Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error BSOD DRIVER_PNP_WATCHDOG di Windows 10/11

 


Jika anda mengalami error Blue Screen of Death DRIVER_PNP_WATCHDOG pada perangkat anda setelah mengupgrade ke Windows 11 atau versi/build Windows 10 terbaru, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda dengan solusi yang dapat anda coba untuk memperbaiki masalah ini.


Error blue screen DRIVER_PNP_WATCHDOG memiliki error code 0x000001D5. Ini menunjukkan bahwa driver telah gagal menyelesaikan operasi PnP dalam waktu tertentu.



Penyebab yang paling mungkin untuk kesalahan ini meliputi;

  • Pengaturan SATA Controller yang salah di BIOS.
  • Infeksi Malware.
  • Masalah Antivirus dan Firewall.
  • Service Volume Shadow.
  • Service System yang rusak.
  • File dan drive system rusak.
  • Masalah pada RAM.
  • Driver perangkat yang rusak atau out of date.
  • Update yang bertentangan.
  • Update Windows bermasalah.
  • OS yang out of date.
  • Instalasi Windows rusak.



Memperbaiki Error BSOD DRIVER_PNP_WATCHDOG


Jika anda menghadapi masalah ini, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan error Blue Screen of Death DRIVER_PNP_WATCHDOG pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.


Catatan: Jika anda tidak dapat masuk secara normal, maka anda harus boot ke Safe Mode, kemudian masuk ke layar Advanced Startup options atau anda harus menggunakan media instalasi untuk booting agar dapat menjalankan instruksi ini.


Sekarang, mari kita lihat metode perbaikan yang terlibat dengan langkah-langkah yang terperinci.



1. Jalankan Blue Screen Troubleshooter Online


Hal pertama yang dapat anda coba saat memecahkan masalah error BSOD pada komputer Windows 10 atau Windows 11 adalah dengan menjalankan Blue Screen Troubleshooter Online dari Microsoft. Wizard dirancang untuk membantu pengguna pemula atau yang tidak berpengalaman untuk memecahkan masalah blue screen di komputer mereka dan memperbaiki error bsod seperti DRIVER_PNP_WATCHDOG ini secara otomatis.



2. Ubah Pengaturan SATA Controller di BIOS


Ketika HDD controller mode diatur ke AHCI atau RAID dan system tidak memiliki driver yang sesuai, maka system mungkin mengalami error pada Windows 10 atau Windows 11. Dalam hal ini untuk memperbaiki masalah ini, disk controller harus diatur ke mode SATA atau ATA atau IDE. Untuk melakukan ini, anda harus mengakses BIOS dan membuat perubahan yang diperlukan dengan mengikuti panduan yang benar dalam instruksi manual motherboard yang disertakan pada saat membelinya atau periksa website produsen perangkat anda.




3. Jalankan Scan SFC


Solusi ini mengharuskan anda menjalankan scan System File Checker (SFC) dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



4. Jalankan CHKDSK


Seperti yang telah ditunjukkan, masalah BSOD ini mungkin terjadi karena kesalahan system atau bad sector pada hard drive. Dalam hal ini, anda dapat menjalankan CHKDSK dan melihat apakah itu membantu. Jika tidak, lanjutkan dengan solusi berikutnya.



5. Update driver


Jika error BSOD ini mulai muncul setelah anda menghubungkan perangkat baru ke system, maka anda perlu memeriksa kompatibilitas perangkat dengan versi/build Windows 10 atau Windows 11 yang sedang anda jalankan. Jika perangkat kompatibel, maka anda perlu mengupdate driver perangkat tersebut. Anda juga dapat mendownload driver terbaru dari website resmi produsen perangkat tersebut dan menginstalnya di PC anda. Namun, jika driver terbaru diinstall, maka anda dapat me-rollback driver atau mendownload dan menginstall versi driver yang lebih lama. Anda juga dapat mendiagnosis dan memperbaiki driver yang menyebabkan error BSOD di Windows 10 atau Windows 11 anda.



6. Periksa Service Volume Shadow Copy


Service Volume Shadow Copy di OS Windows mengelola dan mengimplementasikan Volume Shadow Copies yang digunakan untuk backup dan tujuan lainnya. Jika service ini tidak berjalan dengan benar, maka itu dapat menyebabkan masalah yang dihadapi. Solusi ini mengharuskan anda untuk memeriksa service Volume Shadow Copy dan memastikan service dimulai dan berjalan, juga memastikan Startup type diatur ke Automatic. Untuk menjalankan service Volume Shadow Copy, ikuti langkah-langkah dibawah ini.



  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan klik OK atau tekan Enter.
  • Di jendela Services, di panel kanan, gulir ke bawah untuk menemukan service Volume Shadow Copy dan klik dobel padanya.
  • Di jendela properties, atur Startup typenya ke Automatic dan pada bagian Service status, klik Start.
  • Selanjutnya klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.



7. Jalankan Automatic Repair


Automatic Repair membantu memperbaiki masalah yang membuat Windows tidak dapat loading, termasuk error Blue Screen of Death. Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan Automatic Repair pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda.


Anda juga dapat memperbaiki PC Windows anda menggunakan media instalasi. Setelah selesai, keluarkan media instalasi dan reboot PC anda. Anda kemudian dapat melihat apakah masalah telah teratasi atau tidak. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



8. Lakukan System Restore


Jika komputer Windows 10 atau Windows 11 anda tidak dapat melakukan booting setelah terjadinya error BSOD ini, maka solusi ini mengharuskan anda untuk melakukan System Restore saat PC anda tidak dapat booting ke desktop.



9. Reset PC Anda


Sebagai upaya terakhir, anda dapat mereset PC Windows 10 atau Windows 11 anda ke pengaturan pabrik untuk memperbaiki error BSOD ini.



Semoga salah satu metode diatas membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menangani restart otomatis setelah Blue Screen of Death (BSoD) di Windows atau apa Itu Windows PE Bootable Recovery Disk?


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error BSOD DRIVER_PNP_WATCHDOG di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error BSOD DRIVER_PNP_WATCHDOG di Windows 10/11"