Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Application Error 0xc0000906 di Windows 10/11

 


Banyak pengguna melaporkan mengalami Application Error dengan error code 0xc0000906 ketika mencoba meluncurkan aplikasi pihak ketiga di PC Windows 10 atau Windows 11 mereka. Error code ini dipicu untuk beberapa aplikasi untuk beberapa pengguna. Beberapa pengguna yang terpengaruh dengan error ini hanya berurusan dengan beberapa software atau aplikasi pilihan.


Salah satu contoh pesan error tersebut adalah seperti yang berikut ini:

ScnRec.exe - Application Error

The application was unable to start correctly (0xc0000906).

Click OK to close the application.



Jika anda salah satu dari mereka yang mendapatkan error yang sama, maka anda dapat mencoba perbaikan yang akan saya jelaskan di artikel ini untuk menghilangkan error code 0xc0000906 tersebut. Tetapi sebelum itu, mari kita telusuri alasan yang memicu error ini untuk memahami perbaikan dengan lebih baik.



Penyebab Application Error 0xc0000906 di Windows 10/11


Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab yang dapat memicu Application Error 0xc0000906 pada Windows 10 atau Windows 11 atau bahkan versi Windows yang lebih lama.

  • Error ini kemungkinan besar terjadi karena kerusakan file system yang mengganggu file DLL yang penting untuk meluncurkan aplikasi. Jika skenario berlaku, anda dapat mencoba menggunakan tools bawaan Windows termasuk SFC dan DISM untuk memperbaiki kerusakan file system.
  • Ini dapat disebabkan karena masalah kompatibilitas, terutama jika anda mencoba menjalankan aplikasi lama. Coba jalankan aplikasi dalam mode kompatibilitas untuk memperbaiki error.
  • Jika anda menggunakan antivirus yang terlalu protektif, dapat mengganggu dan memblokir aplikasi. Jika skenario berlaku, nonaktifkan antivirus anda untuk menyelesaikan masalah.
  • Error ini juga dapat dipicu karena instalasi software itu sendiri yang salah. Jika demikian, anda dapat mencoba menginstall ulang software untuk memperbaiki masalah.
  • Error ini juga dapat disebabkan oleh perubahan terbaru yang anda buat pada system. Ini bisa berupa instalasi aplikasi pihak ketiga yang bermasalah atau update driver. Dalam hal ini, anda dapat mengembalikan PC anda ke keadaan sebelumnya menggunakan System Restore untuk mengatasi masalah tersebut.



Memperbaiki Application Error 0xc0000906 di Windows 10/11


1. Jalankan Scan SFC dan DISM


Error code 0xc0000906 sering dipicu ketika anda berurusan dengan beberapa jenis kerusakan file system. Jika skenario ini berlaku, anda dapat mencoba menscan PC anda untuk mencari file system yang rusak atau hilang dan kemudian memperbaikinya. Cara paling efektif untuk melakukannya adalah dengan menggunakan utilitas bawaan Windows yang bernama System File Checker (SFC) dan Deployment Imaging and Servicing Management (DISM). Anda dapat mencoba menjalankan scan SFC dan DISM untuk memperbaiki kerusakan file system dan memulihkan status system anda yang sehat.


Berikut adalah cara menjalankan scan untuk kedus tools tersebut.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator.
  • Di Command Prompt, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter untuk melakukan scan SFC.


sfc /scannow


  • Setelah scan SFC selesai, masukkan perintah di bawah ini satu per satu dan tekan Enter untuk menjalankan scan DISM.

Dism.exe /online /cleanup-image /restorehealth
Dism.exe /online /cleanup-image /scanhealth

  • Scan mungkin akan memakan waktu 10-15 menit untuk diselesaikan, jadi bersabarlah.
  • Setelah scan selesai, lanjutkan dengan merestart PC anda dan kemudian lihat apakah errornya sekarang telah diperbaiki.

Jika metode ini tidak membantu anda mengatasi error ini, maka lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk menghilangkan error.


2. Nonaktifkan Software Antivirus Pihak Ketiga

Jika anda menggunakan rangkaian antivirus pihak ketiga yang terlalu protektif pada PC Windows anda, maka ada kemungkinan perangkat tersebut memblokir atau menghapus file atau proses yang terkait dengan aplikasi tersebut. Akibatnya, anda mungkin akan menerima Application Error 0xc0000906 di Windows anda. Jadi, anda dapat mencoba nonaktifkan antivirus anda dan melihat apakah error telah diperbaiki atau tidak. Untuk menonaktifkan antivirus anda, temukan ikonnya di system tray, kemudian klik kanan dan nonaktifkan.


Jika anda dapat memperbaiki error dengan menonaktifkan antivirus anda, maka anda dapat yakin bahwa penyebab utamanya adalah antivirus anda. Untuk mengatasi masalah ini, tambahkan aplikasi yang bersangkutan ke daftar Exclusion/Exception/Whitelist di antivirus anda. Ini akan memastikan bahwa antivirus anda tidak akan memblokir kembali aplikasi tersebut.



3. Jalankan Aplikasi dalam Mode Compatibility dengan Hak Administrator

Jika anda masih mendapatkan error yang sama, maka ada kemungkinan anda menghadapi masalah kompatibilitas, terutama dengan software yang lebih lama. Jika skenario berlaku, maka anda dapat mencoba menjalankan aplikasi dalam Mode Compatibility dan sebagai administrator untuk melihat apakah itu memperbaiki error pada PC anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Buka software executable yang mengalami Application Error 0xc0000906, kemudian klik kanan padanya dan pilih opsi Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Compatibility.
  • Selanjutnya, beri ceklist pada opsi Run this program in compatibility mode for dan kemudian pilih versi Windows yang lebih lama untuk menjalankan program. Anda dapat bereksperimen dengan versi untuk melihat mana yang cocok untuk anda.
  • Setelah itu, beri ceklist pada opsi Run this program as administrator yang ada di bawah bagian Settings.
  • Terakhir, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


Anda sekarang dapat mencoba menjalankan software yang awalnya memberi anda error dan melihat apakah masalahnya telah diperbaiki. Jika tidak berhasil, coba solusi berikutnya untuk memperbaiki masalah.


4. Install Ulang Software

Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk anda, maka anda dapat mencoba menginstall ulang software. Jika anda berurusan dengan instalasi software yang rusak atau salah, maka ini akan memperbaiki masalah untuk anda. Jadi, coba uninstall program yang bermasalah melalui Settings atau Control Panel atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Setelah uninstall, download installer untuk aplikasi tersebut dari sumber resmi dan install kembali di PC anda. Mudah-mudahan, ini akan memperbaiki error untuk anda.


5. Lakukan System Restore

Jika anda mulai mengalami Application Error 0xc0000906 baru-baru ini, maka ada kemungkinan error dipicu karena beberapa perubahan system baru-baru ini. Beberapa service pihak ketiga mungkin bertanggung jawab atas error tersebut. Sekarang, jika skenarionya berlaku untuk anda, maka anda harus mencoba melakukan system restore dan memeriksa apakah itu membantu anda memperbaiki error. Melakukan system restore akan mengembalikan PC anda ke keadaan sebelumnya dimana anda tidak menerima error ini. Namun, melakukannya akan mengakibatkan hilangnya semua perubahan (misalnya, aplikasi yang diinstall, driver, game, penyesuaian dan lainnya) yang anda buat sejak restore point. Jadi, pastikan apa yang anda lakukan.



Application Error adalah error yang pada dasarnya berarti bahwa komputer anda tidak dapat memproses file dan pengaturan yang diperlukan untuk membuka program software tertentu. Dengan solusi yang diberikan diatas, anda dapat memperbaikinya dan kemudian anda dapat menggunakan kembali software tersebut tanpa masalah.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Application Error 0xc0000906 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Application Error 0xc0000906 di Windows 10/11"