Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Unable to start Windows Subsystem for Android di Windows 11

 


Saat memulai Windows Subsystem for Android di Windows 11, anda mungkin mendapatkan error Unable to start Windows Subsystem for Android dimana anda tidak dapat menjalankan Windows Subsystem for Android. Jika anda tidak dapat memulai Windows Subsystem for Android di Windows 11 anda, maka berikut adalah beberapa perbaikan yang perlu anda periksa. Jika anda mendapatkan error ini, anda tidak dapat membuka dan menggunakan Windows Subsystem for Android di komputer Windows 11 anda meskipun sudah diinstall dengan benar.


Ketika anda mendeapatkan error ini, maka semua pesan error akan ditampilkan seperti dibawah ini.

Unable to start Windows Subsystem for Android

Ensure that Virtual Machine Platform is enabled in optional Windows feature. Entire that your device has virtualization enabled in the bios. If you’re running Windows Subsystem for Android in a VM ensure that you have enabled nested virtualization for the VM on the host. See http://aka.ms/enablevirtualization for more information.



Meskipun solusi telah disebutkan dalam pesan error, anda mungkin tidak dapat memperbaikinya sewaktu-waktu. Oleh karena itu, anda mungkin perlu mengikuti semua langkah selanjutnya dibawah ini satu per satu.



Memperbaiki Error Unable to start Windows Subsystem for Android


Jika anda tidak dapat memulai Windows Subsystem for Android di Windows 11, ikuti beberapa metode perbaikan berikut dibawah ini.



1. Aktifkan Virtual Machine Platform


Ini adalah hal pertama yang perlu anda periksa. Bahkan ketika anda mencoba menginstall Windows Subsystem for Android di Windows 11, anda harus mengaktifkan Virtual Machine Platform di PC anda. Jika tidak, itu dapat menyebabkan beberapa masalah. Jika anda menonaktifkannya secara tidak sengaja, anda akan mendapatkan pesan error yang disebutkan di atas saat membuka Windows Subsystem for Android. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah ini untuk memverifikasi atau mengaktifkan platform mesin Virtual di Windows 11 anda.



  • Gunakan SearchWindows untuk menemukan dan membuka Turn Windows features on or off.
  • Pastikan Virtual Machine Platform diberi ceklist.
  • Jika tidak, maka beri ceklist pada opsi tersebut dan klik OK.
  • Setelah itu, mungkin perlu beberapa saat untuk menginstall di komputer anda.
  • Setelah itu, klik Restart now untuk merestart komputer anda.

Setelah booting, anda dapat memeriksa apakah masalah itu telah diselesaikan atau tidak. Jika tidak, coba metode berikutnya.



2. Aktifkan Hyper-V


Ini adalah hal kedua yang perlu anda verifikasi apakah Hyper-V diaktifkan di komputer anda atau tidak. Untuk itu, anda perlu membuka jendela Windows features (Turn Windows features on or off). Untuk melakukannya, ikuti langkah pada metode pertama. Setelah itu, periksa apakah Hyper-V di beri ceklist atau tidak. Jika tidak, maka beri ceklist dan klik OK.



Selanjutnya, anda perlu me-restart komputer anda untuk mendapatkan perubahan. Setelah selesai, anda dapat mencoba membuka aplikasi Windows System for Android di Windows 11 anda.



3. Aktifkan Windows Hypervisor Platform


Ini adalah fitur lain yang perlu diaktifkan untuk dapat membuka Windows Subsystem for Android di Windows 11 anda. Yang terbaik adalah anda dapat menemukannya di tempat yang sama dengan tempat anda mendapatkan kedua fitur diatas. Oleh karena itu, buka jendela Windows Features di komputer anda dan periksa apakah Windows Hypervisor Platform diberi ceklist atau tidak. Jika tidak, beri ceklist dan klik OK. Kemudian restart PC anda ketika diminta.




4. Aktifkan Virtualization


Untuk menggunakan Windows Subsystem for Android, anda harus mengaktifkan virtualization di tingkat hardware. Untuk memverifikasi apakah anda sudah mengaktifkannya atau belum, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Di jendela Task Manager, alihkan ke tab Performance.
  • Kemudian, periksa apakah status Virtualization Enabled atau Disabled.




5. Aktifkan Nested Virtualization


Ini mungkin hal terakhir yang perlu anda periksa saat menggunakan Windows Subsystem for Android di virtual machine. Mari kita asumsikan bahwa anda menginstal Windows 11 pada virtual machine. Jika anda mencoba menginstall Windows Subsystem for Android di Windows 11, anda harus mengaktifkan Nested Virtualization. Jika tidak, anda tidak dapat menggunakan virtual machine lain di dalam Windows 11 yang diinstal pada VirtualBox atau software virtual machine lainnya. Jika anda menggunakan Hyper-V, baca disini untuk mengaktifkannya.


Catatan: Dalam contoh ini saya menggunakan VM VirtualBox.

Mengaktifkan fitur Nested Virtualization di VirtualBox, tersedia pada system host yang menjalankan CPU AMD dan Intel.

  • Untuk mengaktifkannya, di VM VirtualBox Manager, pilih OS Windows 11 dan klik Settings.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan, klik tab Processor.
  • Anda kemudian dapat memberi ceklist pada opsi Enabled Nested VT-x/AMD-V dan klik OK.


Namun, jika anda menggunakan CPU Intel, opsi ini akan berwarna abu-abu. Jadi, anda tidak dapat langsung mengaktifkannya dari Virtualbox Manager. Dan untuk mengaktifkan fitur Nested Virtualization pada CPU Intel, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka folder instalasi VirtualBox anda. Folder defaultnya adalah C:\Program Files\Oracle\VirtualBox.
  • Setelah berada disan, ketik cmd di address bar File Explorer dan tekan Enter. Ini akan membuka Command Prompt.


  • Untuk memeriksa daftar virtual machine di VirtualBox, masukan perntah dibawah ini dan tekan Enter.

VBoxManage.exe list vms

  • Untuk mengaktifkan Enabled Nested VT-x/AMD-V di Virtual Box, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.  Jangan lupa ganti Windows 11 dengan nama virtual machine untuk Windows 11 anda di VirtualBox. Jika anda ingin mengaktifkannya untuk virtual machine lainnya, maka ganti dengan nama virtual machine tersebut.

VBoxManage.exe modifyvm "Windows 11" --nested-hw-virt on


  • Setelah menekan Enter, jendela VirtualBox - Question akan muncul. Klik Reload settings dan OK.


  • Sekarang, di jendela Settings, anda harus melihat opsi Enabled Nested VT-x/AMD-V sudah aktif dan anda dapat memberi ceklist pada kotak disampingnya.


  • Jangan lupa klik OK setelah memberi ceklist untuk menyimpan pengaturan anda.

Anda sekarang dapat memeriksa kembali, apakah Windows Subsystem for Android dapat memulai tanpa error.



Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Unable to start Windows Subsystem for Android di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Unable to start Windows Subsystem for Android di Windows 11"