Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Tidak Ada Suara di Komputer Windows 10/11

 


Beberapa dari anda mungkin pernah menghadapi masalah ini dimana tidak ada suara di Windows 11/10/8/7. Jika anda menghadapi masalah seperti tidak ada audio atau suara yang hilang, maka artikel ini dapat membantu anda mengatasi masalah tersebut. Sebelum anda mulai, pastikan anda telah mencolokkan semua kabel dengan benar dan anda tidak mute Speaker di system tray secara tidak sengaja.


Masalah audio tersebut dapat disebabkan karena pengaturan audio yang salah dikonfigurasi, speaker eksternal yang rusak, atau driver perangkat yang out of date atau rusak. Anda perlu memeriksa kontrol volume, level audio, pengaturan audio enhancement dan kemudian mengikuti langkah pemecahan masalah lainnya untuk memperbaiki masalah dan mengupdate driver audio.



Memperbaiki Tidak Ada Audio di Komputer Windows 10/11


Untuk memecahkan masalah tidak ada audio atau suara di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda dapat mengikuti beberapa metode perbaikan berikut ini.



1. Periksa Driver Anda


Anda harus mencoba memeriksa driver audio anda. Seperti dikatakan sebelumnya, bahwa driver yang rusak atau out of date dapat menyebabkan masalah ini. Jadi lakukan update driver audio anda atau menginstall ulang driver yang bermasalah. Untuk itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Sound, Video and Game Controllers.
  • Kemudian, temukan perangkat audio anda dan klik dobel padanya untuk membuka Properties-nya.
  • Lihat apakah driver sudah diinstall dan perangkat berfungsi dengan baik.


  • Di tab Driver, klik Update driver dan ikuti petunjuk.
  • Jika tidak memperbaiki masalah ini, anda mungkin harus menguninstall driver (jangan menghapusnya) dengan mengklik Uninstall device.


  • Kemudian restart PC anda atau klik Action dam klik Scan for hardware changes. Ini akan menginstall ulang driver audio anda.




3. Atur Perangkat Audio yang Benar Sebagai Default


Ketika audio atau suara tidak ada di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, pastikan anda memilih perangkat audio yang benar. Untuk itu, lakukan hal berikut ini.

  • Buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Sound.
  • Di jendela Sound, dibawah tab Playback, pilih Speakers atau perangkat audio yang anda gunakan dan klik Set Defaults.


  • Selanjutnya klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah melakukan itu, restart PC anda dan periksa kembali.



5. Periksa Apakah Kabel Speaker dan Headphone Terhubung dengan Benar


PC baru dilengkapi dengan tiga atau lebih jack termasuk jack microphone, jack line in, jack line out. Jack ini terhubung ke sound processor. Jadi pastikan speaker anda dicolokkan ke jack line out. Jika tidak yakin jack mana yang benar, coba colokkan speaker ke masing-masing jack dan itu akan menghasilkan suara apapun.


Jika anda menggunakan headphone, pastikan anda mencoloknya ke jack line out. Jika anda menggunakan PC desktop, anda dapat mencolokkan headphone anda ke jack yang tersedia di bagian depan CPU anda. Pastikan juga, jika anda menggunakan sound card di PC desktop anda, speaker atau headphone anda di colokkan ke jack line out sound card, bukan di jack line out motherboard.



6. Ubah Format Audio


Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Sound.
  • Di jendela Sound, dibawah tab Playback, klik kanan pada perangkat default anda dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Advanced.
  • Kemudian di bawah Default Format, ubah format dan klik Test untuk memeriksa perangkat audio anda.




7. Periksa apakah kabel HDMI tTerhubung dengan Benar


Jika anda menggunakan kabel HDMI untuk menyambungkan PC ke monitor dengan speaker yang mendukung HDMI, kemungkinan anda tidak akan mendengar suaranya. Dalam situasi seperti itu, anda perlu mengatur perangkat audio HDMI sebagai default. Untuk memeriksa apakah suara didukung oleh HDMI, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Sound.
  • Di jendela Sound, dibawah tab Playback, cari perangkat HDMI. Jika anda memiliki perangkat HDMI, klik tombol Set Default dan klik OK.
  • Mengubah perangkat audio mungkin mengharuskan anda merestart PC anda.


Monitor HDMI anda harus memiliki input audio jika anda tidak memiliki perangkat audio HDMI. Yang harus anda lakukan adalah menyambungkan kabel audio terpisah dari sound card PC anda langsung ke monitor. Jika monitor tidak memiliki speaker, anda harus menyambungkan audio ke perangkat lain, seperti speaker PC eksternal atau system home stereo anda.



8. Jalankan Sound dan Audio Troubleshooter


Jika semuanya gagal, anda dapat menggunakan Sound dan Audio Troubleshooter. Tools ini dapat secara otomatis memperbaiki masalah terkait audio. Ada tiga cara menjalankan Sound dan Audio Troubleshooter. Anda dapat mengikuti salah satunya.


Pertama, buka Control Panel, kemudian ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Troubleshooting. Di halaman berikutnya di bawah Hardware and Sound, jalankan Troubleshoot audio recording dan Troubleshoot audio playback. 



Yang kedua, adalah mengklik kanan pada ikon Speakers di system tray dan pilih Troubleshoot sound problems untuk membuka Sound and Audio Troubleshooter.



Yang ketiga adalah dari jendela Settings Windows. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut ini sesuai system operasi anda.


Di Windows 10:

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I atau buka dari Start menu.
  • Di jendela Settings, pilih Updates & Security.
  • Di halaman berikutnya, klik Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Dari daftar troubleshooter di halaman berikutnya, pilih troubleshooter Recording Audio dan klik Run the troubleshooter. Jalankan juga Playing Audio.



Di Windows 11:

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I atau klik Start menu dan pilih Settings.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, klik Other troubleshooters.
  • Selanjutnya pilih troubleshooter Recording Audio dari daftar dan klik Run yang ada di sebelah kanannya. Anda juga dapat menjalankan Playing Audio.



Anda juga dapat menjalankan Hardware and Devices Troubleshooter untuk melakukan perbaikan pada perangkat yang bermasalah secara otomatis.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memutar musik melalui speaker saat menggunakan headphone di PC atau cara menggunakan fitur Enhance Audio di Windows 11.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tidak ada suara di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Tidak Ada Suara di Komputer Windows 10/11"