Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Tombol Volume Keyboard Tidak Berfungsi di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa tombol Volume pada keyboard mereka tidak berfungsi. Masalah ini sebagian besar dialami oleh pengguna yang menggunakan keyboard USB. Jika tombol Volume keyboard tidak berfungsi di komputer Windows anda, maka ikuti langkah-langkah yang disebutkan disini untuk menyelesaikan masalah.


Pada umumnya, masalah ini terjadi karena error. Errornya bisa di driver keyboard anda atau di software lain yang bertanggung jawab untuk mengontrol volume anda. Biasanya, setelah mencabut dan memasang kembali masalah harus diselesaikan, dalam kasus keyboard USB. Tetapi jika tidak berfungsi, atau anda tidak memiliki keyboard yang dapat dilepas, maka saya telah menyediakan solusi untuk anda dibawah ini.


Dalam artikel ini, saya akan mempertimbangkan setiap alasan dan memberi anda semua solusi potensial untuk menyelesaikan masalah ini.



Memperbaiki Tombol Volume Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10/11


Mari kita mulai memperbaiki tombol Volume keyboard anda dengan terlebih dahulu membersihkan keyboard anda secara fisik terutama area di sekitar tombol Vol Up/Down/Mute. Jika masalah berlanjut, maka berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut.



1. Solusi Awal


Pertama-tama, ada beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum menyelam lebih dalam ke masalah sebenarnya. Ini adalah beberapa solusi sederhana dan berpotensi menyelesaikan masalah untuk anda tanpa kerumitan.

  • Putar video atau audio dan periksa apakah speaker anda berfungsi.
  • Periksa tombol mute dan pastikan tidak diaktifkan.
  • Colokkan ke port lain, jika anda menggunakan keyboard USB.


Jika masalah masih berlanjut, pindah ke solusi berikutnya.



2. Periksa Service HID


Jika masalah berlanjut, mungkin service HID atau Human Interface Device Access anda dihentikan. Jadi, anda harus mengaktifkannya, untuk memperbaiki masalah ini.


Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengaktifkannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services.
  • Di jendela Services, temukan dan klik dobel pada Human Interface Device Service di panel kanan.
  • Pastikan bahwa Startup type diatur ke Automatic dan kemudian klik Start pada bagian Service status.
  • Jika Service status dalam posisi Running, maka klik Stop dan kemudian klik Start. Itu dapat menyelesaikan masalah ini.




3. Uninstall Software Keyboard yang Diinstal Sebelumnya


Jika anda telah menginstall software apapun yang dapat menetapkan key tertentu untuk tugas tertentu, maka anda mungkin ingin menguninstall program dan memeriksa apa yang dilakukannya terhadap masalah tersebut. Terkadang, mereka dapat mengganggu fungsi keyboard anda dan mengintervensi tombol volume melakukan tugasnya. Jadi, menguninstallnya dapat memperbaiki masalah.



4. Install Ulang Driver Keyboard


Seperti yang disebutkan sebelumnya, masalah ini dapat disebabkan oleh error pada driver dan cara termudah untuk memperbaiki error ini adalah dengan menginstall ulang Driver Keyboard. Jadi, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.

  • Buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X  dan pilih Device Manager dari daftar.
  • Di jendela Device Manager, perluas Keyboards, kemudian klik kanan pada driver Keyboard anda dan pilih Uninstall device.


  • Sekarang, klik Uninstall untuk mengonfirmasi tindakan anda.
  • Setelah uninstall, klik kanan pada Keyboards dan pilih Scan for hardware changes. Ini akan menginstall kembali driver keyboard anda.



Terakhir, periksa apakah masalah berlanjut atau terselesaikan.


Anda juga dapat menghapus driver lama dan tidak berguna di Windows anda untuk memperbaiki masalah ini.


Bagaimana jika keyboard tidak memiliki tombol Fn?

Tombol Fn memungkinkan tombol Fungsi menjalankan fungsi sekundernya. Tidak semua keyboard akan memiliki tombol ini, jadi, anda perlu memastikan bahwa keyboard yang anda beli dilengkapi dengan tombol ini. Jika tidak ada, anda tidak dapat melakukan sideload. Namun, anda dapat mencari cara untuk memicu tindakan sekunder tombol Fungsi.


Semoga bermanfaat dan membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang shortcut keyboard baru di Windows 11 atau cara menambahkan atau menghapus Keyboard Layout di Windows 11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tombol Volume keyboard tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Tombol Volume Keyboard Tidak Berfungsi di Windows 10/11"