Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Code 0x80070043, The Network name cannot be found di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna melihat error code 0x80070043, The Network name cannot be found di Windows 10 atau Windows 11 saat mencoba mengakses file yang disimpan di server eksternal. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang error ini dan melihat cara memperbaikinya.


Ketika anda mendapatkan eror ini, pesan error lengkap akan terlihat seperti berikut ini.

Windows cannot access <URL>

Check the spelling of the name. Otherwise, there might be a problem with your network. To try to identify and resolve network problems, click Diagnose.

Error code: 0x80070043

The network name cannot be found



Ada banyak alasan mengapa anda melihat error code yang dimaksud. Error ini dapat muncul karena SMB protocol yang dinonaktifkan, beberapa gangguan, file system yang rusak dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini, saya akan berbicara tentang semua solusi potensial dan akan melihat cara mengatasi error ini.



Memperbaiki Error Code 0x80070043, The Network name cannot be found


Jika anda mendapatkan Error Code 0x80070043, The Network name cannot be found di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka pertama-tama update komputer anda. Setelah mengupdate, periksa apakah masalah tetap ada, jika ya, maka anda dapat menggunakan solusi yang tercantum di bawah ini untuk memperbaiki error ini.



1. Periksa Transfer File SMB


Seperti yang disebutkan sebelumnya, anda harus memeriksa transfer file SMB dan memastikan bahwa anda memiliki akses yang memadai. Jadi, kita akan menggunakan Group Policy Editor dan pastikan anda memberikan akses yang cukup.

  • Buka Group Policy Editor dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela Group Policy Editor, pergi ke lokasi berikut ini.


Computer Configuration - Administrative Templates - System - Logon

  • Sekarang, klik dobel pada kebijakan Always wait for the network at computer startup and logon di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih Enabled, kemudian klik Apply dan OK.


  • Terakhir, restart system dan lihat apakah masalah tetap ada.


2. Jalankan SFC dan DISM

Anda mungkin melihat error code yang dimaksud karena file system yang rusak. Untuk mengatasi masalah ini, kita akan menjalankan  SFC dan DISM. Setelah itu lihat apakah masalah tetap ada.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt sebagai admin.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut satu per satu dan tekan Enter.

sfc /scannow
DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

  • Sekarang, restart komputer anda dan periksa apakah masalah berlanjut.


4. Reset Network

Saat anda mengalami masalah dengan network/jaringan, maka anda dapat mencoba untuk mereset Network untuk memperbaiki masalahnya dan lihat apakah itu berhasil untuk anda. Anda dapat membaca artikel saya tentang mereset network di Windows 10 dan mereset network di Windows 11.



5. Gunakan System Restore

Jika tidak ada yang berhasil, maka anda dapat memulihkan komputer anda ke titik ketika masalah ini tidak ada. Jadi anda dapat menjalankan System Restore untuk mengatasi masalah ini.


Mudah-mudahan, anda dapat menyelesaikan masalah dengan bantuan solusi yang diberikan.

Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengubah Server DNS anda atau cara mengatur Local Web Server di Windows, Mac dan Linux.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 0x80070043, The Network name cannot be found di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Code 0x80070043, The Network name cannot be found di Windows 10/11"