Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Always on Top untuk Windows Terminal


Secara default, Windows Terminal secara otomatis berada di belakang memilih jendela program aktif lainnya. Namun, jika anda ingin Windows Terminal tetap berada di atas sepanjang waktu, maka berikut adalah cara melakukannya. Artikel ini akan membantu anda mengaktifkan fitur Always on top untuk Windows Terminal di Windows 10 atau Windows 11.



Sering kali, anda mungkin ingin menampilkan Windows Terminal di atas semua program lain yang dibuka di layar anda. Mari kita asumsikan bahwa anda ingin mengcopy perintah dari jendela browser dan mempastekannya ke Windows Terminal. Namun, pengaturan default tidak akan membiarkan anda melakukannya, karena itu anda harus menggunakan mouse untuk mengklik jendela Windows Terminal terlebih dahulu. Pengaturan default selalu menempatkan jendela aktif di atas program lain dan tidak peduli berapa banyak aplikasi yang dibuka di layar anda.


Karena Windows Terminal sering digunakan untuk menjalankan berbagai perintah yang dicopy dari program lain, maka akan sangat membantu jika anda dapat menempatkannya di atas semua program lain. Hal terbaik tentang itu adalah anda tidak perlu menggunakan tweak registry apapun karena ia dilengkapi dengan pengaturan bawaan yang memungkinkan anda melakukannya.



Mengaktifkan Always on Top untuk Windows Terminal


Untuk mengaktifkan Always on Top untuk Windows Terminal di Windows 11 atau Windows 10, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, tentunya anda perlu membuka Windows Terminal di komputer anda. Anda dapat membuka jendela Windows Terminal yang normal atau dengan hak admin. Keduanya dapat melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, untuk memulai, tekan Win + X di komputer Windows 11 anda dan pilih opsi Windows Terminal atau Windows Terminal (Admin). Di Windows 10, anda dapat menggunakan Search Windows untuk menemukan dan membuka Windows Terminal.


  • Setelah membuka Windows Terminal di komputer anda, anda perlu membuka panel Settings. Ada dua cara untuk membukanya di Windows Terminal. Anda dapat mengklik ikon panah di title bar dan memilih opsi Settings. Atau anda dapat menekan tombol Ctrl + , untuk membuka yang sama.


  • Di halaman Settings Windows Terminal, alihkan ke tab Appearance di panel kiri.
  • Disini di panel kanan, anda dapat menemukan opsi yang bernama Always on top. Anda perlu tombol di opsi tersebut ke On untuk mengaktifkannya.
  • Terakhir, klik Save untuk menyimpan perubahan pengaturan anda.



Setelah selesai, anda dapat menggunakan mouse untuk memindahkan jendela Windows Terminal pada program lain untuk diperiksa. Seperti yang dikatakan sebelumnya, itu akan tetap di atas semua program aktif lainnya dan juga pada Task Manager yang dibuka.


Bagaimana cara agar Command Prompt Always on Top?

Sampai sekarang, tidak ada opsi bawaan di Command Prompt baik di Windows 11 dan Windows 10 yang memungkinkan pengguna untuk menjaga jendela always on top dari program lainnya. Namun, jika anda menggunakan Command Prompt di aplikasi Terminal Windows, anda dapat menggunakan langkah diatas.


Bagaimana cara memaksa jendela untuk tetap di atas?

Beberapa aplikasi seperti Task Manager hadir dengan opsi yang sama untuk menjaga jendela selalu di atas dari jendela aktif lainnya. Anda hanya perlu mengklik Options dan memilih Always on top. Namun, jika anda ingin memaksa jendela untuk tetap di atas yang tidak dilengkapi dengan opsi bawaan, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti TurboTop, OnTopReplica, PinWin, dan lainnya.


Itu saja! Semoga panduan ini membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengatur Windows Terminal sebagai aplikasi Terminal default di Windows 10/11 atau tips dan trik Windows Terminal untuk membuat anda bekerja seperti profesional.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan Always on Top untuk Windows Terminal di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Always on Top untuk Windows Terminal"