Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Downgrade Versi BIOS di Komputer Windows

 


Banyak pengguna Dell saat ini menghadapi crash pada system mereka dan juga mendapatkan masalah BIOS sehingga mereka ingin memperbaiki masalah tersebut. Langkah terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mendowngrade versi BIOS. Oleh karena itu, saya menulis artikel ini untuk membantu anda bagaimana cara mendowngrade versi BIOS pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.


Mendowngrade versi BIOS sama beresikonya saat anda mengupgrade BIOS. Namun anda tetap dapat dengan mudah mendowngrade versi BIOS komputer anda. Anda hanya perlu mendownload versi BIOS yang lebih lama dari website Dell dan kemudian menginstallnya di komputer anda. Saya telah memberikan panduan terperinci tentang cara melakukan hal yang sama di artikel ini. Jadi, anda harus mematuhi apa yang tertulis, karena itu adalah langkah yang sangat berisiko.


Mendowngrade versi BIOS tidak sesulit kedengarannya. Pada dasarnya, anda hanya perlu mendownload file dan menjalankan file, tetapi ini bisa menjadi rumit. Pertama-tama, anda perlu memastikan bahwa anda mendownload versi BIOS yang benar dan anda mendownload file hanya untuk system anda. Untuk itu, sebaiknya periksa serial numbernya. Ada beberapa kesulitan lain yang bisa dihadapi seseorang saat melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, anda harus mengikuti langkah-langkah yang disajikan dan melakukan semuanya dengan penuh hati-hati.



Cara Downgrade Versi BIOS di Komputer Windows


Sebelum melalui proses, disarankan untuk memikirkan kembali keputusan anda. Mendowngrade versi BIOS harus menjadi pilihan terakhir anda dan hanya boleh dijalankan jika semuanya gagal.


Untuk mendowngrade versi BIOS di Komputer Windows, anda harus terlebih dahulu mendownload file exe BIOS. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama. Dalam artikel ini saya mengambil contoh komputer Dell, tetapi prosesnya akan sama, kecuali anda harus pergi ke website OEM masing-masing untuk mendownload file BIOS. Saya akan menyertakan link download website OEM nanti.



  • Kemudian cari perangkat anda. Anda dapat mencarinya dengan mengetikkan nama perangkat anda di search bar atau dengan mengklik Browse all products dan kemudian memilih system anda.
  • Kemudian klik pada menu drop-down dan cari BIOS, jika tidak ketemu gunakan keyword BIOS.
  • Jika anda tidak dapat menemukan versi yang ingin anda downgrade, pilih Oldest dari opsi Sort by.
  • Kemudian klik Download.


Jika anda ragu apakah anda mendownload versi yang benar atau tidak, coba cari file BIOS dengan Serial Number anda.


Untuk mengetahui Serial Number anda, tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator dan kemudian jalankan perintah berikut dibawah ini.


wmic bios get serialnumber


Ini akan memberi anda serial number BIOS anda. Kemudian anda dapat menggunakannya untuk menemukan file yang tepat untuk anda.

Sekarang, saatnya untuk mendowngrade versi BIOS. Ada dua cara dimana anda dapat melakukan hal ini. Yang pertama agak mudah dijalankan. Jadi, coba metode pertama terlebih dahulu dan jika itu tidak berhasil, coba metode yang kedua.


1. Tanpa Menggunakan USB

Ada dua syarat untuk mengikuti metode ini yaitu apakah anda memiliki baterai atau tidak (jika anda tidak melihat ikon baterai di Taskbar). Jika anda memiliki baterai, buka saja file tersebut, klik kanan padanya dan pilih Run as administrator. Kemudian ikuti petunjuk di layar untuk melakukan hal yang sama.

Jika anda tidak memiliki baterai atau jika Windows tidak mengenali baterai anda, maka kita perlu menggunakan Command Prompt. Copy file yang didownload ke drive C. Kemudian, lanjutkan dan catat nama file tersebut. Kemudian jalankan perintah berikut.

cd\
<file-name> /forceit

Catatan: Jika <file-name> anda tidak mengandung ekstensi .exe, maka tambahkan. Misalnya: 9P33A05.exe

Hanya itu yang anda lakukan.


2. Dengan Menggunakan USB

Jika metode pertama tidak berhasil, maka kita perlu mennggunakan USB drive untuk melakukan pekerjaan itu.

  • Jadi colokkan USB drive anda dan kemudian download Rufus.
  • Setelah itu buka Rufus, kemudian pilih USB drive anda.
  • Selanjutnya, ubah Boot selection ke FreeDOS.
  • Ubah juga File system ke FAT32 (Default).
  • Terakhir, klik Start.


  • Setelah drive anda siap, copy konten yang didownload ke sana.
  • Kemudian restart komputer anda.
  • Tekan F2 atau F12 untuk booting ke BIOS, juga pastikan anda telah mengaktifkan BOOT dari USB atau anda mendapatkan opsi untuk melakukan hal yang sama ketika anda membuka komputer.
  • Setelah anda boot dengan USB anda, anda akan melihat layar yang meminta anda untuk memberikan perintah.

Catatan: Jika anda dapat melihat konten USB, jalankan perintah kedua, tetapi jika anda tidak melihat isinya, jalankan perintah pertama sebelum menjalankan perintah kedua.

dir

<file-name> exe

  • Setelah menjalankan perintah, anda akan diminta untuk mengonfirmasi tindakan anda, tekan Y setiap kali diminta.


Untuk komputer Dell, tools seperti Dell SupportAssist OS Recovery Tool dapat membantu anda jika komputer anda tidak dapat melakukan booting ke system operasi bahkan setelah dicoba berulang kali. Merek lain juga memiliki tools serupa.

Mudah-mudahan, anda dapat menyelesaikan masalah dengan mendowngrade versi BIOS ke versi sebelumnya.

Daftar beberapa OEM tempat anda dapat mendownload file pengaturan BIOS:


Untuk motherboard lainnya, anda dapat memeriksanya di artikel ini.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mendowngrade versi BIOS di komputer Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Cara Downgrade Versi BIOS di Komputer Windows"