Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Instalasi GeForce Game Ready Driver pada Windows 10/11

 


GeForce Experience adalah solusi driver dan experience yang ditawarkan NVIDIA pada semua GPU-nya. Setiap kali game baru diluncurkan, anda mungkin melihat driver sgame-ready yang tersedia untuk diinstall. Namun, saat melakukannya, jika anda menerima pesan error yang mengatakan bahwa Installation can’t continue dan An error has occurred, maka artikel ini akan membantu anda menyelesaikan masalah tersebut.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan mendapatkan pesan error seperti yang berikut ini.

GeForce Game Ready Driver

Installation can’t continue

An error occured.



Kegagalan instalasi GeForce Game Ready Driver bisa jadi karena gangguan dari program yang berjalan di background yang mengganggu proses instalasi, atau instalasi lain yang sedang berlangsung, atau update Windows sedang mendownload sesuatu di background.



Memperbaiki Error Instalasi GeForce Game Ready Driver pada Windows 10/11


Penting untuk dipahami bahwa skenario ini tidak mengharuskan anda menginstall kembali driver. Disini software mencoba menginstall driver yang disesuaikan dengan game. Ini opsional dan anda hanya perlu menginstallnya jika anda memiliki gamenya. Namun, terkadang NVIDIA menggabungkan beberapa bug dan perbaikan, yang membuat instalasi menjadi penting.


Sekarang, ikuti beberapa metode perbaikan di bawah ini untuk menyelesaikan masalah. Pastikan anda menggunakan akun administrator untuk mengikuti semua metode dibawah ini.



1. Download NVIDIA Game Ready Driver Tertentu


Saat anda mendownload software secara langsung, ia mendapatkan generic installer yang secara otomatis mendeteksi GPU selama instalasi. Anda juga dapat mendownload driver dengan memilih versi OS dan GPU.




2. Tutup Semua Program yang Terbuka


Pastikan semua program atau instalasi yang sedang berjalan ditutup. Ini akan memastikan proses instalasi Game Ready Driver tidak menghadapi gangguan apapun. Terkadang ada program yang menginstall komponen kecil di background dan tidak menjalankan instalasi lainnya.


Anda mungkin juga ingin melihat program yang berjalan di background dan menutup apapun yang tidak perlu. Program-program tersebut dapat diluncurkan kembali.



3. Install Menggunakan Izin Admin


Beberapa software memerlukan izin admin untuk menginstall karena mereka perlu menyalin file dan mendaftarkan DLL dengan OS. Biasanya, anda akan mendapatkan jendela UAC yang meminta izin, tetapi jika anda tidak menerima jendela itu, maka anda dapat menginstallnya secara manual dengan izin admin.


Untuk itu, klik kanan pada installer dan pilih Run as administrator. Jendela UAC akan muncul dan anda perlu mengklik Yes.



4. Clean Install Driver


Saat menginstall software, anda dapat memilih instalasi sebagian atau lengkap. Luncurkan software, kemudian klik Download. Setelah download selesai, anda akan melihat dua opsi yaitu Express Installation dan Custom Installation. Pilih Custom Installation.



Pada layar berikutnya, anda akan dapat memilih dari file yang tersedia. Biasanya mencakup Graphics Driver, PhysX System Software dan HD Audio, driver. Anda perlu memberi ceklist pada kotak di kiri bawah, yang mengatakan Perform a clean installation. Kemudian klik pada teks install untuk memulai prosesnya.


Apa itu PhysX System Software di Game Ready Driver?

PhysX physics engine development kit atau SDK adalah kit pengembangan software open-source. Dengan demikian, PhysX dapat diakses di platform lain selain platform yang dirancang untuk awalnya. Dalam 3D environment, ini menyediakan cara standar yang dipercepat GPU untuk memodelkan dinamika objek yang realistis.


Apa perbedaan antara Driver Game Ready dan Driver Studio?

Driver GPU tidak hanya untuk bermain game tetapi juga memainkan peran besar dalam mengedit video dan menggunakan aplikasi seperti PhotoShop, tool Adobe Creative dan lainnya. Jadi jika anda ingin menggunakannya untuk tujuan kreatif, maka anda dapat mengubah preferensi driver ke Studio Driver.


Apakah driver Game Ready membuat perbedaan?

Driver graphic utama NVIDIA adalah GeForce Game Ready Driver. Dengan driver ini, pengguna dapat menikmati pengalaman gaming yang superior. Driver game-ready  terutama dirilis untuk meningkatkan kinerja, memperbaiki bug dan meningkatkan pengalaman bermain game saat game baru yang signifikan dirilis.


Semoga ini dapat membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang apa itu Nvidia DLSS dan bagaimana cara menggunakannya? atau apa itu VSync dan haruskah mengaktifkan atau menonaktifkannya?


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error instalasi GeForce Game Ready Driver pada Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Instalasi GeForce Game Ready Driver pada Windows 10/11"