Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur Tersembunyi Windows 11 yang Perlu Anda Ketahui

 


Dalam artikel ini, saya akan membahas beberapa fitur tersembunyi dan menarik di Windows 11 yang mungkin belum anda ketahui. Microsoft terus meluncurkan fitur baru setiap bulan dengan update dan patch baru. Dengan OS baru, ada banyak peningkatan dan fitur baru di Windows 11 seperti Snap Layouts, Microsoft Store baru, Start menu dan taskbar yang didesain ulang dan maish banyak lagi.



Fitur Tersembunyi Windows 11


Meskipun anda pasti telah memperhatikan dan menggunakan banyak fitur Windows 11 sesuai kebutuhan anda, namun ada beberapa fitur yang mungkin tidak anda sadari ada system operasi anda. Fitur-fitur ini benar-benar dapat membantu anda meningkatkan pengalaman Windows anda secara keseluruhan. Mari kita periksa daftar fitur tersembunyi ini di Windows 11.


1. Fitur Multitasking

Windows 11 memiliki beberapa peningkatan dalam fitur multitaskingnya. Saya telah menjelaskan tentang bagaimana menggunakan fitur Snap Layout dimana memungkinkan anda menangani beberapa jendela sekaligus, termasuk perbedaan antara Smart Layout, Snap Layout dan Snap Group. Selain itu, anda juga dapat menampilkan tab browser di menu Alt + Tab. Anda dapat memilih apakah anda ingin membuka jendela dan semua tab di Microsoft Edge, membuka jendela dan beberapa tab terbaru di Microsoft Edge, atau hanya membuka jendela.



2. Sesuaikan Volume untuk Masing-Masing Aplikasi yang Dibuka di Desktop

Fitur Volume Mixer di Windows 11 sekarang tersedia di bagian Settings - System - Sound. Ini adalah fitur yang sama yang memungkinkan anda untuk menyesuaikan tingkat suara system. Namun, jika anda tidak tahu, anda sekarang dapat menyesuaikan volume berdasarkan aplikasi individual.



Cukup buka Settings dengan menekan tombol Win + I, kemudian pilih System di panel kiri dan klik Sound di panel kanan. Anda akan menemukan Volume Mixer di halaman berikutnya. Setelah itu, di bawah bagian Apps, anda dapat melihat slider volume untuk masing-masing aplikasi yang saat ini anda buka. Anda sekarang dapat menyesuaikan volume untuk setiap aplikasi sesuai keinginan.


3. Opsi Windows Backup

Di aplikasi Settings baru di Windows 11, anda akan melihat halaman opsi Windows Backup baru. Anda dapat menemukan opsi backup di bawah Settings - System - Storage - Advanced storage settings - Backup options. Anda dapat langsung menyinkronkan folder anda ke OneDrive. Di tambah, anda juga dapat menggunakan fitur praktis seperti Remember my apps dan Remember my preferences.



4. Permission Aplikasi Background

Anda juga dapat memilih aplikasi background yang dapat menggunakan permission tertentu pada PC Windows 11 anda. Permission ini termasuk  Location, Camera, Voice activation, Microphone, Contacts, Calendar dan lainnya. Untuk mengatur permission aplikasi background, buka Settings - Privacy & security dan gulir ke bawah ke bagian App permissions. Anda dapat memilih permission tertentu dan kemudian mengaktifkan/menonaktifkan permission untuk aplikasi tertentu.



5. Beberapa Fitur Clipboard History yang Menarik

Windows 11 memiliki fitur Clipboard History yang baru dan lebih baik. Clipboard sekarang memiliki beberapa fungsi bagus dan kebetulan yang terintegrasi di dalamnya, seperti Emoji, GIF, Kaomoji, Symbol dan lainnya. Anda cukup mengaktifkan Clipboard History anda dengan membuka bagian Settings - System - Clipboard. Kemudian, anda dapat mengakses item Clipboard dengan menekan tombol pintas Ctrl + V.



Di jendela Clipboard History, anda akan melihat beberapa fitur terintegrasi seperti GIF, Emoji dan lainnya. Anda dapat menggunakan item ini dalam penulisan kapanpun anda mau.


6. Keamanan yang Lebih Baik

Sejak berita tentang OS Windows 11 telah keluar, kita semua telah mendengar bagaimana Windows 11 memiliki persyaratan keamanan bawaan yang lebih besar termasuk core PC yang aman dan TPM. Ada berbagai pengaturan Privacy & security yang berguna di Windows 11 yang membantu anda mengamankan PC anda. Beberapa fitur ini termasuk opsi sign-in yang aman, fitur Device Security, tools dan fitur keamanan bawaan, enkripsi data, fungsi pelacakan peluncuran aplikasi, fitur untuk log out saat anda pergi dan banyak lagi. Opsi ini memastikan bahwa anda memiliki pengalaman Windows 11 yang luar biasa tanpa mengorbankan keamanan.


7. Perkiraan “Time to update”

Windows 11 sekarang dapat memperkirakan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk menginstall update tertentu pada PC anda. Meskipun saya tidak dapat menguji seberapa akurat perkiraan waktu update, itu masih dapat memberi anda gambaran tentang berapa lama waktu yang diperlukan untuk menginstall update di PC anda. Jadi, anda tahu apakah anda dapat mengupdate PC secara instan atau menunggu jam aktif selesai. Anda juga dapat menjadwalkan update setelah jam aktif.

Fitur ini diharapkan segera diluncurkan setelah update baru di Windows 11 terungkap.


8. Device Usage

Device Usage adalah fitur kecil namun efektif. Jika anda tidak tahu, ini memungkinkan anda memberitahu system bagaimana anda berencana menggunakannya untuk mendapatkan tips dan rekomendasi yang dipersonalisasi. Anda dapat memilih lebih dari satu kasus penggunaan untuk perangkat anda yang mungkin mencakup Gaming, Family, Creativity, Business, Entertainment dan lainnya. Anda dapat mengakses pengaturan ini dengan membuka Settings - Personalization - Device usage.



9. Mode Focus Session dalam Aplikasi Clock

Aplikasi Clock baru di Windows 11 hadir dengan mode Focus Session. Mode ini memungkinkan pengguna untuk fokus pada pekerjaan mereka, memantau waktu yang dihabiskan untuk tugas tertentu, beristirahat dari pekerjaan setelah interval waktu dan banyak lagi. Jika anda seorang yang suka bekerja, anda dapat menggunakan fitur ini untuk meningkatkan produktivitas anda.



10. Windows Subsystem for Linux

Windows Subsystem for Linux (WSL) di Windows 11 memungkinkan pengembang menjalankan lingkungan GNU/Linux dan menjelajahi OS Linux. Memang benar, WSL di Windows 10 sudah ada, namun di Windows 11, semuanya di permudah dari proses install dan penggunaannya. WSL sekarang tersedia di Microsoft Store dari mana anda bisa mendapatkannya.




Semoga bermanfaat untuk anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang 10 alasan mengapa anda harus upgrade ke Windows 11 atau shortcut keyboard baru di Windows 11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memahami fitur tersembunyi Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Fitur Tersembunyi Windows 11 yang Perlu Anda Ketahui"