Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Login User Profile Service Failed the Sign-in di Windows 10/11

 


Apakah anda mendapatkan error User Profile Service failed the sign-in. User profile cannot be loaded selama startup Windows 10 atau Windows 11? Pesan error ini ditampilkan segera setelah anda mengetik password di login screen Windows dan profil pengguna default anda gagal diluncurkan. Sebagai gantinya, profil pengguna yang korup mengambil alih, mengubah lock screen dan background desktop anda. Karena profil yang tepat tidak akan dimuat, maka anda tentunya tidak dapat masuk ke system Windows anda. Jika anda menghadapi masalah yang membuat frustrasi ini, maka salah satu solusi yang saya berikan di bawah ini akan membantu anda menyelesaikannya.




Penyebab Error User Profile Service Failed the Sign-in


Ada banyak alasan kenapa anda mungkin mengalami error User Profile Service Failed the Sign-in ini. Variasi error ini meliputi User profile cannot be loaded dan User profile service failed the logon. Jika anda mendapatkan salah satu dari pesan error ini, maka itu berarti profil pengguna Windows default anda telah rusak. Ini dapat dilacak dengan satu atau beberapa faktor berikut ini

  • Update Windows yang tidak benar: User Account Control (UAC) dirancang untuk mencegah perubahan tidak sah pada perangkat Windows anda. Setiap update yang tidak teratur atau belum selesai atau macet terkadang dapat merusak file host yang diperlukan agar UAC berfungsi dengan baik.
  • Kesalahan dalam mengubahan ukuran partisi: Ketika anda mengubah ukuran partisi dari Disk Management, terkadang bagian-bagian itu dapat rusak yang mengarah ke profil pengguna yang salah.
  • Program antivirus: Jika program antivirus menscan system anda saat anda mencoba log in, itu dapat membatalkan profil pengguna yang benar dan meluncurkan yang salah.
  • Shutdown dan restart yang tidak tepat saat login guest: Jika anda tidak keluar dengan lancar dari local account yang dibuat di PC anda, anda mungkin mengalami error profil pengguna pada login berikutnya.



Memperbaiki Error User Profile Service failed the sign-in di Windows 10/11


Hal baiknya adalah tidak ada penyebab di atas yang menjadi perhatian utama. Anda dapat dengan mudah memperbaiki profil pengguna yang rusak menggunakan salah satu solusi pemecahan masalah di bawah ini.


Anda harus terlebih dahulu mencoba beberapa metode mudah pertama. Dan kemudian gunakan solusi yang lebih rumit dan memakan waktu menjelang akhir hanya jika solusi yang mudah gagal untuk menyelesaikan masalah.



1. Restart atau Shut Down Windows 11/10 dari Lock Screen


Terkadang anda hanya perlu merestart atau men-shutdown sederhana dari jendela lock screen untuk memperbaiki masalah.


Baik anda berada di dalam login administrator atau login guest, gunakan tombol Win + L untuk keluar dan pergi ke lock screen Windows. Kemudian navigasikan ke profil administrator (jika profil guest sebelumnya digunakan untuk login) atau sebaliknya dan klik opsi shutdown/restart di lock screen. Pastikan anda masuk sebagai administrator selama startup berikutnya.



2. Hapus Local User Account di Windows 10/11


Jika error profil pengguna disebabkan oleh shutdown dan restart selama login guest, maka anda mungkin ingin menghapus local account yang tidak perlu untuk sementara menggunakan perintah Run netplwiz. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Setelah login ke komputer anda pada profil pengguna yang salah, tekan tombol Win + R untuk membuka Run, kemudian ketik netplwiz dan tekan Enter.


  • Kemudian pilih akun dan klik opsi Remove di sebelah guest/local account anda. Meskipun saat ini anda login ke komputer dengan local account, profil local disini akan dihapus.


  • Gunakan Win + L untuk keluar dari jendela login local account. Restart komputer dan pastikan untuk menggunakan akun Microsoft biasa anda untuk login kembali.


3. Pindahkan File NTUSER.Dat ke Folder Username Default

Profil pengguna terdiri dari item menu yang dipersonalisasi untuk desktop, downloads, documents, music, videos, save link dan disimpan didalam folder C:/Users.

Untuk setiap profil ini, file .dat bernama NTUSER.dat dibuat oleh Windows. Ini berisi pengaturan pengguna yang dipersonalisasi. Sebelum melakukannya, pastikan anda telah menampilkan file dan folder yang tersembunyi.

  • Buka local account yang diperlukan di dalam C:/Users, kemudian klik kanan pada file NTUSER.dat dan pilih Cut.


  • Selanjutnya paste file NTUSER.dat ke dalam folder username Default.


  • Setelah itu, hapus folder local account dan restart PC anda untuk melihat apakah profil pengguna yang tepat sedang dimuat.


4. Jalankan SFC dan DISM

Beberapa masalah terkait file system yang mungkin menyebabkan masalah error profil pengguna.

Pertama, perintah System File Checker (SFC) adalah cara terbaik untuk memperbaiki file Windows yang rusak termasuk pengaturan profil pengguna. Ini adalah perintah yang sangat sederhana yang dapat memperbaiki banyak masalah PC sekaligus.

Demikian juga, lakukan scan Deployment Image Servicing and Management Tool (DISM), yang membantu memperbaiki image Windows dan dapat mengatasi error user profile service.


5. Gunakan Windows Registry Editor dalam Safe Mode

Windows Registry Editor (Regedit) adalah salah satu solusi terbaik untuk memperbaiki error User profile service failed the sign-in.

  • Untuk ini, masuk dalam Safe mode.
  • Setelah anda masuk ke Safe mode, tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\WindowsNT\CurrentVersion\ProfileList

  • Periksa beberapa entri terakhir di bawah ProfileList untuk melihat apakah ada duplikat. Misalnya entri memiliki nama yang mirip, tetapi setidaknya satu akan berisi file .bak.
  • Ganti nama ekstensi .bak jika ada di entri terakhir menjadi hanya .ba. Untuk entri duplikat lainnya, ganti namanya tetapi tambahkan ekstensi .bak. Hapus kelebihan ekstensi .bak, jika ada, untuk entri duplikat.
  • Hapus ekstensi .ba di entri yang baru saja diganti namanya.
  • Kemudian klik dobel pada State pada profil tempat .bak dihapus.
  • Kemudian ubah value datanya menjadi 0 (nol) dan klik OK untuk menyimpan pengaturan.


  • Setelah itu restart PC dalam mode normal.

Error User profile service failed the Sign-in harus hilang setelah anda login kembali.



6. Reset Windows 11/10 Anda

Jika semua opsi di atas gagal, maka anda dapat melakukan reset di PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda juga dapat menggunkan reset berbasis cloud, namun anda harus terhubung online.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara membuat Local Administrator Account menggunakan Command Prompt atau cara izinkan atau blokir Microsoft Account di Windows 10/11.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Login User Profile Service Failed the Sign-in di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Login User Profile Service Failed the Sign-in di Windows 10/11"