Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Upgrade ke Windows 11 Tidak Muncul di Windows Update Windows 10

 


Pengguna Windows 10 yang ingin melakukan upgrade ke Windows 11 melalui Windows Update, cukup mengecek update pada perangkat mereka untuk melihat apakah update Windows 11 tersedia untuk system mereka. Namun, beberapa pengguna melaporkan bahwa Upgrade ke Windows 11 tidak muncul di Windows Update meskipun perangkat lulus tes PC Health Check untuk persyaratan Windows 11. Jika anda alalah salah satunya, maka artikel ini menawarkan saran tentang cara mengatasi masalah ini.



Ada beberapa alasan mengapa upgrade ke Windows 11 tidak muncul di Windows Update Windows 10 anda, seperti temporary file yang rusak, ada yang salah dengan service Windows Update, atau anda tidak berada di Channel yang benar dari Windows Insider Program. Jika anda merupakan bagian dari Windows Insider Program, maka artikel ini akan bermanfaat untuk anda.


Ingatlah bahwa ini mungkin bukan masalah yang terjadi pada PC anda, karena Microsoft tidak mendorong Windows 11 ke semua pengguna PC secara bersamaan. Windows Update biasanya dibatasi. Jadi jika komputer anda tidak menerima Windows 11 di Windows Update, biasanya itu berarti bahwa perangkat anda belum siap untuk Windows 11. Namun, anda bisa segera mendapatkan upgrade ke Windows 11 jika anda mau dengan salah satu metode berikut ini.

  • Gunakan Windows 11 Installation Assistant untuk menginstall Windows 11.



Mengatasi Upgrade ke Windows 11 Tidak Muncul di Windows Update Windows 10


Jika anda melihat Windows 11 tidak muncul di Windows Update Windows 10 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah.



1. Restart PC Anda


Anda dapat merestart PC anda dan jalankan kembali Windows Update. Ini dapat membantu anda jika upgrade ke Windows 11 tidak muncul di Windows Update Windows 10 anda. Coba saran berikutnya jika tindakan ini tidak berhasil.


2. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter bawaan dan melihat apakah wizard otomatis membantu menyelesaikan masalah di PC anda.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan, klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter.


  • Biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai dan ini mungkin menyelesaikan masalah anda.



3. Periksa Apakah Pause Updates Diaktifkan


Solusi ini mengharuskan anda untuk memeriksa apakah Pause Updates diaktifkan di Windows 10 anda. Jika opsi ini diaktifkan pada perangkat anda, maka anda perlu menonaktifkan atau mematikannya dan melihat apakah itu memperbaiki masalah yang dihadapi.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security.
  • Selanjutnya dengan Windows Update dipilih di panel kiri, lihat apakah Windows Update anda di paused di panel kanan.
  • Jika ya, maka klik Resume updates.




4. Aktifkan/Nonaktifkan VPN (jika ada)


Beberapa pengguna PC yang terpengaruh melaporkan bahwa dengan mengaktifkan VPN, mereka dapat mengupgrade Windows 10 mereka ke Windows 11. Tetapi jika anda anda sudah terhubung melalui VPN dan anda dihadapkan dengan masalah upgrade ke Windows 11 tidak muncul, maka anda dapat menonaktifkan atau coba uninstall software VPN anda atau hapus server proxy apapun dari komputer anda dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah.


Untuk menghapus atau menonaktifkan server proxy di Windows 10, ikuti langkah langkah dibawah ini.

  • Buka Settings Windows menggunakan tombol Win + I dan pilih Network & Internet di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, pilih Proxy dari panel kiri.
  • Di panel kanan, nonaktifkan Use a proxy server yang tersedia di bawah bagian Manual proxy setup.




5. Ubah Key Registry


Solusi ini berlaku hanya untuk pengguna PC yang menjalankan Windows Preview Builds di perangkat mereka.


Karena ini adalah operasi registry, maka anda disarankan untuk membackup registry atau membuat system restore point sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan. Setelah selesai, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.


HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\WindowsSelfHost\Applicability

  • Di lokasi, di panel kanan, klik dobel pada string berikut ini dan pastikan value data dari string sesuai dengan milik anda. Jika tidak, ubah sesuai yang dibawah ini dan klik OK.
  1. BranchName = Beta
  2. ContentType = Mainline
  3. Ring = External



6. Ubah Pengaturan Telemetry

Solusi ini mengharuskan anda untuk hanya mengubah atau mengkonfigurasi ulang pengaturan Telemetry saat ini pada PC Windows anda. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkahnya di artikel ini pada metode ke-3.



7. Tunggu Microsoft Meluncurkan Update Windows 11 ke PC Anda

Pada titik ini, jika update Windows 11 masih tidak tersedia untuk PC anda dan anda tidak ingin mengupgradenya secara manual, maka tidak ada alasan untuk khawatir karena Microsoft sedang dalam proses meluncurkan update Windows 11 secara perlahan ke semua PC yang memenuhi persyaratan system untuk upgrade. Dalam hal ini, yang dapat anda lakukan hanyalah menunggu update yang akan tersedia untuk PC anda pada pertengahan 2022 nanti.


Semoga bermanfaat untuk anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara install Windows 11 dengan Local Account atau cara install Windows 11 pada hardware yang tidak didukung.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengatasi upgrade ke Windows 11 tidak muncul di Windows Update Windows 10. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Mengatasi Upgrade ke Windows 11 Tidak Muncul di Windows Update Windows 10"