Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengaktifkan Suara Pengetikan Touch Keyboard di Windows 11

 


Jika anda sering menggunakan Touch keyboard (keyboard sentuh) di Windows 11 dan menyukai suara saat mengetik, ikuti panduan ini untuk mengaktifkan suara pengetikan untuk Touch keyboard. Ada dua cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan suara pengetikan touch keyboard di Windows 11 dan anda dapat menggunakan salah satunya untuk menyelesaikan pekerjaan.


Touch keyboard atau keyboard On-screen membantu anda mengetik di program apapun saat keyboard fisik tidak berfungsi. Anda dapat menemukan semua tombol (tanpa papan angka) pada Touch keyboard. Yang terbaik adalah anda dapat menggunakan jari anda untuk mengetik seperti ponsel jika anda memiliki perangkat Windows touch screen. Meskipun melakukan pekerjaan dengan cukup baik, anda mungkin merasa berbeda karena tidak ada suara klik saat anda menekan tombol. Jika demikian, anda dapat menyingkirkan masalah ini dengan pengaturan bawaan dan Registry Editor.


Ada dua versi Touch keyboard di Windows 11. Jika anda menggunakan keypad kecil, anda harus menggunakan Registry Editor. Namun, jika anda menggunakan Touch keyboard berfitur lengkap, anda dapat menggunakan metode pengaturan bawaan.



Mengaktifkan Suara Pengetikan untuk Touch Keyboard di Windows 11


Untuk mengaktifkan suara pengetikan Touch keyboard di Windows 11, ikuti salah satu metode dibawah ini.



1. Menggunakan Registry Editor


 Jika anda ingin menggunakan metode Registry Editor, pastikan anda terlebih dahulu membackup registry anda atau membuat system restore point. Ini sebagi tindakan pencegahan jika anda melakukan kesalahan di jendela registry editor. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan suara pengetikan Touch keyboard di Windows 11 anda.

  • Buka Registry Editor di komputer anda dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Kemudian di jendela Registry Editor, navigasikan ke jalur berikut ini.


HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\TabletTip\1.7

  • Disini anda perlu membuat DWORD baru. Untuk itu, klik kanan ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan EnableKeyAudioFeedback.


  • Selanjutnya, klik dobel pada EnableKeyAudioFeedback, kemudian ubah Value datanya menjadi 1 dan klik OK untuk menyimpan perubahan.


  • Kemudian, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.

Setelah booting, buka Touch keyboard untuk menemukan suara pengetikan di Windows 11 anda.

Jika suatu saat anda tidak ingin mendengarkan suara pengetikan lagi, maka ubah Value data menjadi 0 (nol) dan klik OK. Anda juga dapat menghapus DWORD EnableKeyAudioFeedback untuk menghilangkan suara pengetikan.


2. Aktifkan atau Nonaktifkan Suara Pengetikan Touch Keyboard di Windows 11

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan suara pengetikan Touch keyboard di Windows 11 menggunakan Settings Windows, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, anda perlu membuka keyboard on-screen yang berfitur lengkap di komputer anda. Ada beberapa metode, tetapi menggunakan shortcut keyboard adalah yang termudah. Anda dapat menekan tombol Win + Ctrl + O untuk membukanya di layar anda.
  • Namun, jika keyboard fisik anda tidak berfungsi, maka anda perlu membuka Settings Windows dari Start menu, kemudian klik Personalization di panel kiri dan klik Touch keyboard di panel kanan. Selanjutnya klik Open keyboard. Kemudian, anda perlu menekan kombinasi yang sama di Touch keyboard. Cara lain untuk membuka On-sreen keyboard adalah ketik keyboard di Search Windows dan klik On-screen keyboard.


  • Setelah membuka On-screen keyboard di layar anda, anda perlu mengklik tombol Options atau Opsi di sebelah kanan keyboard on-screen anda.


  • Di jendela Options yang muncul, beri ceklist pada kotak Use click sound dan klik OK.


Sekarang, anda dapat menemukan suara pengetikan setiap kali anda mengetik sesuatu menggunakan keyboard On-Screen.


Itu saja! Semoga panduan ini membantu anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengontrol kursor Mouse anda dengan keyboard di Windows 10/11 atau cara memperbaiki On-Screen Keyboard tidak berfungsi di Windows 10/11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan suara pengetikan Touch Keyboard di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Mengaktifkan Suara Pengetikan Touch Keyboard di Windows 11"