Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Code 0x80070003-0x20007 atau 80040005-0x20007 di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows yang masih menjalankan Windows 10 dan pada saat mencoba mengupgrade ke Windows 11 atau mengupdate ke versi terbaru Windows 10 di perangkat mereka, mereka mendapatkan error Windows Upgrade. Error 0x80070003-0x20007 atau 80040005-0x20007 Windows Upgrade pada Windows 11 atau Windows 10 atau pada Windows Server menunjukkan bahwa unspecified error terjadi dengan driver selama fase SafeOS.


Rincian kedua error tersebut adalah sebagai berikut:

  • 0x80070003-0x20007: Ini adalah kegagalan selama instalasi driver SafeOS phase. Verifikasi driver perangkat di komputer dan analisis file log untuk menentukan masalah driver.
  • 80040005-0x20007: Error  ini memiliki lebih dari satu kemungkinan penyebab. Coba perbaikan cepat dan jika tidak berhasil, analisis file log untuk menentukan masalah dan solusinya. Terjadi unspecified error dengan driver pada waktu fase SafeOS.



Memperbaiki Error Code 0x80070003-0x20007 atau 80040005-0x20007 di Windows 10/11


Saya menyarankan anda mencoba perbaikan berikut untuk mengatasi kedua error Windows Upgrade ini pada Windows 11 atau Windows 10 atau Windows Server anda dan jika tidak berhasil, analisis file log Upgrade untuk menentukan masalah dan solusi yang tepat.


Sebelum anda mencoba solusi di bawah ini, periksa update dan instal update apapun yang tersedia di perangkat Windows anda dan lihat apakah error muncul kembali saat anda menjalankan kembali proses upgrade. Pastikan juga bahwa anda mengklik Download and install updates pada awal proses upgrade. Setelah melakukan itu, namun tetap gagal memperbaiki error, maka lanjutkan dengan metode perbaikan berikut ini.



1. Periksa Persyaratan System


Sebagian besar error upgrade Windows 10 atau Windows 11 dapat terjadi jika PC tidak memenuhi persyaratan system minimum.


Solusi ini mengharuskan anda untuk memeriksa persyaratan system untuk Windows 11 atau memeriksa apakah perangkat anda dapat menjalankan Windows 10 sebagaimana adanya. Jika persyaratan system tidak memungkinkan anda mengupgrade ke Windows 11 maka batalkan upgrade karena bagaimanapun anda menyiasatinya, error akan tetap kembali.



Lanjutkan dengan solusi berikutnya jika perangkat anda memenuhi persyaratan system minimum tetapi masalahnya belum teratasi.


Anda juga perlu ketahui bahwa anda dapat menginstall Windows 11 pada hardware yang tidak didukung jika anda memaksa untuk mengupgrade ke Windows 11 pada perankat anda.



2. Update Driver Perangkat


Driver perangkat yang out of date di komputer anda bisa menjadi penyebabnya kedua errot tersebut. Dalam hal ini, pastikan untuk mengupdate driver anda secara manual melalui Device Manager atau anda bisa mendapatkan update driver di bagian Optional Update di bawah Windows Update. Atau anda juga dapat mendownload driver versi terbaru untuk perangkat apapun dari website produsen perangkat anda.


Jika semua driver sudah diupdate tetapi error terus berlanjut, maka anda dapat mencoba solusi berikutnya.



3. Update BIOS


Solusi ini mengharuskan anda mengupdate BIOS untuk system anda dan setelah itu jalankan kembali proses upgrade dan lihat apakah prosedur berhasil diselesaikan. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



Catatan: Walaupun proses update BIOS itu mudah, namun sebaiknya anda meminta bantuan orang yang paham dengan proses update BIOS, karena jika gagal maka anda akan kehilangan PC anda.



4. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter bawaan dan kemudian mencoba proses upgrade kembali. Jika prosedur gagal lagi, coba solusi berikutnya.


Di Windows 10:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan, klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter.
  • Biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai dan ini mungkin menyelesaikan masalah anda.




Di Windows 11:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Windows Update di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai dan coba kembali update Windows anda.




5. Cabut Hardware Eksternal yang Terhubung ke PC Anda


Sebelum anda mencoba proses upgrade, jika komputer portabel dan saat ini berada di docking station, maka anda harus melepaskan komputer terlebih dahulu. Selain itu, cabut hardaware eksternal yang tidak penting dari komputer anda, seperti USB flash drives, printer, kamera dan lainnya.



6. Jalankan Scan SFC dan DISM


Solusi ini mengharuskan anda menjalankan utilitas SFC dan DISM untuk menscan kerusakan pada file image dan system Windows dan memulihkan file yang rusak.


Untuk kemudahan dan kenyamanan, anda juga dapat menjalankan scan SFC dan scan DISM secara bersamaan menggunakan prosedur di bawah ini.

  • Buka Notepad di Windows anda. Anda dapat membukanya dari Start menu atau mencarinya di Search Windows dan kemudian membukanya.
  • Setelah itu, copy kode sintaks dibawah ini dan paste ke editor teks anda (dalam hal ini, di Notepad).


echo off
date /t & time /t
echo Dism /Online /Cleanup-Image /StartComponentCleanup
Dism /Online /Cleanup-Image /StartComponentCleanup
echo ...
date /t & time /t
echo Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth
Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth
echo ...
date /t & time /t
echo SFC /scannow
SFC /scannow
date /t & time /t
pause

  • Kemudian klik File dan pilih Save As.
  • Selanjutnya beri nama dan tambahkan ekstensi file .bat (misalnya; Scan_SFC_DISM.bat) dan pada bagian Save as type pilih All Files.


  • Kemudian klik Save untuk menyimpannya.
  • Sekarang buka folder tempat anda menyimpan file batch, kemudian klik kanan pada file batch dan pilih Run as Administrator.


  • Jalankan file batch ini berulang kali hingga tidak ada laporan error yang ditampilkan.
  • Setelah itu restart PC anda.

Setelah booting, coba upgrade kembali. Jika tidak berhasil, lanjutkan dengan solusi berikutnya.


7. Jalankan CHKDSK

Solusi ini mengharuskan anda menjalankan CHKDSK untuk memperbaiki error atau bad sector pada drive system yang mungkin menyebabkan proses upgrade gagal. Drive system adalah drive yang berisi partisi system. Ini biasanya drive C:.


8. Uninstall Antivirus Pihak Ketiga (jika ada)

Software antivirus pihak ketiga yang diinstall pada perangkat anda dapat mengganggu proses upgrade dan akibatnya memicu error ini. Saya merekomendasikan menggunakan Windows Security untuk perlindungan selama proses upgrade.

Untuk menguninstall program antivirus pihak ketiga dari PC anda, sebaiknya gunakan removal tool khusus untuk menghapus semua file yang terkait dengan program antivirus anda.

Setelah upgrade berhasil diselesaikan, anda dapat memverifikasi informasi kompatibilitas dan jika diinginkan, instal ulang aplikasi antivirus pihak ketiga.


9. Jalankan SetupDiag

Anda dapat menjalankan SetupDiag yang merupakan tools bawaan yang disediakan oleh Microsoft yang membantu pengguna PC mendiagnosis masalah terkait upgrade Windows.


10. Gunakan Microsoft Quick Assist

Jika tidak ada solusi yang bekerja untuk anda sejauh ini, maka anda dapat menggunakan Microsoft Quick Assist untuk memecahkan masalah error upgrade ini pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda.




Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 0x80070003-0x20007 atau 80040005-0x20007 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Code 0x80070003-0x20007 atau 80040005-0x20007 di Windows 10/11"