Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Internal Error VMware Saat Dihidupkan

 


Bagi banyak pengguna, VMware adalah platform yang baik untuk membuat dan menggunakan Virtual Machine. Hal ini memungkinkan anda untuk memiliki beberapa System Operasi pada satu komputer host. Tetapi akhir-akhir ini, banyak pengguna mulai mengeluh tentang Internal Error pada VMware dan ingin menyelesaikan masalah tersebut. Itu sebabnya saya telah mengumpulkan dan membuat beberapa solusi yang akan membantu anda dalam memperbaiki Internal Error di VMware anda.


Error ini terjadi saat anda mencoba membuka Virtual Machine di VMware. Dalam hal ini, penyebabnya sangat jelas yaitu kegagalan dari VMware authorization service. Jika service ini gagal memulai, maka otomatis Virtual Machine tidak akan memulai dan mengakibatkan anda akan melihat pesan error tersebut. Alasan lain yang dapat menyebabkan masalah ini adalah antivirus anda salah mengira bahwa Virtual Machine anda adalah virus. Terkadang, antivirus anda atau bahkan Windows Securit  berpikir bahwa aplikasi atau game adalah virus dan membuatnya berhenti bekerja. Ada perbaikan untuk ini yang akan kita bicarakan nanti di artikel ini. Ada beberapa alasan lain seperti Virtual Machine atau VMware yang rusak dan beberapa solusi yang akan kita lihat selanjutnya.




Memperbaiki Internal Error VMware


Mari kita mulai memperbaiki Internal Error VMware dengan mengupdate system anda. Anda perlu memeriksa udate dan menginstall update yang terbaru jika tersedia. Jika masalahnya adalah karena bug, maka update akan menyelesaikannya. Namun, jika menginstall build terbaru tidak berhasil menyelesaikannya maka anda dapat mencoba mengikuti solusi dibawah ini untuk menyelesaikan masalah.



1. Periksa Vmware Authorization Service


Pertama-tama, anda perlu memeriksa Vmware Authorization Service dan memastikan bahwa itu diaktifkan dan memiliki hak administrator. Untuk hak administrator, anda tidak perlu melakukan langkah ekstra apapun, jika anda masuk sebagai administrator karena itu sudah cukup. Untuk memeriksa Vmware Authorization Service, anda harus mengikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services.
  • Di jendela Services, temukan dan klik dobel pada service Vmware Authorization Service di panel kanan.
  • Di jendela properties service, pastikan Startup type adalah Automatic dan Service status adalah Running. Jika tidak, anda harus mengklik Start untuk memulai service.



Anda juga dapat mencoba memulai ulang service jika diaktifkan dengan mengklik Stop dan kemudian mengklik Start. Di jendela utama Services, klik kanan service dan pilih Restart. Langkah ini akan memperbaiki error apapun yang mungkin dimiliki service. Setelah melakukan itu, lihat apakah masalah berlanjut.



2. Perbaiki VMware


Jika anda melihat masalah karena aplikasi VMware yang rusak, maka cara terbaik untuk menyelesaikannya adalah dengan memperbaiki aplikasi. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini untuk melakukan hal yang sama.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Apps dan klik Apps & features.
  • Selanjutnya temukan VMware di panel kanan.
  • Kemudian;

  1. Untuk Windows 11: Klik pada tiga titik vertikal dan klik Modify/Repair.
  2. Untuk Windows 10: Pilih aplikasi dan klik Modify/Repair.

  • Kemudian wizard instalasi akan muncul. Disana, anda perlu mengklik Next dan kemudian Repair.



Setelah proses selesai, periksa kembali. Semoga, ini akan menyelesaikan masalah anda.



3. Periksa Antivirus Anda


Jika anda tidak berurusan dengan aplikasi yang rusak, mungkin antivirus anda memblokir Virtual Machine agar tidak berjalan di system. Ini tidak jarang dan merupakan masalah yang dihadapi banyak aplikasi komputer. Jadi, jika anda memiliki aplikasi pihak ketiga, anda dapat menonaktifkan antivirus atau menambahkan VMWare ke whitelist antivirus anda. Anda harus melakukan hal yang sama dengan Windows Security, baik menonaktifkannya untuk sementara atau mengizinkan VMware melalui firewall.



4. Restart VM Service


Terkadang, masalahnya adalah karena kesalahan, dan dalam hal ini, merestart semua VM Service adalah cara yang harus dilakukan. Jadi, anda perlu menjalankan beberapa perintah.

  • Oleh karena itu, tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah dibawah ini satu per satu sambil menekan Enter.


NET STOP "VMware Authorization Service"
NET STOP "VMware DHCP Service"
NET STOP "VMware NAT Service"
NET STOP "VMware USB Arbitration Service"
taskkill /im vmware-tray.exe /f
taskkill /im vmware-tray.exe /f

  • Setelah menjalankan semua perintah diatas, masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter untuk merestart service.

NET START "VMware Authorization Service"
NET START "VMware DHCP Service"
NET START "VMware NAT Service"
NET START "VMware USB Arbitration Service"
START C:\Progra~2\VMware\VMWARE~1\vmware-tray.exe
START C:\Progra~2\VMware\VMWARE~1\vmware-tray.exe

  • Terakhir, restart komputer anda dan lihat apakah masalah masih berlanjut.


5. Install Ulang VMware

Jika tidak ada yang berhasil maka merestart VMware adalah pilihan terakhir anda. Jadi, uninstall aplikasi VMware dan install ulang untuk melihat apakah masalah tetap ada.


Semoga, anda dapat menyelesaikan masalah VMware dengan solusi yang disebutkan disini. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara convert Virtual Machine VMware ke VirtualBox dan sebaliknya atau cara booting dari USB drive di VMware.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Internal Error VMware saat dihidupkan di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Internal Error VMware Saat Dihidupkan"