Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0xc0000001 atau 0xc000021a, Your PC couldn’t start properly di Windows 10/11

 


Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara memperbaiki error Your PC couldn’t start properly dengan error code 0xc000021a atau 0xc0000001 pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Error ini dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk driver atau software yang rusak, kerusakan pada file Boot Configuration Data dan lainnya. Anda dapat memperbaiki masalah ini  dengan menggunakan semua solusi pada artikel ini.


Saat anda menghadapi masalah ini, maka pesan error yang di tampilkan akan terlihat seperti berikut ini.

Your PC couldn’t start properly

A required device isn’t connected or can’t be accessed

Error code: 0xc0000001/0xc000021a


Saat error ini muncul, ia akan meminta anda untuk menekan Enter untuk mencoba log in kembali atau menekan F8 untuk menemukan opsi boot alternatif. Anda harus mencoba menekan tombol Enter karena solusinya jauh lebih mudah ketika anda dapat log in ke system anda. Selanjutnya, tekan F8 dan lihat apakah itu membantu. Namun, jika anda tidak dapat masuk ke komputer, maka anda dapat mencoba saran berikut.


Sebelum memulai dengan solusi ini, disarankan untuk mencabut semua perangkat eksternal yang tidak perlu seperti hard drive eksternal, pen drive, printer, perangkat Bluetooth dan lainnya.


Catatan: Anda harus menggunakan recovery tools di media instalasi anda. Untuk melakukan beberapa saran ini, anda harus mem-boot Windows dalam Safe Mode, kemudian boot ke Advanced Startup Options, atau menggunakan media instalasi untuk mem-boot atau memperbaiki OS.



Memperbaiki Error 0xc0000001 atau 0xc000021a, Your PC couldn’t start properly


Untuk memperbaiki error 0xc0000001 atau 0xc000021a, Your PC couldn’t start properly di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti beberapa saran berikut ini.



1. Jalankan Startup Repair


Menjalankan Startup Repair adalah hal pertama yang perlu anda lakukan ketika anda mendapatkan error yang disebutkan di atas. Ini membantu ketika anda tidak dapat masuk ke system anda dan mendapatkan error seperti itu terus menerus. Ini menjalankan beberapa hal di background dan segera memperbaiki masalah startup anda. Setelah selesai, anda tidak akan mendapatkan error ini kembali.




2. Perbaiki dan Rebuild BCD


Ini cukup rumit dan itulah mengapa disarankan untuk mengikuti tutorial ini untuk mengetahui bagaimana anda dapat memperbaiki dan merebuild file Boot Configuration Data.


Untuk itu ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannyanya.

  • Gunakan media instalasi untuk masuk ke Advanced Startup Options dan mengakses Command Prompt. Jalurnya akan seperti ini: Setup Windows 10/11 - Next - Repair your computer - Troubleshoot - Advanced Options - Command Prompt.
  • Di Command Prompt, masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter untuk memperbaiki dan merebuild BCD.


bootrec /rebuildBcd
bootrec /fixMbr
bootrec /fixBoot
bootrec /scanOs


  • Setelah itu restart PC anda dan periksa kembali apakah masalah di perbaiki atau tidak


4. Jalankan DISM Offline

Anda dapat menjalankan DISM Offline untuk memperbaiki system image Windows 10/11 dan melihat apakah itu membantu. Jika image Windows anda tidak dapat diperbaiki, maka DISM (Deployment Imaging and Servicing Management) dapat membantu anda memperbaiki masalah tersebut.

Untuk memperbaiki system image offline dengan menggunakan file image yang terpasang, anda dapat menggunakan perintah berikut ini di command prompt.

Dism /Image:C:\offline /Cleanup-Image /RestoreHealth /Source:C:\test\mount\windows

Atau untuk memperbaiki image online menggunakan beberapa sumber anda sendiri bukan Windows Update, maka masukan perintah berikut dan tekan Enter.

Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth /Source:C:\test\mount\windows /LimitAccess

Catatan: Pada perintah di atas, ganti bagian C:\test\mount\windows dengan lokasi sebenarnya dari sumber perbaikan.


5. Gunakan System Restore

Hal berikutnya yang dapat anda coba untuk memperbaiki masalah ini adalah melakukan system restore. Jika anda membuat system restore point sebelumnya, sekarang saatnya untuk menggunakannya.


6. Perbaiki Komputer Anda Menggunakan Media Instalasi

Hal terakhir yang dapat anda lakukan adalah menggunakan media instalasi untuk memperbaiki OS Windows anda.


Semoga itu dapat membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang apa yang harus anda lakukan jika Windows 10/11 gagal start atau cara backup data di PC Windows yang tidak dapat booting.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0xc0000001 atau 0xc000021a, Your PC couldn’t start properly di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0xc0000001 atau 0xc000021a, Your PC couldn’t start properly di Windows 10/11"