Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Run as administrator Tidak Berfungsi atau Hilang di Windows 10/11

 


Jika anda pengguna Windows, maka anda pasti tahu bahwa Windows memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi atau game apapun sebagai administrator. Anda cukup mengklik kanan pada aplikasi atau game dan pilih opsi Run as administrator dari menu konteks. Namun, beberapa pengguna Windows 10 maupun Windows 11 mengeluh bahwa opsi Run as administrator tidak berfungsi di komputer mereka. Mereka mengklaim bahwa tidak ada yang terjadi ketika mereka mengklik Run as administrator.


Jika anda mengalami hal yang sama di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda mungkin perlu melakukan beberapa hal untuk mengatasi masalah ini. Mari kita lihat apa saja metode perbaikan yang terlibat.



Memperbaiki Run as administrator Tidak Berfungsi atau Hilang


Untuk memperbaiki masalah Run as administrator yang tidak berfungsi atau hilang dari menu kontek klik kanan di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mengikuti beberapa saran berikut ini.



1. Aktifkan User Account Control


Jika anda mencoba membuka software dengan hak istimewa administrator, maka jendela UAC (User Account Control) akan muncul, dimana anda perlu mengonfirmasi permission. Namun, jika anda telah menonaktifkan User Account Control secara tidak sengaja atau beberapa malware telah melakukannya tanpa persetujuan anda, maka anda mungkin menghadapi masalah ini. Oleh karena itu, verifikasi apakah User Account Control diaktifkan atau tidak. Jika tidak, aktifkan User Account Control dan lihat apakah ini membantu.




2. Bersihkan Item Menu Konteks


Untuk membersihkah item dari menu konteks klik kanan, anda harus menggunakan pengeditan registry. Atau anda dapat menggunakan software pihak ketiga seperti Easy Context Menu dan menjadi cara termudah untuk menyingkirkan item di menu konteks klik kanan.



Jika anda menggunakan Registry Editor, saya sarankan untuk membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri kedua jalur berikut di bawah ini.


HKEY_CLASSES_ROOT\*\shellex\ContextMenuHandlers


  • Di sini anda hanya perlu menghapus key yang tidak anda inginkan dengan mengklik kanan pada key di panel kanan dan pilih Delete. Ada juga lokasi registry lain dimana data ini dapat disimpan.



Untuk aplikasi UWP (Universal Windows Platform), telusuri jalur berikut ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Classes\PackagedCom\Package

Untuk opsi aplikasi UWP ini, anda dapat mengikuti contoh di artikel ini.


3. Lakukan Scan SFC dan DISM

Jika beberapa file system rusak, maka masalah ini dapat terjadi. Jadi jalankan System File Checker (SFC) serta Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaiki file system operasi anda.



4. Ubah Group Membership

Masuk dengan akun administrator anda atau minta administrator anda untuk melakukannya. Jika anda memiliki Standard User account, tambahkan akun anda ke Administrators Group.


  • Untuk melakukan ini, cari netplwiz di kotak Search dan klik hasilnya.
  • Di jendela User Account, pilih user account anda dan klik Properties.
  • Di jendela Properties user account, alihkan ke tab Group Membership.
  • Selanjutnya pilih Administrator, kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
  • Terakhir, restart komputer anda dan periksa apakah opsi Run as administrator berfungsi atau tidak.


5. Scan System dengan Antimalware

Terkadang masalah ini terjadi karena malware. Jika tidak ada solusi yang bekerja untuk anda, maka anda harus menscan seluruh system anda dengan Windows Security. Atau anda dapat menggunakan antivirus anda untuk melakukan pekerjaan.


6. Pecahkan Masalah dalam Clean Boot

Anda dapat memecahkan masalah di Clean Boot untuk melihat service pihak ketiga mana yang mungkin menyebabkan masalah ini. Clean Boot memulai system dengan driver dan program startup yang  minimal. Saat anda memulai komputer dalam Clean Boot, komputer memulai dengan menggunakan rangkaian driver dan program startup yang minimal yang telah dipilih sebelumnya.


7. Buat Administrator User Account Baru

Jika standard user account anda gagal menggunakan fungsi Run as administrator, maka coba buat Administrator user account baru dan periksa apakah anda dapat menggunakan fungsi Run as administrator atau tidak. Anda perlu masuk dengan Administrator account anda, kemudian membuat User Account baru dan mengubahnya menjadi Administrator account. Kemudian gunakan account tersebut dan mencoba kembali fungsi Run as administrator.



Saya harap solusi ini membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang apakah akun utama anda adalah akun Administrator? Baca ini! atau cara mengedit Registry oleh useraccount lain di Windows 10/11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Run as administrator tidak berfungsi atau hilang di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Run as administrator Tidak Berfungsi atau Hilang di Windows 10/11"