Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaturan Privacy & Security di Windows 11 yang Harus Anda Tahu

 


Microsoft telah secara resmi meluncurkan Windows 11 dan anda akan mendapatkannya secara gratis melalui update Windows asalkan PC anda memenuhi persyaratan minimum. Anda juga dapat mendownload ISO Windows 11 kemudian menginstallnya di PC anda. Fokus utama Windows 11 adalah meningkatkan keamanan PC anda secara keseluruhan. Hal ini terlihat dari beberapa persyaratan keamanan minimum yang harus dipenuhi PC anda untuk menginstall Windows 11. Sekarang, untuk lebih meningkatkan Privacy & Security system anda, anda dapat mengatur beberapa pengaturan yang disediakan di Windows 11. Mari kita periksa apa itu pengaturan Privacy & Security dan bagaimana anda dapat meningkatkan keamanan PC anda.



Pengaturan Privacy & Security di Windows 11


Berikut adalah pengaturan Privacy & Security yang harus anda ketahui di Windows 11 untuk meningkatkan keamanan pada PC anda. Mari kita lihat satu per satu.


1. Update Windows 11 Anda


Dengan setiap update, patch security baru diinstall pada system anda yang meningkatkan keamanan PC anda. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengupdate Windows 11 anda dan menginstall setiap update yang tersedia. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian klik Windows Update di bagian atas jendela Settings. Dari halaman tersebut, klik Check for updates kemudian klik Download & install jika ada update yang tersedia.



Anda juga dapat mengatur opsi update seperti Receive updates for other Microsoft products, Download updates over metered connection dan lainnya sesuai preferensi anda. Juga, pastikan untuk mengatur Active Hours di halaman Advanced options Windows Update sehingga Windows tidak akan restart dan menerapkan update saat anda sedang bekerja.



2. Periksa Sign-in Options Anda


Untuk memastikan hanya anda yang memiliki akses ke akun anda, maka anda harus menyiapkan Sign-in options yang aman yang disediakan di Windows 11. Disarankan untuk mengaktifkan Sign-in options seperti Facial recognition (menggunakan webcam anda) atau Fingerprint recognition karena lebih aman daripada PIN atau password. Anda dapat mengakses dan mengonfigurasi Sign-in options dengan mengakses Settings menggunakan tombol Win + I. Kemudian klik Account di panel kiri dan klik Sign-in options di panel kanan.



Ada beberapa fitur Sign-in tambahan yang dapat anda atur sesuai preferensi anda, seperti tampilkan/sembunyikan detail account di login screen, hanya mengizinkan sign-in Windows Hello untuk Microsoft account dan pengaturan account lainnya .



3. Logout Saat Anda Jauh dari PC Anda


Anda juga dapat memilih untuk sign out dari akun saat anda jauh dari perangkat. Ada opsi bernama If you’ve been away, when should Windows require you to sign in again di dalam Sign-in options. Anda dapat mengatur opsi ini ke When PC wakes up from sleep. Ini akan memastikan bahwa ketika anda pergi, anda logout dan diminta untuk sign-in kembali. Sekarang, anda dapat yakin bahwa tidak ada orang lain yang dapat mengakses akun anda saat anda jauh dari perangkat untuk sementara waktu.



Selain itu, anda juga dapat mengaktifkan fitur Dynamic Lock untuk mengunci perangkat anda secara otomatis saat anda menjauh darinya.



4. Aktifkan Tool dan Fitur Security Bawaan


Pastikan anda telah mengaktifkan Windows Defender Firewall dan Windows Security agar perangkat anda terlindungi dari virus dan malware. Selain itu, anda harus mengambil tindakan yang diperlukan pada scan yang dilakukan pada system anda.


Anda dapat memeriksa area perlindungan dan statusnya saat ini dengan membuka Settings, kemudian mengklik Privacy & security di panel kiri dan mengklik Windows Security di panel kanan.



Di halaman berikutnya, anda akan melihat apakah anda perlu mengambil tindakan pada area tertentu atau tidak. Jika demikian, ketuk masalah keamanan dan kemudian ambil tindakan yang diperlukan untuk menghilangkan risiko keamanan.



5. Jalankan Scan Virus Secara Berkala


Anda juga harus memastikan bahwa anda menscan system anda dari virus dan ancaman secara berkala. Jadi, luncurkan Windows Security, kemudian klik Virus & threat protection di panel kiri dan klik Quick scan untuk memulai proses scan system anda.




6. Lihat Device Security


Jika ada masalah hardware termasuk security processor (TPM), secure boot process dan lainnya, maka itu akan terdaftar di bawah halaman Device Security. Anda dapat mencapai halaman ini dengan membuka Settings, kemudian klik Privacy & security di panel kiri dan klik Windows Security di panel kanan. Di halaman berikutnya, klik Device Security di panel kanan. Anda kemudian dapat memeriksa dan mengambil tindakan yang diperlukan jika anda menemukan masalah.



7. Nonaktifkan Advertising ID Anda


Advertising ID Microsoft dibuat untuk setiap pengguna di perangkat yang digunakan oleh pengembang aplikasi dan jaringan periklanan. Ini pada dasarnya digunakan untuk menyediakan iklan yang relevan di aplikasi. Jika Advertising ID diaktifkan, maka aplikasi dapat mengumpulkan data tentang anda untuk iklan dan pengalaman yang dipersonalisasi. Sekarang, jika anda tidak menginginkannya, maka anda harus menonaktifkan fitur ini untuk menjaga privacy anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Buka aplikasi Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya, klik Privacy & security di panel kiri dan klik General di panel kanan.
  • Sekarang, nonaktifkan opsi Let apps show me personalized ads by using my advertising ID.



Langkah ini merupakan salah satu cara menghentikan Microsoft melacak anda di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



8. Tetap Aman Saat Online


Saat menjelajah website, pastikan anda aman. Anda dapat pergi ke Settings, kemudian klik Privacy & security di panel kiri dan klik Windows Security di panel kanan. Di halaman berikutnya, klik App & browser control. Di jendela baru yang muncul, anda dapat mengaktifkan pengaturan Reputation-based protection (mencari aplikasi yang mencurigakan) dan Exploit protection (untuk mengurangi serangan peretasan jarak jauh).




9. Kontrol Pelacakan Peluncuran Aplikasi


Windows mempersonalisasi Start menu anda berdasarkan aplikasi yang anda luncurkan. Namun, anda dapat mengontrol pelacakan peluncuran aplikasi jika anda mau dengan mengubah beberapa pengaturan privacy. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Privacy & security di panel kiri dan di panel kanan klik General.
  • Di halaman berikutnya, aktifkan atau nonaktifkan opsi Let Windows improve Start and search results by tracking app launches sesuai preferensi anda.




10. Kontrol Diagnostics & feedback


Anda juga dapat mengontrol data yang ingin anda kirim ke Microsoft atau mungkin tidak. Data ini termasuk diagnostic, inking and typing diagnostic data dan banyak lagi. Anda dapat membuka Settings, kemudian klik Privacy & security di panel kiri dan klik Diagnostics & feedback di panel kanan. Di halaman berikutnya, anda dapat mengatur Diagnostic data dan feedback sesuai preferensi anda. Selain itu, anda juga dapat menghapus Diagnostic data yang dikumpulkan oleh Microsoft tentang perangkat anda sejauh ini. Untuk itu, cukup klik opsi Delete diagnostic data.




11. Kelola Application Permissions


Anda dapat memilih permission yang ingin anda berikan atau larang untuk aplikasi tertentu di PC anda. Permission ini mencakup akses ke lokasi anda, kamera, mikrofon, notifikasi, info akun, diagnostik aplikasi, gambar, musik dan banyak lagi.

  • Anda dapat membuka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Privacy & security di panel kiri.
  • Setelah itu, di panel kanan, gulir ke bawah ke bagian App Permissions dan klik aplikasi yang ingin anda atur permissionnya.
  • Di halaman berikutnya, anda dapat mengatur permission.




12. Pastikan Perangkat Anda Dapat Ditemukan Jika Hilang


Microsoft menyediakan fitur praktis untuk mengetahui lokasi perangkat anda saat hilang. Fitur ini disebut Find my device. Pengaturannya dapat anda temukan di Settings Windows dan mengklik Privacy & security di panel kiri. Jadi, pastikan anda telah mengaktifkan fitur ini untuk melacak perangkat anda saat hilang.



13. Enkripsi Data di Perangkat Anda


Enkripsi adalah fitur praktis yang mencegah orang yang tidak berwenang mengakses data pribadi dan rahasia anda. Namun, tidak semua system memiliki fitur ini. Jika komputer anda memiliki fitur enkripsi perangkat, maka anda dapat mengaktifkannya dari Settings Windows.

  • Untuk itu buka Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Kemudian di jendela Settings, klik Privacy & security di panel kiri dan di panel kanan klik Device encryption.



Ini akan membantu anda mengamankan data di perangkat anda.



14. Nonaktifkan Konten yang Disarankan


Windows menampilkan konten yang disarankan termasuk aplikasi dan konten baru di seluruh Settings. Namun, jika anda lebih suka privacy, maka anda dapat menonaktifkan fitur ini. Untuk melakukan itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Privacy & security di panel kiri dan di panel kanan klik General.
  • Sekarang, nonaktifkan opsi Show me suggested content in the Settings app.




15. Kontrol Akses Website ke Daftar Bahasa


Windows dapat mengumpulkan dan mengirim informasi mengenai daftar bahasa pilihan anda dengan website. Ini pada dasarnya untuk secara otomatis mengatur preferensi bahasa anda untuk setiap situs. Namun, jika anda mau, anda dapat mengontrol akses website ke daftar bahasa anda dengan menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Privacy & security di panel kiri dan di panel kanan klik General.
  • Di halaman berikutnya, nonaktifkan opsi Let websites show me locally relevant content by accessing my language list.




Apa saja fitur utama Windows Security?

Beberapa fitur utama Windows Security termasuk Windows Defender Smart Screen, Windows Defender Application Guard, User Account Control, Windows Defender Device Guard, Windows Defender Exploit Guard dan masih banyak lagi. Ada beberapa fitur lainnya seperti Microsoft Bitlocker, Credential Guard dan lebih dari sekadar meningkatkan keamanan anda. Anda dapat menemukan semua artikel tersebut di blog ini.


Semoga artikel ini membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang fitur tersembunyi Windows 11 yang perlu anda ketahui atau Settings Windows 11 yang harus segera anda periksa dan mengubahnya.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memahami tentang pengaturan Privacy & Security di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Pengaturan Privacy & Security di Windows 11 yang Harus Anda Tahu"