaktifkan sensor logging, memilih lokasi plot, memilih hardware yang ingin anda pantau dan lainnya. Selain itu, anda juga dapat melihat grafik statistik, mengaktifkan gadget pemantauan dan melihat sensor tersembunyi. Dari menu File, anda juga dapat menyimpan statistik hardware ke file teks.


Semoga bermanfaat untuk anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memeriksa suhu CPU anda di Windows 10/11 atau apa itu VSync dan haruskah mengaktifkan atau menonaktifkannya?


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memeriksa suhu GPU di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Cara Memeriksa Suhu GPU di Windows 10/11"