Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Code 2000-0146 Hard Drive di Komputer Windows

 


Sebagai pengguna Windows, anda mungkin mendapatkan error code 2000-0146 terkait hard drive pada Windows 10 atau Windows 11 di komputer Dell anda. Dalam artikel ini, saya akan mengidentifikasi potensi penyebab error ini, serta menawarkan solusi paling sesuai yang dapat diterapkan oleh pengguna PC yang terpengaruh untuk menyelesaikan masalah tersebut.


Error ini menunjukkan masalah logical yang parah yang dapat menyebabkan kegagalan hard drive. Error ini dapat terjadi karena beberapa hal seperti korup dalam file program, infeksi malware atau bad sector pada drive.




Memperbaiki Error Code 2000-0146 Hard Drive


Jika anda menemukan error code 2000-0146 yang dipicu oleh hard drive anda yang terpasang di komputer Dell Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan dalam urutan yang disajikan di bawah ini untuk menyelesaikan masalah.



1. Jalankan Scan SFC


Tindakan pertama yang dapat anda lakukan untuk mencoba memperbaiki error code 2000-0146 hard drive di komputer Windows 10  atau Windows 11 anda adalah menjalankan scan SFC untuk memperbaiki file system yang korup atau rusak yang dapat memicu error ini.


Jika tindakan ini tidak berhasil untuk anda, maka anda dapat melanjutkan dengan solusi berikutnya.



2. Jalankan CHKDSK


Seperti yang telah ditunjukkan, bad sector pada hard drive anda dapat memicu error ini. Dalam hal ini, anda dapat menjalankan CHKDSK pada PC Windows anda untuk memperbaiki bad sector pada drive jika ada.



Untuk menjalankan CHKDSK, lakukan hal berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Di jendela prompt perintah, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter.
chkdsk /x /f /r

Anda kemudian akan menerima pesan berikut ini.

CHKDSK cannot run because the volume is in use by another process. Would you like to schedule this volume to be checked the next time the system restarts? (Y/N).

  • Tekan tombol Y pada keyboard dan kemudian restart komputer anda untuk menjalankan utilitas untuk memperbaiki error pada hard drive komputer.

Setelah CHKDSK selesai, periksa untuk melihat apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.

Selain itu, anda dapat menjalankan Disk Cleanup untuk menghapus file yang tidak perlu di hard disk dan mengosongkan ruang disk. Utilitas akan menghapus temporary file, mengosongkan Recycle Bin, dan menghapus file system yang tidak diinginkan yang mungkin menyebabkan masalah ini.


3. Jalankan S.M.A.R.T. Tes

Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan SMART test untuk memverifikasi kesehatan drive yang terpasang pada komputer Dell anda karena drive yang tidak sehat dapat memicu masalah yang dihadapi.



4. Jalankan Dell Diagnostic untuk Hard Drive

Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan tes diagnostik internal atau offline (juga disebut Preboot System Assessment) dengan Dell SupportAssist. Custom Test ini adalah tes diagnostik tingkat lanjut dan mampu menghasilkan hasil yang lebih andal.


Jika tes lulus dan anda ingin menggunakan hard drive yang sama, maka anda dapat memformat hard drive dan kemudian melakukan clean install Windows 10 atau Windows 11. Sebelum melanjutkan, pastikan untuk membuat backup file/data anda. Jika anda tidak dapat masuk ke Windows, gunakan cara ini.


5. Ganti Hard Drive

Sebagai opsi terakhir, tergantung pada hasil dari berbagai tes di atas, anda mungkin perlu mengganti hard drive anda dengan drive yang sehat dan kemudian melakukan clean instal Windows 10 atau Windows 11 di komputer Dell anda. Pastikan anda membuat membackup file anda.


Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara backup dan restore hard drive anda dengan Gnome Disk Utility atau cara membuat bootable kloning drive Windows 10/11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 2000-0146 hard drive di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Code 2000-0146 Hard Drive di Komputer Windows"