Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Quick Settings Windows 11 Tidak Berfungsi

 


Windows 11 hadir dengan fitur yang dikenal sebagai Quick Settings yang pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengubah pengaturan yang sering digunakan tanpa harus melalui menu atau mencoba mengingat shortcut keyboard yang rumit. Fitur ini di Windows 10 disebut dengan Quick Actions.


Namun, beberapa pengguna mengeluh bahwa mereka mendapati Quick Settings tidak berfungsi di komputer mereka. Setiap kali mereka mengklik bagian yang relevan di Taskbar, tidak ada yang terjadi dengan tindakan tersebut. Untuk itu, artikel kali ini akan menawarkan anda beberapa solusi untuk memperbaiki masalah ini.




Memperbaiki Quick Settings Windows 11 Tidak Berfungsi


Saat menggunakan panel, anda seharusnya tidak memiliki banyak masalah. Hal yang sama berlaku untuk memperbaiki masalah yang anda hadapi saat ini. Perbaikan di bawah ini akan menjelaskan semua yang perlu anda lakukan.



1. Pastikan Windows 11 Selalu di Update


Hal pertama yang ingin anda lakukan disini adalah memastikan bahwa Windows 11 selalu diupdate. Ini penting karena system operasi yang masih baru, yang berarti Microsoft secara aktif merilis update untuk masalah yang diketahui.


Untuk mengupdate system operasi Windows 11 anda, silakan tekan tombol Win + I untuk membuka menu Settings. Dari sana, pilih Windows Update, kemudian klik Update agar system memeriksa update baru secara online.


Jika tersedia, maka Windows 11 akan mendownload dan menginstall secara otomatis. Sekarang, tergantung pada pengaturan update anda, system operasi dapat meminta masukan anda sebelum melakukan apapun.



2. Ubah Kebijakan dari Action Center Menjadi Not Configured


Beberapa pengguna mengatakan bahwa mereka telah memecahkan masalah ini dengan mengatur Action Center ke Not Configured dan itu bekerja dengan sangat baik. Untuk melakukan ini, kita akan menggunakan Group Policy Editor. Sayangnya, pengguna Windows 11 Home tidak dapat mengikuti metode ini, kecuali mereka haruas mengaktifkan Group Policy Editor di komputer mereka. 


Untuk mengatur Action Center ke Not Configured, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur yang diberikan dibawah ini.


User Configuration - Adminstrative Template - Start Menu and Taskbar

  • Selanjutnya, temukan dan klik dobel pada kebijakan Remove Notifications and Action Center di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih opsi Enabled, kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Setelah melakukan perubahan, periksa untuk melihat apakah masalah yang sama masih terjadi di komputer Windows 11 anda. Jika ya, lanjutkan ke metode perbaikan berikutnya.


3. Jalankan Scan System File Checker

Kemungkinan penyebab dari masalah ini adalah ada beberapa masalah mendasar dengan versi Windows 11 anda,. Jadi dengan mengingat hal itu, saya sarankan anda untuk melakukan scan System File Checker (SFC).

Anda dapat melakukan ini dengan membuka Command Prompt dengan hak admin dan dari sana, ketik perintah sfc /scannow dan tekan Enter untuk memulai proses scan system.


Tunggu hingga scan selesai dan itu akan memberitahu jika ada masalah dengan system operasi. Jika ada, maka system akan secara otomatis mencoba memperbaikinya.


4. Lakukan Clean Boot Windows 11 dan Pecahkan Masalah

Metode perbaikan lainnya yang mungkin harus di lakukan adalah melakukan clean boot pada Windows 11 anda untuk menyelesaikan masalah ini. 

Saat anda memulai komputer dalam clean boot, komputer memulai dengan menggunakan rangkaian minimal driver dan program startup yang telah dipilih sebelumnya dan karena komputer dimulai dengan rangkaian driver minimal, beberapa program mungkin tidak bekerja seperti yang anda harapkan.


5. Gunakan Opsi Cloud Reset

Jika metode diatas tidak memperbaiki masalah, maka anda dapat menggunakan opsi Cloud Reset untuk Windows 11 untuk memperbaiki system operasi anda.


6. Laporkan Masalah ini Menggunakan Aplikasi Feedback Hub

Jika mau, anda juga dapat melaporkan masalah tersebut. Jadi, buka Feedback Hub dan pilih Report a problem untuk melaporkan masalah ini ke Microsoft. Hal ini penting di lakukan agar mereka segera memperbaiki masalah ini.



Semoga membatu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menyesuaikan dan menggunakan File Explorer di Windows 11 atau cara menambahkan atau menghapus Keyboard Layout di Windows 11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Quick Settings Windows 11 tidak berfungsi. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Quick Settings Windows 11 Tidak Berfungsi"