Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x80780113, The backup failed Saat Membuat Volume Shadow Copy

 


Berikut adalah panduan lengkap tentang bagaimana anda dapat memperbaiki error 0x80780113 saat backup gagal pada Windows 10 atau Windows 11. Windows menawarkan tools Backup dan Restore bawaan yang terutama digunakan untuk membuat backup system image lengkap sehingga anda dapat memulihkan system ke status aslinya jika Windows rusak. Namun, beberapa pengguna mengalami pesan error Not enough disk space to create the volume shadow copy bersama dengan error code 0x80780113 saat membuat Windows backup image. Error ini mencegah anda berhasil membuat backup image.


Meskipun pesan error ini menunjukkan low space untuk membuat backup image, namun mungkin ada beberapa alasan lain untuk error ini. Ini dapat disebabkan karena bad sector pada drive anda, terlalu banyak file sampah, driver disk yang salah dan lainnya. Sekarang, jika anda juga menghadapi error yang sama dalam skenario apapun, maka anda dapat mengatasinya menggunakan metode yang saya cantumkan di bawah ini. Mari kita periksa!



Memperbaiki Error 0x80780113, The backup failed Saat Membuat Volume Shadow Copy


Berikut adalah metode yang dapat anda coba untuk memperbaiki Windows Backup Image Error 0x80780113 pada Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Buat System Volume Baru


Anda dapat mencoba membuat system volume baru dan kemudian melihat apakah anda dapat mengambil system image backup. Untuk membuat system volume pada partisi utama disk MBR, anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan tombol Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator.
  • Di Command Prompt, masukkan perintah berikut ini dan tekan Enter. Pada perintah dibawah, C: adalah drive system saat ini, sedangkan F: adalah partisi baru dari disk MBR. Anda dapat mengubah drive letter yang anda inginkan.


bcdboot.exe /s C:\Windows /s F:

  • Saat perintah di atas dijalankan, anda harus mengakses tools DISKPART di CMD. Untuk itu, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter.

diskpart

  • Sekarang, anda harus mengaktifkan partisi yang baru dibuat sebagai partisi utama system reserved, untuk itu masukan perintah di bawah ini satu per satu sambil menekan Enter.

select volume F
active

  • Terakhir, restart system anda.

Pada startup berikutnya, coba lakukan system image backup dan lihat apakah error telah diperbaiki.


2. Perluas System Reserved Partition atau Recovery Partition

Karena masalah ini kemungkinan besar disebabkan karena ruang yang sedikit untuk membuat shadow copy, maka anda dapat mencoba memperluas system reserved partition atau recovery partition. Anda dapat memperluas partisi system menggunakan tools Disk Management. Atau anda juga dapat menggunakan pengelola partisi pihak ketiga gratis untuk memperluas partisi system atau recovery dengan mudah. Lihat apakah ini memperbaiki error ini untuk anda. Jika tidak, pindah ke metode potensial berikutnya untuk mengatasi error.

Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di artikel ini pada metode ke-2.


3. Jalankan Disk Cleanup Tool

Jika ada terlalu banyak file sampah dan data yang tidak perlu di drive anda, itu dapat menyebabkan masalah penyimpanan dan anda mungkin akan mengalami error 0x80780113. Jadi, coba bersihkan file sampah dan periksa apakah error sudah diperbaiki. Untuk melakukan itu, anda dapat menjalankan utilitas Disk Cleanup. Atau anda juga dapat menggunakan Storage Sense untuk mengosongkan ruang disk.

Setelah file sampah dihapus, anda seharusnya dapat membuat system image backup tanpa error. Jika tidak, anda dapat melanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikannya.


4. Jalankan perintah Chkdsk

Error ini dapat disebabkan oleh bad sector pada hard drive anda. Jika skenario berlaku, maka anda harus dapat memperbaikinya dengan menjalankan perintah Chkdsk untuk menscan dan memperbaiki error drive.


5. Hapus USN Journal Saat ini

Windows memiliki fungsi yang mencatat perubahan file dan memelihara catatan tertentu yang disebut Update Sequence Number (USN) untuk merekam perubahan volume. Sekarang, itu mungkin bertambah besar dan dapat menyebabkan error di tangan. Dalam hal ini, anda dapat menghapus USN Journal saat ini untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Pertama, tekan tombol Win + X dan pilih Disk Management.
  • Selanjutnya, di jendela Disk Management, klik kanan pada volume System Reserved dan klik opsi Change Drive Letter and Paths….


  • Sekarang, klik Change dan kemudian pilih opsi Assign the following drive letter:.
  • Selanjutnya dari daftar drop-down, pilih drive letter baru (katakanlah E) untuk reserved partition dan klik OK.


  • Setelah itu tutup jendela Disk Management.
  • Kemudian, anda harus meluncurkan Command Prompt dengan hak administratif.
  • Sekarang, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter. Pada perintah dibawah, E adalah drive letter yang anda pilih pada langkah di Disk Management. Anda dapat mengubahnya sesuai milik anda.

fsutil usn queryjournal E:
fsutil usn deletejournal /N /D E:

  • Terakhir, restart komputer anda dan kemudian periksa apakah error sudah diperbaiki.


6. Pastikan System Protection Diaktifkan

Beberapa pengguna dilaporkan memperbaiki kesalahan dengan mengaktifkan Perlindungan Sistem. Anda juga dapat mencoba melakukan hal yang sama dan kemudian memeriksa apakah masalahnya telah diperbaiki. Untuk mengaktifkan System Protection, berikut adalah langkah-langkah yang digunakan:



  • Pertama tekan Win + R, kemudian ketik sysdm.cpl dan tekan Enter untuk membuka System Properties.
  • Sekarang, alihkan ke tab System Protection, kemudian pilih drive C dan klik Configure.
  • Selanjutnya, pilih opsi Turn on system protection. Anda juga dapat menyesuaikan slider Max Usage sesuai kebutuhan anda.
  • Setelah itu, klik OK untuk menyimpan perubahan.

Sekarang coba buat system image backup dan lihat apakah error telah diperbaiki.


7. Update Driver Disk

Error ini juga dapat disebabkan oleh masalah dengan driver disk. Jadi, coba update driver disk dan lihat apakah error telah teratasi. Anda dapat mengupdate driver disk secara manual menggunakan Device Manager.

Sebagai alternatif, anda juga bisa mendapatkan update driver disk terbaru melalui Optional Updates yang dapat anda temukan di Windows Update. Setelah mengupdate driver disk, reboot PC anda dan semoga error akan teratasi sekarang.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki backup Windows 10/11 tidak berfungsi atau gagal atau cara membuat System Image menggunakan PowerShell di Windows 10/11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80780113, The backup failed saat membuat Volume Shadow Copy di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x80780113, The backup failed Saat Membuat Volume Shadow Copy"