Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Some Microsoft cloud services couldn’t be resolved di Windows 11

 


Berhasil mengupgrade PC anda ke Windows 11 adalah hal yang baik. Namun, anda mungkin mengalami masalah di Windows 11 setelah itu. Masalah dimana ketika anda memulai komputer Windows 11 anda, system berhasil melakukan booting, tetapi kemudian anda menerima pesan error koneksi Some Microsoft cloud services couldn’t be resolved. Jika demikian, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda yang terpengaruh dengan beberapa solusi yang paling sesuai untuk menyelesaikan masalah ini dengan mudah.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan menerima pesan error lengkap seperti berikut ini.

Connection error

Some Microsoft cloud services couldn’t be resolved. Run the Windows Internet connections troubleshooter and if the issue persists contact your network administrator.




Memperbaiki Error Some Microsoft cloud services couldn’t be resolved


Jika anda menghadapi masalah ini, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan berikut ini dalam urutan yang disajikan untuk menyelesaikan masalah Some Microsoft cloud services couldn’t be resolved di komputer Windows 11 anda.



1. Restart PC


Solusi ini mengharuskan anda untuk merestart PC anda karena masalah ini mungkin terjadi karena PC anda tidak memulai dengan benar dan tidak memuat service penting yang diperlukan. Dan saat anda akan merestart system, anda juga dapat memecahkan masalah dalam Clean Boot untuk menentukan apakah konflik software dan service pihak ketiga adalah penyebab dari masalah Some Microsoft cloud services couldn’t be resolved pada perangkat anda.


Juga, dengan asumsi bahwa jika komputer anda terhubung melalui WiFi, maka anda dapat menggunakan koneksi ethernet sebagai gantinya. Cukup matikan system anda, kemudian colokkan kabel ethernet RJ45 ke komputer anda dan kemudian nyalakan PC anda. Anda juga dapat mengatur untuk menonaktifkan WiFi secara otomatis saat terhubung ke koneksi Ethernet.



2. Jalankan Internet Connections Troubleshooter


Seperti yang disarankan pada pesan error, solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan Internet Connections Troubleshooter dan melihat apakah itu membantu. Anda dapat menjalankan troubleshooter dari Command Prompt jika situasi anda tidak memungkinkan mengakses Settings Windows anda.


Untuk menjalankan Internet Connections Troubleshooter dari Settings di perangkat Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya, di bawah menu Most frequent, temukan Internet Connections dan klik Run di samping opsi tersebut.



Jika setelah tindakan ini masalah belum terselesaikan, coba solusi berikutnya.



3. Update Driver Network Adapter


Karena upgrade adalah menginstall versi baru Windows, maka driver network adapter anda saat ini mungkin sudah out of date dan tidak kompatibel lagi dengan Windows 11 yang dapat mengganggu berfungsinya network card dan mencegah system mengakses internet/network. Dalam hal ini, anda dapat mengupdate driver network adapter untuk mengesampingkan kemungkinan driver yang out of date.


Jika mengupdate driver tidak membantu, anda dapat menguninstall driver network adapter, kemudian merestart PC Windows 11 anda dan system anda akan secara otomatis menginstall ulang driver generic untuk network card.



4. Reset Network Adapter


Solusi lain yang layak untuk memperbaiki error yang terlihat jika mengupdate driver atau menginstall ulang driver generic tidak berfungsi untuk anda adalah mereset network adapter.


Lanjutkan dengan solusi berikutnya jika masalah belum juga terselesaikan.



5. Uninstall Software VPN dan/atau Hapus Server Proxy (jika ada)


Anda mungkin mengalami masalah ini jika komputer Windows 11 anda terhubung ke internet melalui server proxy atau VPN. Keduanya dapat memicu error ini karena beberapa jenis gangguan yang akhirnya memblokir komunikasi antara mesin client Windows 11 anda dan internet . Dalam hal ini, jika skenario ini berlaku untuk anda, maka anda dapat menonaktifkan proxy dan/atau menguninstall software VPN untuk menyelesaikan masalah yang ada.


Untuk menonaktifkan proxy ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Network & Internet di panel kiri dan klik Proxy di panel kanan.
  • Di bawah bagian Automatic proxy setup, nonaktifkan opsi Automatically detect settings ke Off.
  • Nonaktifkan juga opsi Use Setup Script dengan mengklik Setup kemudian nonaktifkan dan klik Save.
  • Pada bagian Manual proxy setup, jika anda menggunakan pengaturan server Proxy secara manual, maka klik Setup kemudian nonaktifkan dan klik Save.



Juga, anda dapat mereset IP, melepaskan dan memperbarui IP, Winsock, Proxy, DNS (baca artikel ini pada metode kedua) dan melihat apakah itu membantu. Atau anda juga dapat mencoba memperbaiki VPN tidak berfungsi pada jaringan 3G atau 4G.



6. Perbaiki Masalah Koneksi Internet dan Network


Pada titik ini, jika tidak ada yang berhasil sejauh ini dan anda terhubung ke jaringan perusahaan, maka saya sarankan anda menghubungi administrator jaringan anda sebelum melanjutkan lebih jauh dengan dua solusi terakhir di bawah ini. Sementara itu, anda dapat mencoba dan menyelesaikan segala kemungkinan masalah konektivitas pada perangkat Windows 11 anda dan memperbaiki masalah network dan koneksi internet yang mungkin menjadi penyebabnya disini.



7. Reset Windows 11


Solusi ini mengharuskan anda untuk mereset Windows 11 dan melihat apakah itu memperbaiki error ini. Saat melakukan reset, pilih opsi Keep my files agar tidak menghapus data anda.



Semoga ini membantu! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang pengaturan Network & Internet di Windows 11 atau cara memperbaiki Microsoft Store error di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Some Microsoft cloud services couldn’t be resolved di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Some Microsoft cloud services couldn’t be resolved di Windows 11"