Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Update dan Clear Trusted Platform Module di Windows 10/11

 


Jika anda memiliki laptop atau PC yang mendukung TPM dan anda menerima pesan di Windows Defender Security Center yang memberitahu anda bahwa anda perlu mengupdate security processor atau firmware TPM anda, maka anda harus mengupdatenya berdasarkan prioritas. Dalam panduan ini, saya akan membagikan kepada anda bagaimana anda dapat mengupdate atau clear TPM di Windows 10 atau Windows 11 anda.


TPM (Trusted Platform Module) adalah chip khusus pada endpoint perangkat. Itu dapat menyimpan key enkripsi RSA khusus untuk system host untuk otentikasi hardware. Chip TPM juga menyimpan pasangan key RSA yang disebut Endorsement Key. Pasangan ini dipertahankan di dalam chip dan tidak dapat diakses oleh software. Singkatnya, ia dapat menyimpan data penting termasuk Fingerprint, data Facial dan lainnya di dalam chip dan itu tidak mudah diakses.



Mengupdate Firmware TPM Security Processor


Update untuk TPM biasanya memiliki patch untuk kerentanan keamanan yang dapat mempengaruhi keamanan system operasi. Update perlu anda downoad dan instal untuk mengatasi kerentanan. Mungkin juga update firmware dikirim oleh OEM yang biasanya lebih cepat dibandingkan dengan Windows Update.


Ini adalah cara terbaik untuk mengupdate TPM anda. Jadi jika anda telah mengatur update anda ke mode manual, maka periksa apakah anda memiliki update dan apakah itu termasuk patch security/keamanan. Dalam hal update otomatis, itu akan mendownload dan menginstall. Anda akan mendapatkan ide ketika anda melihat notifikasi di Action Center yang meminta anda untuk merestart komputer anda.


Sebagai peringatan untuk anda, jangan terapkan update firmware TPM dari OEM sebelum anda menginstall update system operasi Windows anda. Windows tidak akan dapat menentukan apakah system anda terpengaruh.



Install Update Firmware oleh OEM


Banyak OEM termasuk Microsoft menawarkan update Firmware secara terpisah. Jika update firmware TPM tidak disertakan dalam Windows Update, maka anda harus mendownloadnya secara manual dan menerapkannya di PC anda. Di bawah ini adalah daftar OEM tempat anda dapat mendownload update. Anda selalu dapat memeriksa website pabrikan perangkat anda disini.


Microsoft Surface Devices | Acer | Fujitsu | HP Customer Support | HP Enterprise Support | Lenovo | Panasonic | Toshiba



Clear Trusted Platform Module


Setelah anda menginstall update firmware baik melalui Windows Update atau dari website OEM, anda juga perlu meng-clear TPM anda. Hal ini penting untuk memastikan bahwa data tersebut aman.


Sebelum anda melanjutkan dan mengikuti langkah-langkahnya, pastikan untuk membuat backup data TPM anda sehingga anda dapat memulihkannya nanti. Mengclear TPM anda akan mereset security processor anda ke pengaturan default. Juga, penting bahwa jika anda tidak memiliki PC lain, anda tidak boleh melakukannya sama sekali. Ini mungkin diperlukan jika anda melihat pesan Reset your security processor to fix functionality issues.



Untuk clear TPM anda, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security  di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Security di panel kiri dan di panel kanan klik Device security.
  • Di jendela Windows Defender Security Center yang terbuka, klik kembali Device security di panel kiri dan di panel kanan klik Security processor details dibawah bagian Security processor.
  • Pada halaman berikutnya, pilih Security processor troubleshooting dan kemudian dibawah bagian Clear TPM, klik Clear TPM.
  • Kemudian klik Clear and restart di jendela konfirmasi.
  • Ini akan mereset security processor anda ke pengaturan default dan perangkat anda harus restart sebelum proses selesai.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Privacy & security di panel kiri dan di panel kanan klik Windows Security.
  • Di halaman berikutnya klik Device security.
  • Ini akan membuka Windows Defender Security Center.
  • Pilih Device security kembali di panel kiri dan kemudian di panel kanan dibawah Security processor, pilih Security processor details.
  • Di halaman berikutnya, pilih Security processor troubleshooting dan kemudian dibawah bagian Clear TPM, klik Clear TPM.
  • Selanjutnya klik Clear and restart di jendela konfirmasi.
  • Ini akan mereset security processor anda ke pengaturan default dan perangkat anda harus restart sebelum proses selesai.



Clear TPM Menggunakan PowerShell


Cmdlet Clear-Tpm mereset Trusted Platform Module ke status default dan menghapus nilai otorisasi pemilik dan key apapun yang disimpan di TPM.


Untuk itu, buka PowerShell dengan hak administrator, kemudian masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.


Clear-Tpm

Perintah diatas menggunakan nilai otorisasi pemilik yang disimpan di registry bukan menentukan value atau menggunakan value dalam file. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang ini di docs.microsoft.com.


Semoga ini membantu! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengaktifkan dan menggunakan TPM Diagnostics Tool di Windows 11 atau memperbaiki TPM hilang atau tidak muncul di BIOS.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengupdate dan Clear Trusted Platform Module di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Cara Update dan Clear Trusted Platform Module di Windows 10/11"