Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x00000001 Game Pass di Xbox

 


Apakah anda mengalami error 0x00000001 saat menginstall game dari GamePass melalui aplikasi Xbox? Artikel ini akan membantu anda memperbaiki error ini. Banyak pengguna yang mengeluh karena mengalami error ini. Jika anda salah satunya, artikel ini siap membantu anda. Anda dapat mengikuti perbaikan yang telah saya sebutkan disini untuk memperbaiki error ini.


Error code 0x00000001 ini dipicu saat anda mencoba menginstall, mengupdate atau meluncurkan game di perangkat Xbox atau di PC Windows 10 atau Widnows 11 anda. Jika anda menerima error ini, ikuti perbaikan yang telah saya cantumkan di artikel ini.



Penyebabkan Error 0x00000001 Game Pass di Xbox


Ada beberapa alasan berbeda bagi setiap pengguna ketika mengalami error ini. Berikut adalah beberapa penyebab umum terjadinya error 0x00000001.

  • Error ini dapat terjadi jika anda berurusan dengan Microsft Gaming Services atau App Installer yang rusak. Anda dapat mencoba mereset aplikasi ini jika skenarionya berlaku.
  • Cache aplikasi dan data yang terkait dengan aplikasi Xbox yang rusak dapat menjadi alasan lain untuk error yang sama. Jika skenario berlaku, reset atau perbaiki aplikasi.
  • Cache atau range DNS yang buruk juga dapat memicu error ini. Dalam hal ini, anda dapat melakukan flush DNS untuk memperbaiki masalah.
  • Error ini juga dapat disebabkan oleh kerusakan file system, terutama komponen yang digunakan oleh aplikasi Xbox.
  • Alasan lain untuk error ini dapat berupa update Windows yang hilang, gangguan antivirus pihak ketiga dan lainnya.


Sekarang setelah anda mengetahui skenario yang dapat memicu error ini, anda dapat menerapkan perbaikan yang sesuai untuk mengatasi error ini. Tetapi, sebelum itu, yang pertama anda harus coba untuk memperbaiki error ini adalah dengan membatalkan instalasi game dan kemudian mencoba untuk memulai kembali download. Jika error ini disebabkan karena error sementara, maka solusi ini harus memperbaikinya. Selain itu, anda juga dapat mencoba me-restart Windows dan kemudian mencoba mendownload kembali game anda di Xbox. Ini memungkinkan anda untuk melewati error sementara yang menyebabkan error dan membantu anda memperbaikinya. Jika tidak, lanjutkan dengan solusi yang telah saya sebutkan dalam artikel ini.



Memperbaiki Error 0x00000001 Game Pass di Xbox


Berikut ini adalah beberapa metode perbaikan yang dapat anda coba untuk memperbaiki error 0x00000001 Game Pass di Xbox.



1. Reset Aplikasi Gaming Services dan App Installer


Alasan utama di balik error ini adalah cache atau file temp yang korup atau rusak yang dihasilkan oleh Gaming Services atau aplikasi App Installer. Jadi, anda dapat mencoba mereset kedua aplikasi ini untuk memperbaiki error ini. Jika App Installer tidak digunakan lagi pada versi Windows 11 anda, maka anda dapat melanjutkan dengan mereset hanya aplikasi Gaming Services. Berikut adalah cara melakukannya.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps.
  • Di halaman berikutnya, klik Apps & features di panel kiri dan di panel kanan klik Gaming Services, kemudian klik Advanced options.
  • Selanjutnya klik Reset dan konfirmasi dengan mengklik Reset kembali.
  • Lakukan juga hal yang sama untuk App installer.
  • Setelah itu restart PC anda.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan di panel kanan klik Apps & features.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, klik menu tiga titik vertikal di samping Gaming Services dan pilih Advanced options.
  • Selanjutnya gulir ke bawah ke bagian Reset, kemudian klik Reset dan konfirmasikan prosesnya dengan mengklik Reset kembali.
  • Demikian pula, anda dapat mereset App installer.
  • Terakhir, restart PC anda.



Setelah melakukannya baik di PC Windows 10 atau Windows 11, lihat apakah error sudah diperbaiki sekarang.



2. Install Ulang Microsoft Gaming Services


Jika mereset Gaming Services tidak membantu, maka anda harus mencoba menginstall ulang aplikasi Microsoft Gaming Services untuk memperbaiki error ini. Ini harus memperbaiki korup mendasar yang menyebabkan error. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menguninstall dan menginstall ulang Microsoft Gaming Services. Metode ini berlakuk untuk Windows 10 dan Windows 11.

  • Buka PowerShell dengan hak admin. Gunakan Search Windows untuk menemukannya, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as administrator. Jika anda menggunakan Terminal, tekan Win + X dan pilih Windows Terminal (Admin).
  • Sekarang, masukkan perintah di bawah ini dan tekan Enter untuk menghapus seluruh Microsoft Gaming Services infrastructure.


get-appxpackage Microsoft.GamingServices | remove-AppxPackage -allusers


  • Setelah perintah selesai dijalankan dan penghapusan instalasi selesai, install ulang package menggunakan perintah di bawah ini.

start ms-windows-store://pdp/?productid=9MWPM2CQNLHN

  • Ketika package diinstall kembali, restart system anda dan lihat apakah error telah teratasi.


3. Install Update Windows

Jika anda menggunakan system yang out of date, maka itu dapat menyebabkan error dan masalah kompatibilitas antara Windows dan aplikasi. Jadi, selalu pastikan anda telah menginstall semua update Windows yang tersedia. Update baru memperbaiki bug dan meningkatkan stabilitas system. Anda dapat mendownload dan menginstall update untuk Windows dengan membuka Settings menggunakan tombol Win + I. Kemudian, buka tab Windows Update dan klik Check for updates untuk mendownload dan menginstall update Windows yang tersedia. Atau anda juga dapat mendownloadnya dari Microsoft Update Catalog dan menginstallnya secara manual. Windows akan meminta restart saat mengupdatenya. Pada startup berikutnya, coba download dan install game anda kembali di Xbox dan lihat apakah error telah diperbaiki atau tidak.


5. Perbaiki Aplikasi Xbox

Penyebab utama di balik error ini mungkin terkait dengan korup file di aplikasi Xbox. Jika skenario berlaku, maka anda harus dapat memperbaiki error dengan memperbaiki aplikasi Xbox. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk memperbaiki aplikasi Xbox.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps.
  • Di halaman berikutnya, klik Apps & features di panel kiri dan di panel kanan pilih Xbox, kemudian klik Advanced options.
  • Selanjutnya pada bagian Reset, klik Repair dan biarkan Windows melakukan sisanya.


Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan di panel kanan klik Apps & features.
  • Di halaman berikutnya, temukan aplikasi Xbox, kemudian klik menu tiga titik yang ada di sampingnya dan klik Advanced options.
  • Selanjutnya, gulir ke bagian Reset dan klik Repair.
  • Biarkan Windows memperbaiki aplikasi Xbox.


Setelah selesai melakukan langkah diatas, luncurkan kembali aplikasi dan lihat apakah error telah diperbaiki sekarang.


6. Reset Microsoft Store dan Xbox

Jika opsi perbaikan tidak berfungsi, anda dapat mencoba mereset aplikasi Xbox. Error ini dapat dipicu jika ada beberapa pengaturan dan penyesuaian yang rusak yang terkait dengan aplikasi Xbox. Jadi, anda dapat mereset aplikasi ke pengaturan default. Tapi, ingatlah bahwa mereset akan menghapus data aplikasi Xbox anda. Oleh karena itu, pastikan untuk memback data anda.

Untuk mereset aplikasi Xbox, anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps.
  • Di halaman berikutnya, klik Apps & features di panel kiri dan di panel kanan pilih Xbox, kemudian klik Advanced options.
  • Selanjutnya pada bagian Reset, klik Reset dan konfimasikan proses dengan mengklik Reset.

Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan di panel kanan klik Apps & features.
  • Di halaman berikutnya, temukan aplikasi Xbox, kemudian klik menu tiga titik yang ada di sampingnya dan klik Advanced options.
  • Selanjutnya, gulir ke bagian Reset dan klik Reset, kemudian klik Reset kembali untuk konfirmasinya.

Lihat apakah ini memperbaiki error untuk anda. Jika gagal, lakukan hal yang sama untuk Microsoft Store. Ikuti langkah yang sama seperti diatas, namun pada halaman Apps & features, pilih Microsoft Store.


7. Install Game dari Microsoft Store (jika ada)

Jika anda masih mendapatkan error yang sama di Xbox, anda dapat mencoba mendownload dan menginstall game anda tersebut dari Microsoft Store (jika tersedia) sebagai alternatif. Game ini juga akan muncul di aplikasi Xbox.


8. Flush DNS

Jika anda mengalami error on/off, itu mungkin dipicu karena inkonsistensi network/jaringan anda. Dalam hal ini, anda dapat mencoba memperbaiki error DNS dengan melakukan flush DNS dan kemudian melihat apakah masalahnya telah diperbaiki.

  • Untuk flush DNS, tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator.
  • Di jendela command prompt, masukkan perintah dibawah ini dan tekan Enter.

ipconfig /flushdns


  • Setelah cache DNS dihapus, restart system anda dan lihat apakah error telah diperbaiki sekarang.


9. Jalankan Scan DISM dan SFC

Jika Aanda masih mendapatkan error yang sama bahkan setelah mencoba metode di atas, anda mungkin berurusan dengan beberapa kerusakan file system yang mempengaruhi dependensi yang digunakan oleh aplikasi Xbox atau aplikasi Microsoft Store. Karenanya, anda dapat mencoba menjalankan scan DISM dan scan SFC untuk memperbaiki file system yang rusak dan memulihkan kondisi PC anda yang sehat.


10. Lakukan Clean Install Windows

Ketika tidak ada solusi yang berfungsi, pilihan terakhir adalah melakukan clean install Windows untuk menangani korup file system yang ekstrem. Mudah-mudahan, ini akan memperbaiki error untuk anda jika tidak ada cara lain yang membantu.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki game Xbox tidak dapat diinstall di Windows 10/11 atau cara aktifkan atau nonaktifkan Startup otomatis Xbox di Windows 10/11.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x00000001 Game Pass di Xbox di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x00000001 Game Pass di Xbox"