Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Code 0x80244018 Windows Update di Windows 10/11

 


Ketika anda mencoba menginstall Feature Update melalui Windows Update di komputer Windows 11 atau Windows 10 anda anda, anda mungkin mengalami error. Seperti yang diketahui, Windows Update memiliki banyak daftar error code. Salah satu error code Windows Update saat proses instalasi update gagal adalah error code 0x80244018. Penyebab utama dari error code ini mungkin karena mesin anda terhubung melalui server proxy.


Jika anda mengalami error dengan error code 0x80244018 ini, maka artikel ini akan membantu anda untuk menyelesaikan masalah terkait dengan beberapa solusi perbaikan. Mari kita lihat apa saja solusi yang dapat anda lakukan.




Memperbaiki Error Code 0x80244018 Windows Update di Windows 10/11


Jika anda menghadapi masalah ini, anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan dibawah ini dalam urutan yang disajikan untuk menyelesaikan error code 0x80244018 Windows Update pada perangkat anda.



1. Aktifkan Automatically detect settings di Internet Options


Tindakan pertama dalam memecahkan masalah ini dan memperbaiki error code 0x80244018 Windows Update pada perangkat anda adalah memastikan Automatically detect settings di Internet Options diaktifkan.


Untuk mengaktifkan Automatically detect settings di Internet Options di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti instruksi dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik inetcpl.cpl dan tekan Enter untuk membuka Internet Properties.
  • Di jendela Internet Properties yang terbuka, alihkan ke tab Connections dan klik LAN Settings di bawah bagian Local Area Network (LAN) Settings.
  • Di jendela Local Area Network (LAN) Settings, beri ceklist pada opsi Automatically detect settings dan klik OK.


  • Setelah itu klik Apply dan OK di jendela Internet Properties.
  • Terakhir, restart PC anda.


Masalah anda harus diperbaiki setelah restart dan anda dapat menginstall aplikasi Windows tanpa hambatan apapun.



2. Nonaktifkan Server Proxy


Karena deskripsi error ini menunjukkan bahwa mesin anda terhubung melalui server proxy, maka anda dapat menonaktifkan/menghapus server proxy apapun dari komputer Windows anda dan kemudian menjalankan kembali operasi update dan melihat apakah error telah diperbaiki. Jika tidak, coba solusi berikutnya.


Selain itu, client VPN juga dapat memicu error ini karena beberapa jenis gangguan yang akhirnya memblokir komunikasi antara mesin client Windows anda dan server Windows Update. Dalam hal ini, jika berlaku, maka anda dapat mencoba menguninstall software VPN anda melalui aplikasi Settings atau Control Panel.


Ada banyak cara menonaktifkan server proxy dan salah satunya melalui Settings Windows. Untuk menonaktifkan server proxy melalui Settings Windows, ikuti langkah-langkah di bawah ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Kemudian di jendela Settings, pilih Network & Internet.
  • Di halaman berikutnya klik Proxy di panel kiri.
  • Di panel kanan nonaktifkan opsi Automatically detect settings dan Use setup script.
  • Nonaktifkan juga opsi Use a proxy server jika anda mengaturnya secara manual.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Network & Internet di panel kiri dan klik Proxy di panel kanan.
  • Di bawah bagian Automatic proxy setup, nonaktifkan opsi Automatically detect settings ke Off.
  • Nonaktifkan juga opsi Use Setup Script dengan mengklik Setup kemudian nonaktifkan dan klik Save.
  • Pada bagian Manual proxy setup, jika anda menggunakan pengaturan server Proxy secara manual, maka klik Setup kemudian nonaktifkan dan klik Save.




3. Perbaiki Masalah Network dan Koneksi Internet


Jika kebetulan anda tidak terhubung ke internet melalui proxy atau VPN, tetapi anda masih dibebani dengan error ini, maka anda dapat memperbaiki masalah network dan koneksi Internet di perangkat anda untuk menyelesaikan masalah konektivitas apapun yang mungkin mencegah proses update atau upgrade.


Jika sudah dipastikan tidak ada masalah koneksi namun error masih belum teratasi, maka anda dapat mencoba solusi selanjutnya.



4. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter bawaan dan kemudian mencoba kembali proses update atau upgrade di Windows anda dan melihat apakah prosedur selesai tanpa error. Jika error muncul kembali, coba solusi berikutnya.


Di Windows 10:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan, klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter.
  • Biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai dan ini mungkin menyelesaikan masalah anda.



Di Windows 11:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Windows Update di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai dan coba kembali update Windows anda.




5. Upgrade Menggunakan ISO Windows 11/10


Jika anda mencoba mengupgrade melalui Windows Update atau menggunakan Windows Update Assistant, maka anda memerlukan koneksi internet. Karena ini adalah masalah server proxy dan anda mungkin tidak ingin menonaktifkan atau mengutak-atik pengaturan server proxy di komputer, maka anda dapat mengupgrade Windows anda menggunakan ISO Windows 11/10. Prosedur ini akan mempertahankan semua pengaturan dan personalisasi pada system anda setelah upgrade.


Metode ini tidak memerlukan internet yang terhubung ke perangkat anda. Namun proses ini mewajibkan anda mendownload ISO image Windows 10 atau ISO image Windows 11. Setelah itu mount file ISO dengan mengklik dobel padanya. Selanjutnya klik dobel pada file setup.exe untuk memulai proses upgrade Windows anda. Setelah upgrade selesai dengan sukses, anda sekarang dapat menghubungkan PC ke internet dan memeriksa update dan menginstall update apapun yang tersedia.



6. Clean Instal Windows 11/10


Solusi lain yang layak jika sejauh ini tidak ada yang berhasil untuk anda adalah cukup backup file anda ke perangkat penyimpanan eksternal atau layanan penyimpanan cloud dan selanjutnya lakukan clean install Windows 11/10 di komputer anda.



Salah satu solusi ini harus bekerja untuk Anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang file yang wajib di backup untuk membantu memulihkan hard drive yang rusak di Windows atau cara backup dan restore driver PC Windows anda.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 0x80244018 Windows Update di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Code 0x80244018 Windows Update di Windows 10/11"