Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjalankan Google Play Store Android di Windows 11

 


Jika anda ingin menguji atau menjalankan aplikasi Android Google Play Store di Windows 11 anda, maka berikut adalah cara melakukannya di komputer anda. Meskipun beberapa aplikasi mungkin tidak berjalan seperti di ponsel, namun anda dapat menginstall hampir semua aplikasi dan game yang tersedia di Google Play Store.


Mari kita asumsikan bahwa anda menggunakan iPhone, tetapi anda ingin mencoba beberapa aplikasi Android. Daripada membeli ponsel Android, anda dapat mengikuti tutorial ini untuk menginstall dan menjalankan aplikasi Android di komputer Windows 11. Baik anda ingin memainkan Candy Crush atau menggunakan Facebook Lite, anda dapat melakukan semuanya di komputer.


Sebagai informasi, anda dapat menggunakan aplikasi Android di Windows 11 menggunakan Windows Subsystem for Android (WSA). Namun, jika anda tidak memiliki Windows Subsystem for Android, anda tidak perlu menginstallnya sekarang. Meskipun demikian, jika anda telah menginstall Windows Subsystem for Android di komputer anda, anda harus menguninstallnya terlebih dahulu sebelum memulai langkah dibawah ini.



Cara Menjalankan Aplikasi Android Google Play Store di Windows 11


Untuk menjalankan aplikasi Android Google Play Store di Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Untuk memulai, anda harus mengaktifkan Developer Mode di Settings Windows. Ini mungkin langkah yang paling penting. Tanpa mengizinkan Developer Mode, anda tidak dapat menginstall aplikasi dari sumber lain.


Untuk mengaktifkan Developer Mode di Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Privacy & security di panel kiri dan di panel kanan pilih For developers.
  • Selanjutnya aktifkan opsi Developer Mode ke On dan klik Yes di jendela peringatan.
  • Setelah itu, restart komputer anda.



Setelah itu, anda perlu mendownload file kernel dan WsaPackage dari mediafire.com. Anda dapat mengunjungi halaman ini untuk mendownload file kernel dan halaman ini untuk mendownload file WsaPackage.


Setelah selesai mendownload, ekstrak konten file WsaPackage_1.7.32815.0_x64_Release-Nightly.zip. Untuk itu, anda dapat menggunakan aplikasi apa saja seperti 7-Zip, WinRAR dan lainnya.


Setelah mengekstrak, copy file kernel, kemudian buka folder WsaPackage_1.7.32815.0_x64_Release-Nightly, klik dobel pada folder Tools dan paste disana. Jika itu meminta anda untuk mengganti file kernel baru dengan yang sudah ada, maka anda harus melakukannya dengan mengklik Replace....


Sekarang, anda harus membuka jendela Windows PowerShell dengan hak admin di folder WsaPackage_1.7.32815.0_x64_Release-Nightly.

  • Untuk itu, cari Windows Powershell di Search Taskbar dan klik opsi Run as administrator.

  • Setelah itu, masukkan perintah berikut dan tekan Enter.


cd [WsaPackage-folder-path]

  • Untuk mendapatkan jalur folder WSAPackage, anda dapat mengklik kanan pada folder yang diekstrak tadi dan pilih opsi Copy as path.

Setelah membuka PowerShell di folder WsaPackage_1.7.32815.0_x64_Release-Nightly, sekarang masukkan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.

Add-AppxPackage -Register .\AppxManifest.xml


Sekarang, anda dapat menemukan beberapa notifikasi tentang Google Play Store dan Google Play Protect di layar anda. Jika sudah, anda telah berhasil menginstall Google Play Store di Windows 11 anda.

Setelah itu, anda perlu membuka Windows Subsystem for Android di komputer anda dan mengaktifkan Developer mode. Namun karena anda telah menguninstallnya sebelum mengikuti metode di atas, maka sekarang anda harus menginstall Windows Subsystem for Android kembali.


Setelah menginstall Windows Subsystem for Android, kemudian membukanya dan mengaktifkan Developer Mode, klik opsi File untuk membuka jendela atau aplikasi. Setelah selesai, anda dapat menutup jendela.

Selanjutnya, anda dapat mencari Google Play Store di Search Taskbar atau Start Menu dan membukanya dari sana.


Memperbaiki Masalah Sign-in Google Play Store di Windows 11

Setelah membuka aplikasi Google Play Store di Windows 11, anda harus Sign-in ke akun Google anda untuk menginstall aplikasi. Namun, anda mungkin menemukan beberapa masalah saat sign-in ke akun anda.

Untuk memperbaiki masalah sign-in di Google Play Store pada Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Untuk memulai, anda perlu mendownload SDK Platform Tools dari website android.com. Jangan lupa, download untuk versi Windows.
  • Kemudian, ekstrak file Platform Tools yang anda download sebelumnya. Selanjutnya, buka folder platform-tools di komputer anda, ketik cmd pada address bar File Explorer dan tekan Enter.


  • Ini akan membuka Command Prompt di folder tersebut. Namun, jika anda ingin menggunakan Terminal Windows, anda dapat mengklik kanan pada ruang kosong dan memilih opsi Open in Windows Terminal.
  • Setelah itu, buka Windows Subsystem for Android dan copy IP address ke clipboard anda.
  • Setelah itu, masukkan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter. Jangan lupa untuk mengganti [IP-address] dengan IP address yang anda copy dari jendela Windows Subsystem for Android.

adb connect [IP-address]
adb shell
su
setenforce 0


  • Setelah selesai, anda dapat membuka kembali aplikasi Google Play Store dan mengklik tombol Sign in.

Sekarang, anda seharusnya tidak mendapatkan masalah saat masuk ke akun Google Play Store anda.


Itu saja. Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara install Android SDK di Windows 10/11 atau cara memulai Android Debug Bridge.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menjalankan Google Play Store Android di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Cara Menjalankan Google Play Store Android di Windows 11"