Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghentikan Restart Otomatis Setelah Update Windows di Windows 10/11

 


Salah satu hal yang sedikit mengganggu di Windows 10 dan Windows 11 adalah pesan Windows Update will restart. Ketika anda mendapatkan pesan tersebut, maka komputer anda akan restart secara otomatis walaupun anda sedang melakukan sesuatu. Hal yang sama akan terjadi ketika anda mendapatkan pesan lainnya yang mengatakan Your PC will automatically restart after 1 day if you don't restart now.



Jika anda mengalami masalah yang sama, maka ada cara untuk menonaktifkan restart otomatis Windows setelah update Windows. Yang pertama dengan menggunakan Group Policy Editor dan yang kedua melalui Windows Registry. Windows 10 dan Windows 11 juga menawarkan anda opsi tambahan yang dapat anda lakukan.



Cara Menghentikan Restart Otomatis Setelah Update Windows


Untuk mengatasi masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda dapat mengikuti salah satu metode dibawah ini yang anda rasa paling nyaman untuk anda ikuti atau yang berfungsi untuk PC anda. Mari kita lihat satu per satu metode secara mendetail



1. Menggunakan Group Policy Editor


Metode ini khusus untuk pengguna Windows 10 atau Windows 11 edisi Pro atau Enterprise. Untuk pengguna edisi Home, ikuti metode lainnya atau anda dapat mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah yang sama dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur berikut ini.


Computer Configuration - Administrative Template - Windows Component - Windows Update - Legacy Policies

  • Selanjutnya, di panel kanan, temukan kebijakan No auto-restart with logged on users for scheduled automatic updates installations.
  • Klik dobel pada kebijakan tersebut untuk mengeditnya.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih Enable, kemudian klik Apply dan klik OK.


Setelah melakukan itu, saat update berikutnya, Windows tidak lagi akan restart secara otomatis. Untuk mengembalikan ke pengaturan semula, di jendela edit kebijakan, pilih Not Configured atau Disabled.


2. Menggunakan Registry Editor

Sebelum mengikuti metode ini, saya sarankan anda untuk membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu sebagai tindakan pencegahan jika anda melakukan kesalahan di jendela Registry Editor. Setelah itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\WindowsUpdate\AU

  • Jika anda tidak melihat key WindowsUpdate dan AU, maka anda dapat membuatnya. 
  • Pertama, klik kanan pada key Windows, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan WindowsUpdate.


  • Kedua, klik kanan pada key WindowsUpdate, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan AU.
  • Sekarang, klik kanan pada AU atau ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan NoAutoRebootWithLoggedOnUsers.


  • Setelah itu klik dobel pada DWORD tersebut, kemudian ubah Value datanya menjadi 1 dan klik OK.


  • Terakhir, tutup jendela Registry Editor dan restart komputer anda.


Value data 1 akan mencegah restart otomatis saat pengguna login. Ini akan menghentikan Windows dari merestart komputer anda secara otomatis setelah update Windows. Untuk mengembalikan ke pengaturan semula, ubah Value datanya menjadi 0 (nol) atau anda dapat menghapus DWORD tersebut.



Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menghentikan restart otomatis setelah update Windows di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Cara Menghentikan Restart Otomatis Setelah Update Windows di Windows 10/11"