Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 8024402f, Protection definition update failed di Windows 11

 


Jika Windows Security (Microsoft Defender) memunculkan error Protection definition update failed dengan error code 8024402f pada Windows 11 anda, maka anda dapat mengikuti artikel ini untuk memperbaiki masalah tersebut. Beberapa pengguna mengeluh menerima error code 8024402f saat menginstall update security signature pada Windows Security atau Microsoft Defender.


Saat dipicu, kemungkinan besar anda akan melihat pesan error berikut di Windows Security anda.

Protection definition update failed.

Error code: 8024402f

An unexpected problem occurred while checking for updates. For information on installing or troubleshooting updates, see Help and Support.



Error ini tampaknya eksklusif untuk Windows 11, jadi jangan bingung dengan error code 8024402f yang terjadi pada versi Windows yang lebih lama.


Sekarang, jika anda menghadapi error yang sama yang mencegah anda menginstall security signature baru di Windows 11, maka anda dapat mencoba perbaikan yang saya sebutkan di artikel ini. Sebelum itu, mari kita coba dan pahami skenario yang dapat memicu error Protection definition update failed dengan error code 8024402f pada Windows 11.



Penyebab Error 8024402f, Protection definition update failed


Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab yang dapat memicu error ini terjadi di PC Windows 11 anda.

  • Ini dapat terjadi jika anda tidak memiliki cukup ruang di drive anda untuk menginstall update. Jadi, bersihkan beberapa ruang untuk mendownload dan menginstall update.
  • Error juga dapat terjadi jika anda telah menetapkan tanggal dan waktu yang salah di system anda. Jadi, pastikan tanggal dan waktu di system anda tepat.
  • Beberapa gangguan dengan service Windows Update juga dapat menjadi salah satu alasan penyebab error ini. Anda dapat mencoba menonaktifkan service selama beberapa waktu untuk memperbaiki masalah, jika dan hanya skenario yang berlaku.
  • Error juga dapat dipicu jika dependensi service tertentu dinonaktifkan.
  • Alasan lain untuk hal yang sama mungkin karena Windows Security dinonaktifkan atau anda berurusan dengan beberapa kerusakan file system.


Berdasarkan skenario yang paling sesuai untuk anda, anda dapat mencoba perbaikan di bawah ini untuk menyelesaikan masalah ini.



Memperbaiki Error 8024402f, Protection definition update failed


Berikut adalah metode untuk memperbaiki error 8024402f saat menginstall update security baru di Windows 11 anda.



1. Pastikan Anda Memiliki Cukup Ruang


Salah satu kemungkinan penyebab error ini adalah PC anda kehabisan ruang disk untuk menginstall update security. Windows Security memerlukan sekitar 16 GB ruang kosong untuk menginstall definition update untuk Windows Security atau Windows Firewall. Oleh karena itu, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa anda memiliki cukup ruang pada drive OS untuk menginstall update security tanpa masalah.


Anda dapat membuka File Explorer menggunakan tombol Win + E dan kemudian pergi ke drive C. Pilih dan klik kanan pada drive C dan klik This PC. Sekarang perhatikan drive system anda. Jika memiliki lebih dari 16 GB ruang kosong, maka tidak ada masalah. Jika kurang dari itu, maka anda harus mengosongkan beberapa ruang agar dapat menginstall update.



Ada beberapa metode untuk mengosongkan ruang di drive system anda. Anda dapat menggunakan utilitas bawaan Windows yang bernama Disk Cleanup Utility untuk menghapus file sementara dan file sampah. Atau anda juga dapat menggunakan Storage Sense. Selain itu, coba hapus file duplikat untuk mendapatkan ruang kosong yang diperlukan di PC anda.


Jika anda memiliki cukup ruang disk untuk menginstall update dan anda masih mendapatkan error code yang sama, pasti ada penyebab lain yang mendasari error tersebut. Jadi, anda dapat melanjutkan ke perbaikan berikutnya untuk mengatasi error ini.



2. Atur Tanggal dan Waktu yang Benar


Dalam beberapa kasus, anda mungkin mengalami error code 8024402f ini karena inkonsistensi dengan tanggal dan waktu. Server Microsoft yang digunakan untuk mendownload dan menginstall update Windows Security dapat menolak koneksi dengan PC anda karena tanggal dan waktu yang salah. Jadi, coba perhatikan tanggal dan waktu anda dan jika tidak aktif, ada kemungkinan itulah yang menyebabkan error. Jika skenario ini berlaku, anda harus dapat memperbaiki error dengan memperbarui tanggal dan waktu yang benar di system anda.


Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur tanggal dan waktu yang benar di Windows.

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Time & language di panel kiri dan di panel kanan klik Date & time.
  • Sekarang, aktifkan opsi Set time automatically dan Set Time zone automatically. Pastikan internet dihidupkan untuk memaksa tanggal & waktu yang benar.


  • Selanjutnya, restart PC anda.


Setelah booting, anda sekarang dapat mencoba menginstall update security dan melihat apakah error telah diperbaiki sekarang. Jika skenario ini tidak berlaku untuk anda, maka lanjutkan dengan perbaikan potensial berikutnya.



3. Nonaktifkan Sementara Service Windows Update


Jika dua solusi di atas tidak berhasil untuk anda, maka ada kemungkinan error tersebut disebabkan karena gangguan dengan service Windows Update. Anda dapat mencoba menonaktifkan service ini untuk sementara karena tidak akan digunakan untuk menginstall definition update – sub-service akan digunakan. Ini adalah semacam solusi dan telah terbukti berhasil untuk beberapa pengguna yang terpengaruh. Jadi, anda juga dapat mencobanya dan melihat apakah itu berhasil untuk anda atau tidak.


Untuk menonaktifkan service Windows Update, anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela Services, temukan service Windows Update, kemudian klik kanan padanya dan pilih opsi Stop.


  • Setelah itu, perkecil jendela Services dan buka Windows Security untuk menginstall update security. Lihat apakah errornya sekarang telah diperbaiki.


Apakah metode ini memperbaiki error atau tidak, anda tetap harus mengaktifkan kembali service Windows Update. Jadi buka kembali jendela Services, kemudian klik kanan pada service Windows Update dan pilih opsi Start untuk mengaktifkan kembali service.



4. Pastikan Windows Security Diaktifkan


Jika anda mendapatkan error code yang sama setiap kali menginstall update yang terkait dengan Windows Security, pastikan anda mengaktifkan Windows Security di PC anda. Pengguna edisi Pro, Enterprise atau Education dapat dengan mudah melakukannya menggunakan Group Policy Editor. Untuk pengguna edisi Home, anda dapat mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu. Setelah itu ikuti langkah yang sama dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk meluncurkan Group Policy Editor dengan hak administrator.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.


Computer Configuration - Administrative templates - Windows Components - Microsoft Defender Antivirus

  • Di lokasi ini, klik dobel pada kebijakan Turn off Microsoft Defender Antivirus di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih opsi Disabled atau Not Configured, kemudian klik Apply dan OK untuk menerapkan kebijakan tersebut.


  • Terakhir, restart PC anda.

Setelah booting, coba install kembali security signature yang sebelumnya memberi anda error code 8024402f. Solusi ini berfungsi untuk beberapa pengguna yang terpengaruh, jadi cobalah.


5. Pastikan Setiap Dependensi Service Diaktifkan

Jika anda masih mendapatkan error yang sama, hal lain yang dapat anda coba adalah memastikan bahwa setiap Dependensi service yang diperlukan untuk menginstall update Windows Update diaktifkan. Jika tidak diaktifkan, itu dapat memicu error. Berikut adalah service yang perlu anda periksa:

  • Background Intelligent Transfer Service
  • COM+ Event System
  • DCOM Server Process Launcher
  • Remote Procedure Call (RPC)

Jadi, buka jendela Services (seperti yang kita lakukan pada metode 3) dan kemudian temukan ke-4 service di atas dan pastikan mereka diaktifkan. Jika tidak diaktifkan, klik kanan pada masing-masing service dan pilih opsi Start untuk mengaktifkannya. Ulangi ini untuk setiap service yang telah saya sebutkan di atas.

Juga, anda perlu mengatur Startup type untuk setiap service yang disebutkan di atas ke Automatic. Untuk itu, klik dobel pada masing-masing service, kemudian pada Startup type, pilih Automatic. Setelah itu klik Apply dan OK.


Jika saat melakukan update masalah masih berlanjut, maka coba perbaikan berikutnya.


6. Lakukan Clean Install atau Repair Install

Jika anda mencoba semua metode di atas dan error masih belum diperbaiki, maka ada kemungkinan besar bahwa masalahnya disebabkan karena korup yang intens pada system anda yang mempengaruhi komponen update Windows Security. Dalam hal ini, anda dapat mencoba melakukan clean install atau repair install. Dalam clean install, anda mungkin kehilangan data yang ada di drive OS jadi pastikan membackup data anda. Jika anda menggunakan repair install, maka file system anda akan disegarkan tanpa memengaruhi data anda. Jadi, pilih cara manapun yang anda suka dan lihat apakah itu memperbaiki kesalahan untuk anda.


Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki masalah download dan instalasi update Windows 10/11 atau cara mengatasi update Windows 10/11 yang stuck.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 8024402f, Protection definition update failed di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 8024402f, Protection definition update failed di Windows 11"