Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error INVALID DATA ACCESS TRAP di Windows 11

 


Beberapa pengguna Windows mengeluh tentang masalah, dimana ketika mencoba mengupdate Windows 11 atau setelah mengupgrade ke Windows 11, mereka melihat error INVALID DATA ACCESS TRAP. Karena itu, mereka terpaksa kembali ke Windows 10. Pada artikel ini, kita akan berbicara lebih banyak tentang error ini dan melihat cara memperbaikinya.


Pemeriksaan bug INVALID_DATA_ACCESS_TRAP di Windows 11 ini memiliki error code 0x00000004. Error ini menunjukkan bahwa terjadi akses data yang salah pada Windows 11 anda.


Beberapa faktor dapat menimbulkan error INVALID DATA ACCESS TRAP pada Windows 11 anda. Dimana software yang rusak atau hardware yang rusak dapat memicu error INVALID DATA ACCESS TRAP ini pada system operasi Windows anda. Selain itu, masalah ini juga dapat terjadi karena ketidakcocokan driver atau software yang terinstall.




Memperbaiki Error INVALID DATA ACCESS TRAP di Windows 11


Jika anda mendapatkan error INVALID DATA ACCESS TRAP pada Windows 11 atau mungkin pada Windows 10 anda, maka anda dapat mengikuti solusi yang diberikan dibawah ini untuk mengatasi masalah ini.



1. Anda Mendapat Error ini dan Harus Me-rollback ke Windows 10


Jika anda mengalami error ini, sebaiknya anda harus melakukan beberapa hal sebelum menginstall atau mengupgrade ke Windows 11. Dalam hal ini, lakukan hal berikut dan kemudian coba upgrade kembali ke Windows 11.

  • Update Windows 10 dengan semua update terbaru yang tersedia. Anda dapat melakukannya dari Settings Windows atau dengan mendownload update dari Microsoft Update Catalog dan menginstallnya secara manual.
  • Kemudian cabut semua USB drive eksternal yang terhubung ke PC anda.
  • Uninstall aplikasi terkait Media seperti PowerDVD.
  • Juga nonaktifkan software antivirus pihak ketiga anda. Atau sebaiknya anda menguninstall antivirus tersebut terlebih dahulu.
  • Setelah itu, upgrade kembali Windows 10 anda ke Windows 11.


Jika upgrade berhasil, maka anda kemudian dapat melanjutkan dengan pengaturan lainnya. Anda juga mungkin perlu memeriksa beberapa Settings Windows 11 dan mengubahnya.


Jika upgrade gagal dan anda melihat error code lainnya, anda mungkin perlu memecahkan lebih lanjut terkait error upgrade Windows. Atau anda kemudian dapat menggunakan Windows 11 ISO dan lakukan clean install Windows 11.



2. Anda Mendapat Error ini Setelah Upgrade ke Windows 11


Jika anda mendapatkan error ini setelah proses upgrade berhasil dan kemudian error ini muncul, maka anda dapat melakukan hal berikut ini.

  • Install semua update Windows 11 yang tersedia termasuk update driver dan Optional Updates.
  • Pastikan semua driver perangkat anda diupdate. Driver yang out of date dapat menyebabkan error ini, jadi anda perlu memastikan bahwa anda selalu mengupdate driver perangkat anda. Oleh karena itu, update driver perangkat anda dan lihat apakah masalah tetap ada.
  • Periksa juga software yang tidak kompatibel dan update ke versi terbarunya. Anda perlu memeriksa apakah aplikasi pihak ketiga menyebabkan error ini. Untuk melakukan itu, anda dapat menggunakan pemecahan masalah di Clean Boot dan temukan apa yang menyebabkan masalah. Sebelum menguninstall software tersebut, coba update terlebih dahulu dan lihat apakah masalah tetap ada.
  • Jika User file anda tidak ada di drive C, maka pindahkan ke lokasi default di drive C dan lihat apakah itu membantu. Anda perlu memastikan bahwa User file berada di drive C karena itu adalah drive yang berisi System Operasi anda. Solusi ini tidak berlaku untuk semua pengguna karena beberapa pengguna juga tetap mengalami error ketika mereka melakukannya. Namun jika anda ingin mencobanya, maka inilah saatnya untuk memindahkannya ke lokasi defaultnya. Ini telah membantu beberapa pengguna.
  • Gunakan Blue Screen Troubleshooter Online dari Microsoft dan lihat apakah itu membantu. Anda juga harus mencoba Blue Screen Troubleshooter online untuk menyelesaikan masalah ini. Ini dapat membantu anda menyelesaikan masalah ini dengan mudah. Jadi, tidak ada salahnya anda melakukan ini dan lihat apakah masalahnya tetap ada.
  • Jika anda terus melihat Stop Error ini, maka anda mungkin harus memecahkan masalah Stop Error ini lebih lanjut atau mendowngrade ke Windows 10 dan kemudian menginstall Windows 11 baru menggunakan ISO.


Semoga itu membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara install Windows 11 dengan Local Account atau cara mengubah aplikasi dan browser default di Windows 11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error INVALID DATA ACCESS TRAP di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error INVALID DATA ACCESS TRAP di Windows 11"