Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Storage Sense untuk Mengosongkan Ruang Disk di Windows 11

 


Storage Sense di Windows 11 adalah cara yang bagus untuk mengelola penyimpanan komputer anda. Ketika dikonfigurasi, itu dapat secara otomatis mengosongkan Recycle Bin, menghapus temporary file dan melakukan hal-hal lain untuk mengatur penyimpanan anda. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara mengaktifkan, mengonfigurasi dan menggunakan Storage Sense di Windows 11 untuk mengosongkan ruang disk dengan menghapus file sampah secara otomatis atau manual. Jadi, tanpa membuang waktu, mari kita lihat cara mengelola Disk Space menggunakan Storage Sense di Pengaturan Windows 11.


Catatan: Storage Sense juga tersedia di Windows 10. Jika anda ingin menggunakannya di Windows 10 anda, maka anda dapat membaca artikel saya tentang cara mengosongkan ruang disk di Windows 10 dengan Storage Sense.



Menggunakan Storage Sense untuk Mengosongkan Ruang Disk di Windows 11


1. Mengaktifkan Storage Sense di Windows 11


Pertama-tama, anda harus mengaktifkan Storage Sense di komputer Windows 11 anda dari Settings Windows. Ikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini untuk melakukannya.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I atau membukanya dari Start Menu.
  • Di jendela Settings, pastikan anda berada di tab System di panel kiri dan klik Storage di panel kanan.
  • Sekarang, aktifkan Storage Sense ke On di panel kanan.



Atau anda juga dapat mencari Storage Sense dari Start Menu dan kemudian mengaktifkan tombol. Anda mungkin akan melihat pop-up di dekat taskbar Storage settings, cukup klik Enable dan anda akan baik-baik saja.


Untuk menonaktifkan Storage Sense di Windows 11 anda, anda hanya mengklik kembali tombol ke Off. Namun jika anda anda ingin menonaktifkan Storage Sense menggunakan Registry Editor atau menggunakan Group Policy Editor karena alasan tertentu, maka anda dapat membaca artikel saya tentang cara menonaktifkan Storage Sense di Windows 10/11.



2. Konfigurasi Storage Sense


Sekarang, mari kita konfigurasikan Storage Sense, ubah pengaturannya dan buat bekerja seperti yang anda inginkan. Untuk melakukan itu, klik Storage Sense setelah mengaktifkannya. Sekarang, anda akan melihat opsi berikut.



  • Cleanup of temporary files: Anda dapat memberi ceklist pada opsi ini jika anda ingin Storage Sense menghapus temporary file/file sementara.
  • Automatic User content cleanup: Untuk menjalankan Storage Sense secara otomatis.
  • Run Storage Sense: Dari sini anda dapat memilih kapan anda ingin menjalankan Storage Sense. Anda mempunyai empat pilihan, antara lain Every day, Every week, Every month dan During low free disk space (default).

  • Delete files in my recycle bin if they have been there for over: Pilih berapa lama file bin anda disimpan dan setelah itu mereka akan dihapus oleh Storage Sense. Pilihannya adalah Never, 1 day, 14 days, 30 days dan 60 days.
  • Delete files in my Download folders if they haven’t been opened for more than: Untuk menghapus download yang berlebihan. Dimana pilihannya adalah Never, 1 day, 14 days, 30 days dan 60 days.
  • Locally available cloud content: Untuk membersihkan item yang tidak digunakan dari Cloud Storage anda. Opsi ini tersedia jika anda telah menghubungkan dengan akun Microsoft anda. Dan pilihannya adalah Never, 1 day, 14 days, 30 days dan60 days.



3. Jalankan Storage Sense Secara Manual


Jika anda ingin menjalankan Storage Sense secara manual, maka di halaman System - Storage - Storage Sense, anda cukup mengklik tombol Run Storage Sense now di bagian bawah halaman.




4. Cleanup Recommendations Storage Sense


Saat berada di halaman System - Storage, gulir ke bawah sedikit dan klik Cleanup Recommendations. Windows akan menampilkan daftar file sampah dan file sementara yang dapat anda hapus dengan aman. Anda dapat memeriksa file apa saja yang akan di hapus dengan mengklik See advanced options.




5. Cara Menghapus Temporary file di Windows 11


Untuk menghapus temporary file/file sementara di Windows 11, anda harus mengikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini.

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik Storage di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, pilih Temporary files.
  • Sekarang, anda dapat memilih temporary file yang ingin anda hapus dengan memberi ceklist di masing-masing opsi dan klik Remove files.



Tunggu beberapa menit karena Windows akan secara otomatis membersihkan system anda.


Cara mengetahui seberapa besar Hard Drive di Windows 11/10

Cara termudah untuk mengetahui ukuran Hard Drive anda adalah dengan membuka File Explorer dan melihat angka yang disebutkan untuk setiap partisi dan menambahkannya. Anda akan mengetahui seberapa besar Hard Drive anda.


Cara membuka Disk Management di Windows 11/10

Ada banyak cara untuk membuka Disk Management di Windows 11/10.

  • Dari Start Menu: Cari Disk Management dari Start Menu.
  • Dari Run: Tekan tombol Win + R, ketik diskmgmt.msc dan klik OK.
  • Dari menu Quick Access: Tekan tombol Win + X atau klik kanan pada Start Menu dan pilih Disk Management.

Itu adalah beberapa cara termudah untuk membuka Disk Management di Windows 11 atau Windows 10 anda.


Semoga bermanfaat dan membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara membersihkan ruang pada Recovery Drive di Windows 10/11 atau cara membersihkan PC Windows anda menggunakan Command Prompt.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menggunakan Storage Sense untuk mengosongkan ruang disk di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Storage Sense untuk Mengosongkan Ruang Disk di Windows 11"