Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error d3dx9_40.dll is missing, not found atau is either not designed to run di Windows 10/11

 


Berikut adalah panduan lengkap tentang cara memperbaiki error d3dx9_40.dll is missing, not found atau is either not designed to run pada Windows 10 atau Windows 11. Banyak pengguna Windows mengeluh mendapatkan error ini saat membuka aplikasi atau game yang memerlukan file DLL (Dynamic Link Library) khusus ini. Dalam artikel ini, saya akan memberikan cara untuk mengatasi error ini dan bagaimana anda dapat memperbaikinya dengan menggunakan berbagai solusi kerja.



Apa itu d3dx9_40.dll?


File d3dx9_40.dll adalah bagian dari software distribution package Microsoft DirectX. Seperti file DLL (Dynamic Link Library) lainnya, file ini juga berisi fungsionalitas tertentu yang dapat dipanggil oleh aplikasi pihak ketiga lainnya. Ini pada dasarnya memungkinkan beberapa software dan game untuk berbagi fungsionalitas yang di-root dalam satu file.


Pada umumnya ada tiga jenis pesan error yang terkait dengan error d3dx9_40.dll seperti yang dilaporkan oleh pengguna yang terpengaruh. Ketiga pesan error tersebut adalah sebagai berikut.

The program can’t start because d3dx9_40.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.

C:\Windows\system32\d3dx9_40.dll is either not designed to run on Windows or it contains an error. Try installing the program again using the original installation media or contact your system administrator or the software vendor for support.

This application failed to start because d3dx9_40.dll was not found. Re-installing the application may fix this problem.



Mungkin ada beberapa contoh lain dari error d3dx9_40.dll dengan pesan error yang berbeda. Meskipun pesan error berbeda satu sama lainnya, namun penyebab utamanya hampir selalu sama. Dalam sebagian besar skenario, error terjadi jika program memberi anda error tidak dapat memanggil file d3dx9_40.dll. Sekarang, alasan di balik ini mungkin adalah fakta bahwa d3dx9_40.dll rusak atau hilang dari system anda.


Perhatikan bahwa jika anda mempertimbangkan untuk mendownload dan mengganti file d3dx9_40.dll dari beberapa sumber pihak ketiga, maka saya sarankan anda untuk menghindari langkah tersebut terlebih dahulu. Tidak disarankan untuk mendownload file DLL dari sumber yang tidak dikenal karena dapat menyuntikkan virus atau malware ke system anda.



Memperbaiki Error d3dx9_40.dll is missing, not found atau is either not designed to run


Berikut adalah cara yang dapat anda coba untuk memperbaiki error terkait file d3dx9_40.dll pada Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda dapat mencoba perbaikan umum terkait file .dll yang hilang di Windows sebelum mengikuti metode perbaikan berikut dibawah ini.



1. Install Versi Terbaru Microsoft DirectX


Pertama dan terpenting adalah anda harus mencoba mendownload dan menginstall versi terbaru Microsoft DirectX di PC anda. Metode ini telah terbukti memperbaiki error ini untuk banyak pengguna yang terpengaruh dan mungkin juga berhasil untuk anda. Jadi, cari DirectX di Microsoft Download Center dan download versi terbaru DirectX End-User Runtime Web Installer. Setelah itu, jalankan installer dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penginstalan DirectX. Kemudian, restart PC anda dan periksa apakah error sudah diperbaiki atau tidak.



Jika ini tidak menyelesaikan masalah, mungkin ada beberapa korup mendasar yang perlu anda tangani. Jadi, lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk menghilangkan error ini.



2. Uninstall dan Install Ulang Software yang Bermasalah


Dalam beberapa kasus, masalahnya terletak pada software atau game itu sendiri yang memberi anda error. Anda mungkin menerima error ini karena instalasi program yang salah atau file instalasi rusak yang terkait dengan software. Jika skenario ini berlaku, anda harus mencoba menguninstall software kemudian menginstall ulang software yang bermasalah dan melihat apakah error telah diperbaiki.


Anda dapat menguninstall software yang bermasalah melalui Settings Windows, melalui Control Panel, melalui Command Prompt atau melalui Registry Editor. Namun pastikan anda menguninstall program secara komplit.


Setelah proses uninstall selesai, download versi terbaru software atau game anda dari website resminya dan kemudian, jalankan installernya untuk menginstall software tersebut dan menyelesaikan instalasi. Terakhir, restart PC anda dan kemudian periksa apakah error sudah diperbaiki.



3. Update Driver Video Card Anda


Anda juga dapat mencoba mengupdate driver video card anda dan memeriksa apakah masalah telah diperbaiki atau tidak. Metode ini cocok dalam beberapa kasus, tetapi diketahui dapat menyelesaikan masalah DirectX dan mungkin juga berhasil dalam kasus ini. Jika anda mnggunakan graphics card eksternal, maka anda dapat membacanya disini untuk update graphics card dari AMD atau membacanya disini untuk update graphics card dari NVIDIA.



4. Ganti File d3dx9_40.dll yang Rusak dari Package DirectX Terbaru


Jika tidak ada solusi di atas yang bekerja untuk anda, ada perbaikan lain yang dapat anda coba. Ini adalah semacam solusi dimana anda dapat mengganti file d3dx9_40.dll yang rusak dengan salinan baru. Error ini kemungkinan besar terjadi karena beberapa korup yang mendasarinya. Jadi, dalam hal ini, anda harus dapat memperbaikinya dengan memulihkan file d3dx9_40.dll yang baik di system anda.


Untuk mengganti file DLL yang bersangkutan, pertama-tama kita akan menghapus file tersebut dan kemudian memulihkannya kembali dari paket DirectX terbaru. Jika penghapusan tidak diizinkan, anda dapat mencoba mengganti nama file. Mari kita periksa proses untuk mengganti file d3dx9_40.dll yang rusak atau hilang.

  • Pertama, buka File Explorer menggunakan tombol Win + E dan kemudian arahkan ke lokasi C:\Windows\System32.
  • Sekarang, cari file d3dx9_40.dll secara manual atau dari Search bar di lokasi di atas.


  • Selanjutnya, klik kanan pada file d3dx9_40.dll dan pilih Delete untuk menghapus file tersebut.
  • Jika menghapus file menunjukkan error yang berbeda atau anda tidak dapat menghapus file, ganti nama file dengan ekstensi .old.
  • Setelah itu, masuk ke lokasi C:\Windows\SysWOW64 di File Explorer dan ulangi prosedur di atas untuk menghapus file d3dx9_40.dll.

  • Kemudian,download installer DirectX End-User Runtimes versi terbaru dari sumber resmi (lihat link download di metode pertama), kemudian luncurkan installer dan ikuti panduan di layar untuk menyelesaikan instalalasi. Ini akan mengembalikan file d3dx9_40.dll yang hilang.
  • Terakhir, restart PC anda dan kemudian periksa apakah error sudah diperbaiki.


Saya harap artikel ini membantu anda memperbaikinya. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang menggunakan DirectX Diagnostic Tool (DxDiag) untuk pemecahan masalah di Windows atau memperbaiki error file d3dx dll is missing di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error d3dx9_40.dll is missing, not found atau is either not designed to run di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error d3dx9_40.dll is missing, not found atau is either not designed to run di Windows 10/11"