Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Windows cannot be installed to this disk, The disk may fail soon Saat Install Windows

 


Saat anda mencoba menginstall Windows 10 atau Windows 11 di perangkat anda, anda mungkin mendapatkan pesan error Windows cannot be installed to this disk, The disk may fail soon. Jika anda mendapatkan pesan error tersebut di perangkat anda, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda dengan solusi yang paling sesuai yang dapat anda terapkan dengan sukses untuk menyelesaikan masalah ini.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan menerima pesan error lengkap seperti berikut ini.

Windows setup

Windows cannot be installed to this disk – The disk may fail soon. If other hard disks are available, install Windows in another location.



Pada umumnya, pesan error ini merupakan indikasi bahwa SMART data yang dihasilkan disk adalah peringatan tentang kegagalan yang akan segera terjadi.


Mengapa Windows tidak dapat menginstal ke disk?

Pengguna Windows yang menerima pesan error Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is not of the GPT partition style karena PC anda di-booting dalam mode UEFI, tetapi hard drive anda tidak dikonfigurasi untuk mode UEFI. Untuk mengatasi masalah ini, anda perlu mengonfigurasi drive anda untuk UEFI dengan menggunakan gaya partisi GPT. Untuk itu anda perlu mengkonvert Legacy BIOS ke UEFI.




Bagaimana memperbaiki Windows tidak dapat menginstal pada drive ini?

Ada cukup banyak error Windows cannot be installed to this disk dan menyelesaikan error tersebut tergantung pada jenis error yang anda dapatkan pada PC Windows anda. Umumnya untuk memperbaiki error Windows cannot be installed to this disk (0), dapat anda perbaiki dengan mencoba saran berikut ini.

  • Hapus drive anda untuk menghindari kompatibilitas dengan system partisi sebelumnya.
  • Pilih opsi yang benar untuk booting, Legacy BIOS atau UEFI.
  • Ubah tabel partisi dari GPT ke MBR (Backup data anda jika ada).



Memperbaiki Error Windows cannot be installed to this disk, The disk may fail soon


Jika anda menghadapi masalah ini, maka anda dapat mencoba metode perbaikan yang saya sarankan dalam di artikel ini sesuai urutan yang disajikan di bawah ini untuk menyelesaikan error Windows cannot be installed to this disk – The disk may fail soon pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Jalankan CHKDSK


Jika hard disk berisi bad sector, maka anda dapat mencoba memperbaikinya. Pastikan semua file dibackup terlebih dahulu untuk mencegah kehilangan data yang mungkin terjadi akibat operasi perbaikan. Perlu diingat bahwa system operasi Windows tidak boleh diinstall ke hard drive yang berisi bad sector.



Anda dapat menjalankan CHKDSK untuk memperbaiki bad sector yang mungkin memicu error Windows cannot be installed to this disk – The disk may fail soon pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



2. Jalankan S.M.A.R.T. Tes


S.M.A.R.T. (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology dan sering ditulis sebagai SMART) adalah system pemantauan asli untuk drive HDD, SSD dan eMMC yang ditemukan di komputer Windows. Fungsi utama utilitas ini adalah untuk mendeteksi dan melaporkan berbagai indikator keandalan drive dengan tujuan mengantisipasi kegagalan hardware yang akan segera terjadi.



Ketika S.M.A.R.T. data menunjukkan kemungkinan kegagalan drive yang akan segera terjadi, maka software yang berjalan pada system host dapat memberitahu pengguna sehingga tindakan pencegahan dapat diambil untuk mencegah kehilangan data, dan drive yang rusak dapat diganti dan integritas data dipertahankan.



3. Ganti Hard Drive


Tergantung pada hasil dari kedua tes yang dijalankan sebelumnya, satu-satunya pilihan anda mungkin adalah membuat backup file anda dan mengganti drive dengan drive yang sehat dan kemudian melakukan clean install Windows 10 atau Windows 11. Jika drive tidak dapat booting, maka anda dapat mencoba mengambil file anda menggunakan Linux Live USB. Anda juga dapat mengikuti artikel ini untuk membackup data anda.



Bagaimana cara mengetahui MBR atau GPT?

Untuk mengetahui apakah disk anda MBR atau GPT di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti petunjuk berikut. Buka Disk Management. Di panel kiri bawah, klik kanan pada disk (0) tempat anda menginstall Windows anda dan pilih Properties. Selanjutnya alihkan ke tab Volume. Periksa bagian Partition Style yang berupa Master Boot Record (MBR) atau GUID Partition Table (GPT).



Apa itu EFI GPT?

Drive/disk EFI GPT harus berisi partisi system. Pada drive GPT, ini dikenal sebagai Partisi Sistem EFI, atau ESP. Partisi ini biasanya disimpan pada hard drive utama. Perangkat melakukan booting ke partisi ini. Ukuran minimum partisi ini adalah 100 MB dan harus diformat menggunakan format file FAT32.


Semoga ini membantu! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang apa itu MBR2GPT Convert Tool di Windows 10/11 dan cara menggunakannya atau cara memperbaiki MBR (Master Boot Record) di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Windows cannot be installed to this disk, The disk may fail soon saat install Windows. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Windows cannot be installed to this disk, The disk may fail soon Saat Install Windows"