Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0xCA00A009 Windows Update di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows 11 maupun Windows 10, ketika mengupdate OS mereka, proses tersebut selalu gagal. Mereka mendapatkan error code 0xCA00A009 saat download update. Jika anda adalah salah satu dari pengguna tersebut dan ingin memperbaiki error 0xCA00A009 saat update Windows, maka artikel ini adalah tujuan anda. Pada artikel ini, kita akan melihat mengapa anda mendapatkan error code ini dan bagaimana mengatasinya.


Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan error dalam proses update di Windows 11 atau Windows 10. Lebih sering daripada tidak, ini adalah error yang cukup umum dan jika anda adalah pengguna Windows yang sudah lama maka anda pasti sudah tahu bahwa error-error tersebut terkenal. Selain itu, masalah ini dapat terjadi karena file system atau data folder SoftwareDistribution dan Catroot2 yang rusak. File dapat rusak oleh restart yang tertunda atau anda mendownload package update Windows yang tidak tepat. Kita akan melihat cara memulihkannya nanti di artikel ini. Masalahnya juga bisa karena Group Policy Editor yang bertentangan atau Windows Update component yang rusak. Beberapa perbaikannya cukup mudah dan anda akan dapat melakukannya dengan panduan ini.




Memperbaiki Error 0xCA00A009 Windows Update


Jika anda mendapatkan error 0xCA00A009 saat update Windows 10 atau Windows 11 anda, maka berikut adalah hal-hal yang perlu anda lakukan untuk memperbaiki error ini.



1. Menggunakan Windows Update Troubleshooter


Mari kita mulai dengan solusi paling dasar. Menggunakan Windows Update Troubleshooter adalah cara yang bagus untuk memperbaiki beberapa masalah sederhana dengan Windows Update. Anda dapat menjalankannya dengan bantuan langkah-langkah berikut ini di masing-masing system operasi. Ini adalah cara termudah, namun jika karena alasan tertentu anda tidak dapat mengakses Settings Windows, maka anda dapat menjalankan Troubleshooter dari Command Prompt.


Di Windows 10:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan, klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter.
  • Biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai dan ini mungkin menyelesaikan masalah anda.



Di Windows 11:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Windows Update di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai dan coba kembali update Windows anda.



Setelah menjalankan troubleshooter, periksa apakah masalah diperbaiki atau berlanjut.



2. Hapus Folder SoftwareDistribution dan Catroot2


Seperti yang disebutkan sebelumnya, folder SoftwareDistribution dan folder Catroot2 dapat menyebabkan error code yang dimaksud. Jadi, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengganti namanya. Ini tidak akan memengaruhi komputer anda dan Windows akan secara otomatis membuat folder baru segera setelah namanya diganti.

  • Sebelum mengganti nama folder, kita perlu menghentikan beberapa proses. Jadi, buka Command Prompt dengan hak admin (gunakan Search Windows untuk menemukan Command Prompt, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as administrator).
  • Kemudian di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini satu per satu sambil menekan Enter.


net stop wuauserv
net stop cryptSvc
net stop bits
net stop msiserver

  • Setelah itu, jalankan perintah dibawah ini satu per satu untuk mengganti nama kedua folder tersebut.

ren C:\Windows\SoftwareDistribution SoftwareDistribution.old
ren C:\Windows\System32\catroot2 catroot2.old

  • Setelah anda selesai melakukannya, sekarang saatnya untuk memulai kembali service yang telah kita hentikan sebelumnya.

net start wuauserv
net start cryptSvc
net start bits
net start msiserver

  • Terakhir, restart komputer anda dan periksa apakah masalah masih berlanjut.


3. Update Group Policy Editor

Jika anda mengalami masalah ini setelah mengupdate ke Windows 11 dari versi Windows yang lebih lama, maka mungkin Group Policy Editor anda tidak up to date. Jadi anda harus mengupdate Group Policy Editor anda dengan melakukannya secara manual. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.
  • Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Di jendela Task Manager, klik File dan pilih Run new task.
  • Kemudian beri ceklist pada Create this task with administrative privileges dan klik Browse.


  • Sekarang, pergi ke C:\Windows\System32, kemudian pilih cmd.exe dan klik Open.


  • Direktori anda akan terdaftar. Sekarang, tekan Spasi, kemudian tambahkan -update dan klik OK.


  • Terakhir, jalankan perintah berikut di jendela Command Prompt.

gpupdate /force


Tunggu prosesnya sampai selesai dan semoga masalahnya bisa teratasi.


4. Jalankan SFC

Masalahnya bisa karena system image yang rusak dan cara terbaik untuk menyelesaikannya adalah dengan menjalankan scan System File Checker (SFC) di komputer anda. Ini akan memakan waktu, jadi, tunggu beberapa menit, kemudian restart komputer anda dan periksa apakah masalah berlanjut.


5. Perbaiki OS dengan Media Instalasi

Jika tidak ada yang berhasil maka anda perlu memperbaiki Windows anda dengan media instalasi. Ini sangat berguna jika masalahnya adalah karena Windows image yang rusak. Jadi, lakukan itu dan periksa apakah masalah berlanjut.


Mudah-mudahan, anda dapat menyelesaikan masalah dengan solusi yang diberikan. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki masalah download dan instalasi update Windows 10/11 atau cara update driver menggunakan Command Prompt di Windows 10/11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0xCA00A009 Windows Update di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0xCA00A009 Windows Update di Windows 10/11"