Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error applying Virtual Switch Properties changes di Hyper-V

 


Jika anda mendapatkan pesan error Error applying Virtual Switch Properties changes saat anda mencoba membuat ulang Hyper-V virtual switch (vSwitch) untuk network adapter fisik yang sama di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda memperbaiki masalah tersebut. Dalam artikel ini, saya akan mengidentifikasi penyebab potensial, serta memberikan solusi yang paling sesuai untuk memperbaiki error ini.


Saat masalah ini terjadi, anda akan menerima pesan error yang mirip seperti di bawah ini.

Virtual Switch Manager

Error applying Virtual Switch Properties changes

Failed while adding virtual Ethernet switch connections.

Failed to connect Ethernet switch port(switch name=’ <deviceid>”,port name=”< port id>”,adapter GUID='{GUID id}’): The system cannot find the file specified.(0x80070002).



Pesan error ini terjadi saat anda mencoba membuat ulang vSwitch untuk network adapter fisik yang sama setelah anda menghapus vSwitch di komputer Windows yang telah diupgrade versinya. Error ini menunjukkan bahwa vSwitch masih ada, meskipun tidak lagi terdaftar di Virtual Switch Manager Hyper-V.



Apa itu Virtual Switch di Hyper-V?

Virtual Switch Hyper-V tersedia di Hyper-V Manager saat anda menginstall server role Hyper-V di komputer yang kompatibel. vSwitch adalah switch jaringan Ethernet layer-2 berbasis software dengan kemampuan yang dikelola secara terprogram dan dapat diperluas untuk menghubungkan Virtual Machine ke jaringan virtual dan jaringan fisik.


Jenis Virtual Switch yang tersedia di Hyper-V?

Ada tiga jenis virtual yaitu External, Internal dan Private yang dapat dibuat di Virtual Switch Manager.



Memperbaiki Error applying Virtual Switch Properties changes di Hyper-V


Jika anda menghadapi masalah ini, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu memperbaiki Error applying Virtual Switch Properties changes di Hyper-V pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Jalankan Microsoft Easy Fix


Microsoft mengetahui masalah ini dan telah merilis Easy Fix untuk secara otomatis menyelesaikan masalah Error applying Virtual Switch Properties changes di Hyper-V pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.



Sebelum anda mendownload dan menjalankan Easy Fix, perlu diingat bahwa anda akan kehilangan konektivitas jaringan dan anda harus merestart komputer anda secara manual setelah wizard selesai. Selain itu, anda harus terhubung secara manual ke semua jaringan Wi-Fi yang dikenal dan anda harus membuat ulang vSwitch dengan menggunakan Hyper-V Virtual Switch Manager setelah komputer anda restart.



2. Buat External Switch Menggunakan PowerShell


Masalah ini diketahui terjadi saat menggunakan GUI untuk membuat External Switch. Dalam hal ini, anda dapat mencoba membuat External Switch menggunakan PowerShell dan melihat apakah error dapat di perbaiki.


Untuk membuat External Switch menggunakan PowerShell di perangkat Windows anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.



  • Buka PowerShell dengan hak admin. Gunakan Serarch Windows untuk menemukan PowerShell, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as administrator.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter. Ubah <NameOfTheSwitch> dengan nama switch yang akan dibuat dan nama tampilan di Hyper-V Manager dan <NameOfNetworkAdapter> dengan nama network adapter yang dikaitkan dengan switch.


New-VMSwitch -name <NameOfTheSwitch> -NetAdapterName <NameOfNetworkAdapter> -AllowManagementOS $true

  • Keluar dari PowerShell saat cmdlet berjalan.

Anda sekarang dapat memeriksa apakah External Switch terdaftar di Virtual Switch Manager di Hyper-V.


3. Reset Network Connection

Solusi ini mengharuskan anda untuk mereset network connection dengan menggunakan netcfg dimana GUI dan utilitas command line yang dapat digunakan pengguna PC untuk mengelola konfigurasi network/jaringan. Anda dapat mendownload utilitas dan menggunakannya jika anda mau. Untuk keperluan artikel ini, saya akan menjalankan perintah di PowerShell.

Untuk mereset network connection menggunakan perintah netcfg pada PC Windows anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Catatan: Perintah ini akan menghapus semua koneksi yang ada, jadi saya sarankan anda membuat system restore point sebelum menjalankan perintah ini.


  • Buka PowerShell dengan hak admin seperti langkah di metode kedua.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter untuk merestart semua network adapter dan menghapus MUX object.

netcfg -d

  • Keluar dari PowerShell saat perintah dijalankan.

Sekarang, buka Virtual Switch Manager di Hyper-V Manager dan coba buat External Switch dan lihat apakah error terjadi lagi. Jika demikian, coba solusi berikutnya.


4. Update Driver Network Adapter

Solusi ini mengharuskan anda untuk mengupdate driver network adapter dan melihat apakah error dapat diatasi atau tidak. Anda dapat menggunakan driver default Microsoft atau mendownload driver terbaru dari website produsen. Jika masalah berlanjut, maka lanjutkan dengan solusi berikutnya.


5. Uninstall dan Install Ulang Network Adapter

Solusi ini mengharuskan anda untuk menguninstall network adapter dari Device Manager pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, kemudian mencoba membuat kembali External Switch. Ini akan menyegarkan adapter anda dengan menginstall driver default, yang akan mereset network adapter dan akan mencapai hasil yang sama.

Untuk menguninstall network adapter, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari daftar.
  • Di Device Manager, gulir ke bawah daftar perangkat yang diinstal dan perluas bagian Network adapters.
  • Kemudian klik kanan pada network adapter yang ingin anda uninstall dan pilih Uninstall device.
  • Selanjutnya, beri ceklist pada opsi Delete the driver software for this device dan klik Uninstall.


  • Setelah itu, restart PC anda.

Setelah booting, buka Virtual Switch Manager di Hyper-V Manager dan coba buat kembali External Switch.


6. Aktifkan Internet Connection Sharing

Solusi ini mengharuskan anda untuk mengaktifkan Internet Connection Sharing (ICS) di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.

Anda dapat membaca artikel ini untuk melakukannya. Disana, jika anda menggunakan jendela Properties network adapter, maka beri ceklist pada opsi Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection. Dan jika anda menggunakan Services, maka pada jendela properties service Internet Connection Sharing (ICS), pilih Automatic.

Jika setelah melakukannya, error masih belum diperbaiki, anda dapat mencoba solusi berikutnya.


7. Install Ulang Role Hyper-V

Solusi ini mengharuskan anda untuk menginstall ulang Hyper-V pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda. VM anda akan disimpan di Manajer Hyper-V selama prosedur penginstalan ulang. Setelah anda berhasil membuat virtual machine di Hyper-V, restart komputer anda.


Semoga metode ini membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mempercepat Hyper-V di Windows 10/11 atau memperbaiki masalah koneksi Network dan Internet di Windows 10/11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error applying Virtual Switch Properties changes di Hyper-V pada Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error applying Virtual Switch Properties changes di Hyper-V"