Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Compressed (zipped) folders, Please insert the last disk of the multi-volume set

 


USB drive telah memungkinkan pengguna untuk mengelola dan menyimpan data secara efektif. Mereka telah berevolusi ke titik dimana mereka telah menjadi perangkat bootable. Tetapi USB drive juga datang dengan komplikasi masalah yang terkadang menyebabkan error saat terhubung ke komputer.



Penyebab Error Please insert the last disk of the multi-volume set


Biasanya, drive eksternal seperti USB flash drive mendapatkan error Please insert the last disk of the multi-volume set. Jika anda mendapatkan error ini saat anda menghubungkan USB drive atau perangkat eksternal lainnya ke PC Windows, maka anda mungkin ingin memeriksa apakah perangkat tersebut sebelumnya telah dihubungkan ke system MAC atau tidak. Dalam kasus seperti ini, biasanya anda cenderung mendapatkan error jika perangkat tersebut telah terhubung ke system MAC.


Masalah ini terjadi karena PC Mac atau Mac OSX membuat file tersembunyi di drive berformat FAT32. Di antara file-file itu, beberapa file zip juga dibuat di drive tersebut. Sebagian besar waktu, file-file ini menyebabkan pesan error ini. File zip yang rusak juga dapat membuat error ini muncul.


Alasan lain dari pesan error ini bisa jadi karena adanya masalah dengan USB cotroller di PC anda. Masalah dengan USB controller juga dapat menyebabkan pesan error Please insert the last disk of the multi-volume set di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.




Memperbaiki Error Compressed (zipped) folders, Please insert the last disk of the multi-volume set


Jika anda juga mengalami masalah ini, maka berikut ini saya akan memberikan beberapa solusi yang dapat anda coba untuk mengatasi masalah tersebut di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Format USB Flash Drive


Ikuti langkah dibawah ini untuk memformat USB flash drive anda.

  • Pindahkan semua file anda dari USB flash drive ke komputer anda atau perangkat lain.
  • Hubungkan USB drive ke PC Windows anda.
  • Buka File Explorer anda, kemudian klik kanan pada flash drive anda dan pilih Format.
  • Dari jendela Format USB drive, pastikan System File diatur ke FAT32 dan beri ceklist pada opsi Quick Format.
  • Anda kemudian dapat mengklik Start dan menunggu hingga format selesai.


  • Anda kemudian dapat memindahkan kembali data ke USB flash drive anda.


Jika Error terjadi setelah menghubungkan USB flash drive ke komputer, anda dapat memformat ulang USB drive dengan FAT32 untuk memperbaiki error. Untuk mencegah pesan error, pastikan anda mengklik ikon USB di taskbar dan memilih opsi Eject media. Cobalah untuk mengeluarkan secara normal dan jangan menghapusnya tanpa mengklik opsi Eject media untuk mencegahnya merusak file.



2. Hapus File Tersembunyi dari USB Flash Drive


Ikuti langkah-langah dibawah ini untuk menjalankan solusi ini.

  • Anda dapat menghubungkan USB drive komputer Windows anda.
  • Selanjutnya buka File Explorer dengan mengklik ikonnya di Task bar atau anda dapat menekan tombol Win + E..
  • Kemudian di Windows 10, klik View di menu ribbon dan beri ceklist pada Hidden items. Di Windows 11, klik View, kemudian arahkan ke Show dan klik Hidden items.
  • Anda kemudian dapat membuka flash drive dengan error dan memeriksa file dengan ekstensi .zip. Jika file tersebut tidak ditambahkan oleh anda, maka hapus file tersebut.
  • Anda kemudian dapat mengulangi langkah-langkah di atas pada semua drive dan menghapus semua file dengan ekstensi .zip.
  • Setelah menghapus file .zip di semua drive, restart system dan verifikasi untuk perbaikan.


Harap dicatat bahwa anda mungkin juga menghadapi error ini karena folder zip tersembunyi di drive yang telah ditambahkan saat USB drive terhubung ke system lain.



3. Update atau Install Ulang USB Controller


Untuk mengupdate driver atau menginstall ualang driver USB controller di system anda, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager untuk membukanya.
  • Di jendela Device Manager, perluas Universal Serial Bus Controllers.
  • Kemudian klik kanan pada Intel host controller dan pilih Update driver.


  • Device manager kemudian akan mencari update driver yang tertunda, kemudian mendownload dan menginstallnya.
  • Setelah driver yang diupdate diinstall, restart system dan verifikasi untuk perbaikan.


Jika mengupdate driver, gagal memperbaiki masalah maka anda juga dapat mencoba menguninstall driver USB controller dari Device Manager. Ikuti langkah yang sama seperti di atas, namun saat mengklik kanan Intel host controller, anda harus memilih Uninstall device dan ikuti petunjuk yang diberikan.



4. Lepaskan SD Card atau USB Lain yang Terhubung di PC Anda


Terkadang, error dapat terjadi jika SD card atau USB lainnya dihubungkan ke PC. Melepaskan SD card atau perangkat USB dapat menyelesaikan masalah. Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa setiap kali mereka memasukkan SD card tertentu ke PC, error ini terjadi. Dalam kasus seperti itu, pengguna disarankan untuk memindahkan file di SD card ke lokasi lainnya dan memformat SD card.



5. Gunakan Ikon Safely Remove di Taskbar


Ini adalah salah satu solusi yang paling dapat diandalkan untuk menyelesaikan masalah ini. Meskipun SSD modern dirancang untuk pelepasan cepat, namun mereka masih memerlukan beberapa tindakan pencegahan keamanan. Bahkan, disarankan untuk mengikuti aturan cara jadul untuk memastikan keamanan data di USB flash drive. Jadi, selalu gunakan ikon Safely Remove di taskbar sebelum melepas perangkat USB anda dari PC. Jika USB anda menyala, tunggu sampai lampu berhenti berkedip. Jika tidak menyala, tunggu beberapa detik sebelum melepas perangkat USB dari port. Meskipun terlihat seperti solusi yang sudah ketinggalan zaman, namun langkah ini membantu banyak pengguna.




Windows dilengkapi dengan tools System File Checker yang dapat digunakan untuk menscan system untuk file system yang rusak dan menggantinya dengan file baru. Scan mungkin memakan waktu jadi, anda dapat menunggu hingga tools mendeteksi dan memperbaiki file yang hilang dan rusak tersebut.


Saya harap panduan ini membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang mengoptimalkan performa USB drive di Windows 10/11 atau memperbaiki kecepatan transfer data yang lambat USB 3.0 di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Compressed (zipped) folders, Please insert the last disk of the multi-volume set di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Compressed (zipped) folders, Please insert the last disk of the multi-volume set"