Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Tombol F8 dan Safe Mode di Windows 10/11

 


Windows 11/10/8 melakukan booting dengan sangat cepat, akibatnya, anda mungkin menemukan bahwa tombol F8 tidak berfungsi. Ada alasan untuk ini. Microsoft telah mengurangi periode waktu untuk key F2 dan F8 menjadi interval yang hampir mendekati nol yaitu kurang dari 200 milidetik dan itu mengakibatkan kemungkinan untuk mendeteksi interupsi F8 sangat rendah dan pengguna tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk menekan tombol F8 untuk menjalankan menu boot dan kemudian masuk ke Safe Mode di Windows.



Safe Mode di Windows 11 dan Windows 10


Meskipun kita tahu cara mem-boot Windows ke Safe Mode menggunakan tools msconfig, namun kita juga tahu bagaimana membuat Windows menampilkan Advanced Boot Options dan menggunakannya untuk boot ke Safe Mode. Kita juga telah melihat bagaimana kita dapat menampilkan Startup Settings untuk boot ke Safe Mode di Windows 8. Dalam artikel ini, kita akan melihat cara mengaktifkan tombol F8 sehingga kita dapat boot ke Safe Mode Windows 11/10/8, menggunakan key ini.


Anda harus mengaktifkan kebijakan boot lama. Ketika anda melakukan ini, Windows akan start beberapa detik kemudian. Saat anda mengaktifkan kebijakan ini pada system dual-boot, anda juga dapat memilih system operasi yang ingin anda gunakan untuk boot. Anda tidak perlu lagi mengikuti langkah-langkah ini.



1. Aktifkan Tombol F8 di Windows 11 atau Windows 10


Untuk mengaktifkan F8 sehingga kita dapat menggunakannya untuk memulai Windows 11/10/8 dalam Safe Mode, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy

  • Setelah menjalakan perintah diatas, anda akan melihat pesan The operation completed successfully.


  • Anda mungkin harus merestart komputer anda untuk mendapatkan pengaturan untuk bekerja.

Anda akan menemukan bahwa key F8 Windows yang sebelumnya tidak berfungsi, sekarang berfungsi!

Jika anda ingin membalikkan pengaturan ke semula, maka masukan perintah berikut ini di command prompt dan tekan Enter.

bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard

Anda akan kembali melihat pesan The operation completed successfully. Pengaturan akan dikembalikan kembali ke default Windows.


Jika anda perlu boot ke Safe Mode atau sering mengakses tools diagnostic dan troubleshooting, maka anda mungkin ingin mengaktifkan tombol F8. Tetapi seperti yang disebutkan, Windows 11/10/8 anda bisa mulai beberapa detik lebih lambat, jadi anda harus siap kehilangan beberapa detik itu.


2. Cara Lain Mengaktifkan tombol F8

Juan Antonio Diaz dari Microsoft telah memposting cara lain tentang cara mengaktifkannya di TechNet tentang cara mengaktifkan Safe Mode di Windows 11/10/8. Dengan menggunakan metode ini anda dapat mengaturnya sehingga menekan F8 akan boot ke Safe Mode dan anda dapat membuat pengaturan ini permanen.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tutup semua aplikasi yang terbuka.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.

bcdedit /enum /v

  • Sekarang anda akan melihat dua deskripsi. Lihat yang di bawah Windows Boot Loader dan copy entri Identifier. Dalam kasus saya, ini dimulai dengan {90e85bd6-….}.


  • Kemudian, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter. Jangan lupa untuk mengganti GUID dengan milik anda yang sudah anda copy sebelumnya.

bcdedit /copy {90e85bd6-41ee-11ec-ba99-8ab715b801b4}  /d “Windows (Safe Mode)”


  • Sekarang dari command prompt yang sama, ketik MSCONFIG dan tekan Enter.
  • Di jendela System Configuration, alihkan ke tab Boot dan beri ceklist pada opsi Make all boot settings permanent.
  •  Kemudian klik Apply dan OK.


  • Setelah itu, reboot system anda.
  • Saat start, ketika anda menekan F8, anda akan melihat layar seperti berikut ini.


  • Klik Use another operating system kemudian pilih Safe Mode maka system anda akan restart dan masuk ke Safe Mode.



Semoga ini membantu anda mem-boot Windows 11 atau Windows 10 dalam Safe Mode. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menambahkan Safe Mode ke menu konteks klik kanan Desktop di Windows 10/11 atau perbedaan antara Safe Mode dan Clean Boot Windows.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan tombol F8 dan Safe Mode di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Tombol F8 dan Safe Mode di Windows 10/11"