Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error iTunes has detected a problem with your audio configuration di Windows 10/11

 


iTunes merupakan layanan Apple yang sangat populer di tengah ribuan aplikasi streaming musik untuk Windows 10 atau Windows 11. Namun baru-baru ini, banyak pengguna melaporkan bahwa saat meluncurkan iTunes, mereka melihat pesan error seperti berikut ini.


iTunes has detected a problem with your audio configuration. Audio/Video playback may not operate properly.



Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana anda dapat mengatasi masalah ini dengan bantuan beberapa solusi sederhana.



Memperbaiki Error iTunes has detected a problem with your audio configuration


Jika anda melihat pesan error  iTunes has detected a problem with your audio configuration di iTunes, maka pertama-tama update komputer anda. Terkadang, masalah dapat terjadi karena System Operasi yang out of date. Jadi, periksa update dan install versi terbaru di komputer anda.


Setelah mengupdate, jika masalah berlanjut, maka ini adalah hal-hal yang anda perlukan untuk menyelesaikan pesan error ini.



1. Gunakan Direct Sound


Solusi pertama yang dapat memperbaiki masalah ini adalah mengubah pengaturan Playback Audio. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.

  • Buka iTunes.
  • Kemudian klik Edit dan pilih Preferences. Atau anda dapat menekan tombol Ctrl + ,.
  • Sekarang, alihkan ke tab Playback dan ubah opsi Play Audio Using ke Direct Sound.



Jika Direct Sound sudah dipilih, coba alihkan opsi ke Windows Audio Session.



2. Colokkan Jack Audio


Ini mungkin terdengar agak aneh, tetapi banyak pengguna dapat menyelesaikan masalah dengan mencolokkan speaker atau mikrofon ke jack audio mereka. Setelah melakukan itu, iTunes berfungsi dengan baik dan mulai saat berikutnya, mereka tidak perlu mencolokkan apapun. Jadi, anda dapat mengikuti jejak mereka dan melakukan hal yang sama, dan mudah-mudahan itu akan berhasil juga untuk anda.



3. Rollback, Update atau Instal Ulang Driver Audio Anda


Masalahnya bisa karena driver audio yang bermasalah, out of date atau rusak. Jadi untuk memperbaikinya, anda harus mengupdate driver atau merollback driver atau menginstal ulang driver audio anda masing-masing. Mudah-mudahan, masalah anda akan teratasi.



4. Restart Service Audio


Windows memiliki service Audio. Jika terjadi error di dalamnya, maka itu dapat menyebabkan masalah ini. Jadi, anda dapat memulai ulang Layanan Audio karena itu akan memperbaiki masalah iTunes. Jadi, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk memulai kembali Layanan Audio.



  • Buka Services dari Start Menu. Atau tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela Services, klik kanan pada service Windows Audio di panel kanan dan pilih Restart.
  • Sekarang, buka iTunes dan periksa kembali.


Mudah-mudahan, ini akan memperbaiki masalah anda.


Jika audio iTunes anda tidak berfungsi atau jika anda tidak dapat mendengar suara dari iTunes, maka pertama-tama, periksa pengaturan Audio anda dari Taskbar, pastikan tidak dalam mode mute. Setelah itu, anda harus memeriksa hal yang sama di aplikasi iTunes. Anda mungkin harus menginstal ulang iTunes untuk memperbaiki maslah ini. Namun jika ini adalah masalah di komputer anda, maka anda harus memecahkan masalah audio.


Ketika audio kembali berfungsi dengan baik, saatnya anda mengubah kualitas audio di iTunes. Dan untuk mengubah kualitas audio di iTunes, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka iTunes.
  • Kemudian klik Edit dan pilih Preferences.
  • Di jendela Preferences, alihkan ke tab Playback.
  • Sekarang, gunakan menu drop-down untuk mengubah Videoplayback Quality dan Maximum Resolution.

Dari menu drop-down, anda dapat memilih seperti apa audio yang anda inginkan. Jika anda ingin menyimpan data atau memiliki Internet yang lambat, maka pilih resolusi dan kualitas yang lebih rendah.



Semoga membantu anda! Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara meningkatkan Volume Maksimum di Windows 10/11 atau cara menggunakan fitur Enhance Audio di Windows 11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error iTunes has detected a problem with your audio configuration di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error iTunes has detected a problem with your audio configuration di Windows 10/11"