Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install, Reinstall dan Kloning Windows Menggunakan WinToHDD

 


Terkadang, ketika instalasi Windows anda memberi anda masalah besar, anda mungkin perlu meresetore/memulihkan PC anda menggunakan system restore atau menggunakan opsi Refresh atau Reset PC. Terkadang, anda bahkan mungkin memerlukan DVD atau USB bootable. Tanpa media ini, anda tidak dapat menginstall atau menginstal ulang Windows.


Tetapi software gratis bernama WintoHDD memungkinkan anda untuk menginstall Windows tanpa CD atau USB drive. Ini akan membantu anda dalam menginstall ulang atau menginstall Windows tanpa CD atau USB drive. Itu berarti, jika anda memiliki ISO image Windows anda masing-masing, anda pasti dapat menginstallnya di mesin anda. Anda tidak memerlukan bootable USB maker atau CD/DVD burner untuk Windows untuk membuat pen drive bootable.



1. Install Ulang Windows Tanpa CD atau USB Drive


Seperti disebutkan, WinToHDD dapat membantu anda menginstall Windows tanpa CD atau USB drive. Selain itu, anda dapat menginstall ulang Windows atau mengkloning seluruh system anda menggunakan tool yang sama. Sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu untuk menginstall ulang Windows tanpa CD atau USB drive bootable. Setiap kali anda mendapat masalah dan gagal membuat drive bootable, anda dapat memilih metode ini.

  • Buka WinToHDD di PC Windows anda dan anda akan mendapatkan jendela seperti dibawah ini.


  • Pilih Reinstall Windows. Sekarang, anda harus memilih file ISO. Pastikan anda memilih file ISO yang sama yang diinstall saat ini.


  • Disini, anda dapat menemukan arsitektur atau bit Windows (x64 atau x86).
  • Pilih versi yang anda miliki dan tekan tombol Next. Jendela berikutnya akan berisi opsi berikut ini.
  • Sekali lagi klik tombol Next.
  • Sekarang, anda harus membuat WinPE image. Klik Yes dan duduklah selama beberapa saat. Tool ini akan membuat WinPE image masing-masing.


  • Setelah itu, anda perlu merestart PC anda. Tekan saja tombol Yes pada menu popup untuk merestart komputer anda.


Itu dia! Sekarang, mesin anda akan menginstall ulang Windows yang sesuai.



2. Install Windows Tanpa CD/DVD atau USB drive


Anda telah melihat cara menginstall ulang Windows tanpa CD atau USB drive menggunakan software ini. Dimungkinkan juga untuk melakukan instalasi baru menggunakan software yang sama, tetapi anda harus memiliki partisi yang berbeda. Anda tidak dapat melakukan dual-boot system anda dari satu partisi. Ini adalah satu-satunya kelemahan dari tool ini. Oleh karena itu, buat partisi baru untuk penginstalan Windows baru anda dan ikuti langkah-langkah berikut.


Anda harus memilih New Installation di antara empat opsi yang tersedia. Setelah itu, pilih ISO image anda. Kemudian, klik Next dan pilih partisi tempat anda ingin menginstall Windows anda.



Setelah itu, anda harus memberinya waktu. Tool ini akan mengatur segalanya untuk anda. Ketika restart, anda harus pergi ke pengaturan BIOS dan pilih Hard Disk sebagai sumber boot default anda.


Itu saja yang perlu anda lakukan.



3. Kloning System Menggunakan WintoHDD


Terkadang, kita perlu memindahkan system kita dari satu drive ke drive lain. Pada saat seperti itu, tool ini akan banyak membantu anda karena memungkinkan untuk mengkloning system anda.

  • Pilih System Clone dan klik Next di halaman berikutnya.


  • Sekarang, anda harus memilih partisi, dimana anda ingin mengkloning system anda.


  • Kemudian, tool akan menjalankan tugasnya. Ini adalah pekerjaan yang memakan waktu, jadi anda harus bersabar.


Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara kloning Windows 10/11 ke SSD atau cara membuat bootable kloning drive Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menginstall, reinstall dan kloning Windows menggunakan WinToHDD di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Cara Install, Reinstall dan Kloning Windows Menggunakan WinToHDD"