Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Password Setelah Sleep untuk Semua User Account di Windows 10/11

 


Secara default, Windows 10 atau Windows 11 tidak mengharuskan anda untuk log in atau memasukkan password saat bangun dari Sleep Mode. Namun anda dapat membuat Windows memerlukan password saat bangun dari Sleep Mode menggunakan Settings Windows. Namun, ini berlaku hanya untuk masing-masing user account yang telah mengaturnya. Jika anda ingin menerapkan pengaturan yang sama di semua pengguna di komputer anda, maka metode Settings Windows tidak akan berfungsi. Jadi, anda perlu menggunakan Local Group Policy Editor dan Registry Editor dalam situasi seperti itu.


Pada artikel ini, saya akan memberikan panduan tentang ketiga cara terssebut di Windows 10 atau Windows 11 anda agar komputer anda memerlukan password saat bangun dari Sleep Mode.



Cara Menampilkan Password Setelah Sleep untuk Semua User Account


Untuk menampilkan password setelah Sleep di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mengikuti salah satu metode dibawah ini. Perhatikan bahwa metode Settings hanya berlaku untuk masing-masing user account dan sementara untuk metode Group Policy Editor dan Registry Editor berlaku untuk semua user account.



1. Menggunakan Settings Windows


Untuk membuat Windows memerlukan password saat bangun dari Sleep Mode menggunakan Settings Windows, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Accounts di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Sign in options di panel kiri.
  • Di panel kanan, pada opsi If you’ve been away, when should Windows require you to sign in, pilih When PC wakes up from sleep.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Accounts di panel kiri dan di panel kanan klik Sign-in options.
  • Di halaman berikutnya, pada opsi If you’ve been away, when should Windows require you to sign in again, pilih When PC wakes up from sleep dari menu drop-down.



Jika anda memilih Never di pengaturan diatas, maka PC anda tidak akan meminta anda memasukkan password saat PC anda bangun dari Sleep mode.


Metode ini berlaku hanya untuk user account saat ini. Jadi jika user account lain menginginkan hal yang sama, maka ia harus menerapkan langkah yang sama diatas.



2. Menggunakan Group Policy Editor


Untuk membuat Windows memerlukan password saat bangun dari Sleep Mode menggunakan Settings Windows menggunakan Group Policy Editor, maka anda dapat ikuti langkah-langkah berikut ini. Namun langkah ini untuk pengguna Windows edisi Pro atau Enterprise. Jika anda pengguna Windows Home, aktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu atau anda dapat mengikuti metode registry editor dibawah metode ini.

  • Buka Local Group Policy Editor di komputer anda dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.


Computer Configuration - Administrative Templates - System - Power Management - Sleep Setting

  • Disini anda dapat menemukan dua kebijakan di panel kanan yaitu Require a password when a computer wakes (plugged in) dan Require a password when a computer wakes (on battery). Anda perlu mengklik dobel pada masing-masing kebijakan.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih opsi Enabled, kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Setelah lakukan ini, komputer anda akan meminta password ketika PC anda bangun dari Sleep Mode.


3. Menggunakan Registry Editor

Bagi pengguna Windows edisi Home, anda dapat menggunakan metode ini untuk membuat Windows memerlukan password saat bangun dari Sleep Mode. Namun, saat anda akan menggunakan metode Registry Editor, selalu disarankan untuk membackup registry dan membuat system restore point terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka Registry Editor dengan menekan tombol Win + I, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft

  • Disini, klik kanan pada key Microsoft di panel kiri, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan Power.


  • Selanjutnya, klik kanan pada key Power, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan PowerSettings.
  • Setelah itu, klik kanan pada PowerSettings, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan 0e796bdb-100d-47d6-a2d5-f7d2daa51f51.
  • Selanjutnya, anda perlu membuat dua DWORD di sub-key 0e796bdb-100d-47d6-a2d5-f7d2daa51f51. Untuk itu, klik kanan pada 0e796bdb-100d-47d6-a2d5-f7d2daa51f51 atau ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value.
  • Kemudian beri nama masing-masing DWORD dengan nama ACSettingIndex dan DCSettingIndex.


  • Setelah itu, klik dobel pada masing-masing DWORD, kemudian ubah Value datanya menjadi 1 dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Setelah melakukan langkah diatas, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengubah Sleep Timeout dan fungsi tombol Power menggunakan Commad Line atau 7 cara cepat mematikan layar Windows anda.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menampilkan password setelah Sleep untuk semua user account di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Cara Menampilkan Password Setelah Sleep untuk Semua User Account di Windows 10/11"