Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaturan User Account di Windows 11

 


Microsoft telah merilis versi stabil Windows 11 untuk semua pengguna. Pengguna dengan system operasi Windows 10 dan hardware yang kompatibel dapat mengupgrade ke Windows 11 secara gratis. System operasi Windows 11 hadir dengan tampilan baru dengan banyak fitur baru. Karena Windows 11 memiliki UI baru, beberapa pengguna mungkin kesulitan memahami cara mempersonalisasi PC mereka menggunakan aplikasi Settings Windows 11. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan pengaturan Account di Windows 11.



Pengaturan User Account di Windows 11


Untuk mengakses pengaturan Account di Windows 11, klik kanan pada Start Menu dan pilih Settings. Anda juga dapat menekan tombol Win + I untuk membukan Settings. Sekarang, di aplikasi Settings, pilih kategori Accounts dari panel kiri. Ini akan membuka halaman Account di aplikasi Settings Windows 11, dimana anda dapat melihat info akun anda, menambah atau menghapus pengguna ke dan dari system anda, mengubah opsi sign-in dan lainnya.



Pada halaman Account, tersedia beberapa sub-kategori. Mengklik masing-masing sub-kategori tersebut akan membuka opsi lebih lanjut untuk menyesuaikan pengaturan Account anda. Saya akan menjelaskan masing-masing sub-kategori ini secara rinci.



1. Your info



Sesuai dengan namanya, anda dapat melihat dan mengelola info akun anda disini. Anda dapat menambah, menghapus atau mengubah foto profil anda. Untuk ini, klik tombol Browse files di sebelah tab Choose a file dan pilih gambar dari hard drive komputer anda.


Anda juga dapat mengupload gambar anda dengan mengambilnya melalui kamera laptop atau webcam anda. Tetapi pastikan anda telah memberikan akses ke kamera webcam atau laptop anda. Untuk memeriksa ini, buka pengaturan Privacy & Security dan klik tab Camera di bawah bagian App permissions. Sekarang, aktifkan aplikasi Camera di bawah bagian Let apps access your camera.


Windows 11 juga memiliki beberapa file gambar PNG default yang disimpan di direktori C. Anda juga dapat mengganti foto profil anda dengan file gambar PNG default ini.


Jika anda tidak ingin Windows masuk ke semua aplikasi Microsoft secara otomatis, maka anda dapat menonaktifkan fitur ini dengan mengklik tautan masing-masing di bawah bagian pengaturan Account di halaman yang sama.


Bagian Settings terkait memungkinkan anda mengelola user account anda secara online. Ketika anda mengklik tab itu, Windows akan membuka akun Microsoft anda di browser web anda, dimana anda harus sign-in dengan menggunakan detail akun anda.



2. Email & Accounts



Bagian ini menunjukkan semua akun Microsoft anda yang telah anda tambahkan ke perangkat anda. Disini, anda juga dapat menambahkan akun baru yang digunakan oleh email, kalender dan kontak. Account tersebut dapat berupa akun Microsoft atau non-Microsoft, seperti Office 365, Google, Yahoo, iCloud dan lainnya. Jika anda ingin menghapus account ini, cukup klik account untuk memperluasnya, kemudian klik Manage. Ini akan membuka jendela pop-up dimana anda harus mengklik opsi Delete account from this device option.


Di bagian Account yang digunakan oleh aplikasi lain, anda dapat menambahkan akun Microsoft dan akun kerja atau sekolah. Seperti halaman pengaturan Your info, halaman Email & Accounts juga memungkinkan anda mengelola akun Microsoft anda secara online. Untuk ini, klik akun Microsoft anda untuk memperluasnya, kemudian klik tombol Manage.



3. Sign-in Options



Sesuai namanya, disini anda dapat mengatur sign-in yang berbeda untuk PC Windows 11 anda. Windows 11 menawarkan enam jenis opsi sign-in berikut.

  • Facial recognition (Windows Hello)
  • Fingerprint recognition (Windows Hello)
  • PIN (Windows Hello)
  • Security key
  • Password
  • Picture password


Untuk mengatur Facial recognition dan Fingerprint recognition, perangkat anda harus memiliki kamera dan fingerprint scanner yang kompatibel. Windows Hello PIN adalah kode numerik empat digit yang dapat anda gunakan sebagai salah satu opsi sign-in.


Anda juga dapat membuat Security Key untuk masuk ke aplikasi Windows 11. Security Key adalah perangkat fisik yang dapat anda gunakan untuk sign-in, bukan username dan password anda. Untuk mengatur Security Key pada Windows 11, cukup klik di atasnya dan kemudian klik tombol Manage. Setelah itu, Windows akan meminta anda untuk memasukkan perangkat USB. Masukkan pen drive anda dan ikuti petunjuk di layar.


Demikian pula, anda dapat membuat password untuk sign-in ke komputer anda. Setelah membuat password, anda harus menggunakannya di login screen. Jika anda ingin mengubah password, klik tab Password untuk memperluasnya, kemudian klik tombol Change. Password adalah cara paling aman untuk sign-in ke komputer Windows 11 karena password memungkinkan anda menggunakan kombinasi huruf, angka dan karakter khusus yang berbeda.


Windows 11 juga menawarkan satu cara lagi untuk sign-in, Picture password. Dalam Picture password, anda dapat menggunakan gambar apapun dan membuat gerakan di atasnya.



Jika anda menggulir ke bawah halaman Sign-in options di pengaturan Account Windows 11, anda akan melihat bagian Additional settings. Disini, anda dapat mengatur Dynamic lock di sistem anda. Dynamic lock adalah fitur berguna di Windows 11 yang berfungsi saat anda menghubungkan smartphone dengan komputer melalui Bluetooth. Saat anda mematikan Bluetooth atau komputer anda keluar dari jangkauan Bluetooth smartphone anda, itu akan mengunci sendiri. Selain itu, anda juga dapat memilih apakah anda ingin melihat login screen atau tidak setiap kali anda membangunkan komputer dari mode tidur.



4. Family & other users



Jika anda memiliki komputer bersama, sub-kategori di pengaturan Account Windows 11 ini memungkinkan anda membuat profil pengguna terpisah. Anda dapat membuat profil terpisah untuk anggota keluarga anda dan pengguna lain. Untuk menggunakan fitur ini, anda harus sign-in dengan akun administrator anda.


Anda dapat membuat berbagai jenis user account di Windows 11 dan masing-masing akun ini berbeda satu sama lain dalam beberapa fitur. Windows 11 menyimpan data setiap user account di folder terpisah di direktori C. Tidak ada pengguna yang dapat mengakses folder pengguna lain di direktori C kecuali administrator.


Untuk menambahkan anggota keluarga, klik Add account di bawah bagian Your family. Setelah itu, anda dapat membuat akun baru untuk anggota keluarga anda. Jika anggota keluarga anda sudah memiliki akun Outlook, anda tidak perlu membuat akun baru untuknya. Cukup masukkan alamat email Outlook-nya dan klik Next. Setelah itu, dia akan menerima link undangan di ID emailnya. Ketika dia menerima undangan, akunnya akan ditambahkan ke komputer anda secara otomatis di bawah bagian Your family.


Anda dapat mengelola pengaturan akun anggota keluarga anda dengan mengklik Manage family settings online or remove an account. Setelah itu, Windows akan membuka akun Microsoft anda di browser web, dimana anda harus masuk menggunakan detail akun anda. Setelah masuk ke akun anda secara online, anda dapat menambahkan atau menghapus batasan pada akun anggota keluarga anda, seperti batas waktu layar, filter konten dan lainnya. Untuk menghapus anggota dari Your family group, klik pada tiga titik vertikal di sebelah nama anggota keluarga anda dan pilih Remove from family group. Setelah menghapus seseorang dari group keluarga anda secara online, profilnya akan dihapus dari komputer anda secara otomatis.


Di bagian Other users, anda dapat menambahkan orang-orang yang bukan anggota keluarga anda. Cukup klik Add account dan masukkan alamat email orang tersebut. Atau anda dapat membuat akun baru dengan mengklik link I don’t have this person sign-in information.



5. Windows backup



Disini, anda dapat membackup file dan folder dengan menyinkronkan akun OneDrive anda. Windows 11 juga mengingat password, preferensi bahasa dan pengaturan lainnya. Secara default, pengaturan ini diaktifkan, tetapi jika anda mau, anda dapat mematikannya di kategori Windows backup di pengaturan Account anda.



6. Access work or school



Disini, anda dapat menghubungkan akun kantor atau sekolah ke komputer Windows 11 anda. Cukup klik tombol Connect dan masukkan informasi akun kerja atau sekolah anda. Jika anda pengguna Windows 11 Pro, anda dapat membuat akun sekolah atau kantor baru.


Bagian Related settings dari pengaturan Access work or school adalah untuk administrator IT. Disini, administrator IT dapat mengekspor file log manajemen, menambah atau menghapus provisioning package dan lainnya. Dengan menambahkan provisioning package, administrator IT dapat dengan mudah mengonfigurasi perangkat pengguna tanpa image. Dengan melakukan ini, mereka dapat dengan cepat menerapkan pengaturan konfigurasi ke perangkat target. Pengaturan ini berguna untuk bisnis skala kecil hingga menengah.



Cara Mengubah Type User Account di Windows 11


Anda dapat mengubah jenis user account di Windows 11 dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Luncurkan aplikasi Settings di Windows 11 dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Accounts di panel kiri dan di panel kanan klik Family & other users.
  • Pilih user account yang ingin anda ubah dan kemudian klik Change account type.
  • Sebuah jendela pop-up akan terbuka.
  • Sekarang, klik pada menu drop-down dan pilih opsi yang diinginkan.



Semoga bermanfaat untuk anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengubah gambar user account menjadi video di Windows 10/11 atau cara izinkan atau blokir Microsoft Account di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengatur user account di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Pengaturan User Account di Windows 11"