Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Code 0x8024B102 Windows Update

 


Saat anda mencoba menginstall update di komputer Windows 11 atau Windows 10 anda, installer update mungkin gagal dan menampilkan error code 0x8024B102. Jika skenario ini berlaku untuk anda, maka anda dapat menerapkan salah satu solusi yang saya sediakan dalam artikel ini untuk berhasil memperbaiki error ini.


Pengguna yang terkena dampak error ini melaporkan bahwa setiap kali gagal dalam update, Windows akan direset ke versi sebelumnya. Error ini akan terlihat seperti berikut ini.

0x8024B102, WU_E_BAD_XML_HARDWARECAPABILITY

WuApplicabilityScan Failure

Software Synchronization Windows Update Client failed to detect with error 0x8024b102.


Meta data kapabilitas hardware salah format dan/atau gagal diuraikan.



Memperbaiki Error Code 0x8024B102 Windows Update


Jika anda menghadapi masalah ini di komputer Windows 11 atau Windows 10 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan dibawah ini dalam urutan yang disajikan untuk menyelesaikan error 0x8024B102 Windows Update pada system anda.



1. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Windows Update Troubleshooter bawaan Windows dapat membantu anda memperbaiki sebagian besar error update Windows yang mungkin anda temui di komputer Windows 11 atau Windows 10 anda. Saya menyarankan anda menjalankan wizard otomatis dan melihat apakah error 0x8024B102 Windows Update akan teratasi.


Di Windows 10:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan, klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter.
  • Biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai dan ini mungkin menyelesaikan masalah anda.



Di Windows 11:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Windows Update di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai dan coba kembali update Windows anda.




2. Lepaskan semua perangkat keras eksternal & perangkat USB


Putuskan sambungan semua hardware eksternal dan perangkat USB anda yang mungkin terhubung ke komputer anda, kemudian coba install kembali update.



3. Pastikan Driver Perangkat Anda Diupdate


Anda perlu memastikan bahwa driver perangkat anda diupdate. Anda dapat mengupdate driver anda secara manual dengan mendownload driver terbaru dari website perangkat anda atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda juga dapat melakukannya dari Optional Updates di Windows Update atau mengupdate driver anda menggunakan Command Prompt.



4. Jalankan Scan DISM


Error ini juga dapat dipicu karena file system Windows Update yang rusak. Solusi ini mengharuskan anda untuk menggunakan tools DISM (Deployment Image Servicing and Management). Ini adalah utilitas asli system operasi Windows untuk memperbaiki file system update Windows yang rusak.




5. Hapus Folder SoftwareDistribution dan Reset Folder Catroot2


Folder SoftwareDistribution dan Catroot2 penting untuk update Windows. Folder SoftwareDistribution adalah folder yang terletak di direktori Windows dan digunakan untuk menyimpan sementara file yang mungkin diperlukan untuk menginstall Windows Update di komputer anda. Demikian juga, folder Catroot2 berisi beberapa komponen Windows Update yang penting. Masalah apapun pada folder ini dapat menyebabkan kegagalan update Windows.



Jadi, solusi ini mengharuskan anda menghapus konten folder SoftwareDistribution, serta mereset folder Catroot2 dan kemudian mencoba lagi proses update. Jika kesalahan belum teratasi, lanjutkan dengan solusi berikutnya.



6. Reset Windows Update Component


Solusi ini mengharuskan anda untuk mereset Windows Update Component dan kemudian menjalankan kembali update Windows dan melihat apakah error muncul kembali. Anda dapat mereset Windows Update Component secara manual pada perangkat Windows 11 atau Windows 10 anda, atau anda dapat menggunakan Reset Windows Update Agent Tool.




7. Download Update dari Microsoft Update Catalog


Anda dapat mendownload secara manual update package yang gagal diinstall dari Microsoft Update Catalog. Setelah itu anda dapat menjalankan installernya untuk menginstall update tersebut pada PC Windows anda.



Metode download update dari Microsoft Update Catalog ini juga dapat dilakukan dengan menyuntikkan update package ke dalam ISO Windows image dan kemudian melakukan upgrade di komputer anda.



8. Update Windows Anda Secara Offline


Error ini juga mungkin terjadi karena masalah konektivitas internet di PC anda, seperti koneksi internet yang terputus-putus. Dalam hal ini, anda dapat mengupdate PC Windows secara offline tanpa koneksi internet.



Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara hapus cache update Windows 10 untuk mengembalikan ruang penyimpanan atau aktifkan atau nonaktifkan notifikasi Restart update di Windows 11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 0x8024B102 Windows Update di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Code 0x8024B102 Windows Update"