Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Resmon atau Resource Monitor di Windows 10/11

 


Resource Monitor adalah tools yang berguna di Windows 11/10/8/7 yang membantu kit menemukan berapa banyak resource yang digunakan dari waktu ke waktu melalui representasi grafis. Dengan cara ini, itu akan membantu kita memeriksa performance counter resource tertentu dan memutuskan tindakan untuk meningkatkan performa/kinerja. Ada banyak cara dimana anda dapat meluncurkan Resource Monitor dan menggunakan aplikasi untuk melacak Performance Data.



Cara Menggunakan Resource Monitor di Windows 10/11


Resource Monitor atau Resmon memungkinkan anda memantau penggunaan CPU, penggunaan memory, aktivitas disk, aktivitas network/jaringan dan lainnya dengan mudah. Seperti Reliability Monitor atau Performance Monitor, Resource Monitor juga merupakan tools bawaan yang berguna di Windows.


Untuk meluncurkan Resource Monitor, tekan tombol Win + R, kemudian ketik resmon dan tekan Enter. Saat anda pertama kali meluncurkan aplikasi, tab Overview akan ditampilkan.


1. Tab Overview



Seperti namanya, tab Overview menampilkan informasi penggunaan resource system dasar dari empat tab utama lainnya yaitu CPU, Memory, Disk dan Network.

Anda dapat melihat grafik dasar untuk masing-masing dari empat kategori tersebut. Ini menawarkan sekilas gambaran dasar tentang status system anda saat ini.

Seperti yang anda lihat, grafik CPU menampilkan persentase total kapasitas CPU yang sedang digunakan (kurva hijau di sepanjang grafik) dengan warna biru menunjukkan Frequency CPU maksimum. Di sampingnya, ada grafik Disk yang menampilkan total I/O saat ini berwarna hijau dan persentase waktu aktif tertinggi berwarna biru. Temuan serupa terkait dengan grafik Network dan grafik Memory juga ditampilkan. Untuk Memory, Hard Faults/sec saat ini dapat dilihat dalam warna hijau dan persentase memory fisik yang digunakan dengan warna biru.

Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih detail tentang tab tertentu, pilih saja tab terkait.


2. Tab CPU



Di bawah tab CPU, dimungkinkan untuk memfilter setiap tampilan tab yang diberikan oleh proses. Cukup beri ceklist pada kotak untuk proses tersebut dan jendela bawah hanya akan menampilkan aktivitas untuk proses itu. Tanpa proses yang dipilih, jendela bawah akan berubah menjadi halaman aktivitas untuk semua proses yang aktif. Skala numerik untuk grafik di sebelah kanan akan berubah seiring perubahan aktivitas. Di sisi kanan, anda akan melihat grafik penggunaan yang akan membantu anda memantau CPU.


3. Tab memory



Tab memory menunjukkan memory yang digunakan oleh setiap proses yang berjalan, bersama dengan grafik di sisi kanan. Ini memberi kita gambaran singkat tentang memory fisik yang digunakan. Seseorang dapat dengan mudah melihat total memory fisik dan apa yang digunakan secara aktif, bersama dengan menunjukkan apa yang dicadangkan hardware. Hardware Reserved mewakili alamat memory fisik yang telah dicadangkan oleh hardware dan tidak tersedia untuk digunakan Windows.


4. Tab Disk



Di bawah tab Disk, anda akan menemukan proses yang terlibat dalam beberapa aktivitas Disk. Pada saat ini, anda mungkin menemukan beberapa proses yang terlibat dalam banyak aktivitas Read-Write (Baca-Tulis). Mengklik kanan pada proses apapun akan memberi anda opsi untuk mengakhiri proses (End Process), mengakhiri proses lengkap (End Process Tree) dan lainnya.


5. Tab Network



Di bawah tab Network, anda dapat menemukan program mana yang mengakses network/jaringan dan IP address mana yang terhubung. Ini membantu dalam mempersempit masalah jika anda menemukan aktivitas network yang sangat tinggi.



Dengan demikian, Resource Monitor menawarkan banyak keuntungan dibandingkan tools individual sebelumnya seperti System Monitor, Performance Logs and Alerts dan Server Performance Advisor dengan cara menggabungkan fungsionalitas tools tersebut ke dalam satu antarmuka. Selain itu, ini memberikan pandangan yang jauh lebih mendalam tentang aktivitas system dan penggunaan resource daripada tools sebelumnya seperti Task Manager.


Semoga bermanfaat untuk anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara membuka Windows Tools di Windows 11 atau apa itu CBS.log dan cara membacanya di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menggunakan Resmon atau Resource Monitor di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Resmon atau Resource Monitor di Windows 10/11"