Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cegah Windows Agar Tidak Mengurangi Brightness Saat Menggunakan Battery Saver

 


Windows 11 atau Windows 10 akan mengurangi brightness (kecerahan) layar saat anda mengaktifkan Battery Saver di komputer. Namun, jika anda ingin mencegah Windows 11 atau Windows 10 anda mengurangi brightness saat menggunakan Battery Saver, berikut adalah cara melakukannya. Anda dapat menonaktifkan penyesuaian brightness dengan bantuan Settings Windows.


Battery Saver membantu anda mendapatkan lebih banyak cadangan dari biasanya saat laptop anda menggunakan baterai. Ini mengurangi jumlah proses background, menonaktifkan sinkronisasi background dan lainnya. Selain itu, Battery Saver mengurangi brightness layar sehingga laptop anda menghabiskan lebih sedikit baterai setiap saat.


Mari kita asumsikan bahwa anda ingin mengaktifkan Battery Saver tetapi ingin terus memiliki brightness yang sama karena beberapa alasan. Anda hanya memiliki satu opsi pada saat seperti itu dan anda perlu menggunakan Settings Windows. Windows 11 dan Windows 10 hadir dengan opsi bawaan yang dapat anda temukan di Settings Windows, yang mencegah komputer anda mengurangi brightness layar saat anda mengaktifkan Battery Saver.



Cegah Windows 11/10 Agar Tidak Mengurangi Brightness Saat Menggunakan Battery Saver


Untuk mencegah Windows 11 dan Windows 10 mengurangi brightness saat menggunakan Battery Saver, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Anda perlu membuka Settings Windows di komputer anda untuk memulai. Meskipun ada banyak metode untuk membukanya, namun anda dapat menggunakan tombol Win + I.


Setelah itu, wajib untuk memastikan bahwa anda berada di tab System. Di Windows 10, anda harus mengklik System setelah jendela Settings dibuka.


Setelah itu, klik menu Power & battery di panel kanan. Setelah itu, buka bagian Battery dan klik bagian Battery saver untuk memperluasnya. Di Windows 10, anda cukup klik Battery di panel kiri.


Disini anda dapat menemukan pengaturan yang bernama Lower screen brightness when using battery saver di Windows 11, sementara di Windows 10 bernama Lower screen brightness while in battery saver.



Secara default, opsi tersebut diaktifkan. Jadi, anda perlu menonaktifkan opsi tersebut ke Off di Windows 11, sementara di Windows 10 anda perlu menghapus ceklist pada opsi tersebut untuk menonaktifkannya.



Setelah melakukan hal diatas, mulai sekarang dan seterusnya komputer anda tidak akan mengurangi tingkat brightness saat anda mengaktifkan Battery Saver di PC anda.


Jika anda ingin mengembalikan perubahan di masa mendatang, anda perlu membuka Settings Windows dan memberi ceklist kembali pada opsi tersebut.


Apakah baik untuk selalu mengaktifkan Battery Saver?

Meskipun Battery Saver menghemat banyak daya baterai, namun tidak disarankan untuk selalu mengaktifkan Battery Saver. Battery Saver membantu anda menghemat daya baterai anda tetapi ada banyak konsekuensinya. Misalnya, itu menghentikan semua jenis sinkronisasi background sehingga anda tidak dapat mengupload atau mendownload file melalui layanan penyimpanan cloud apapun, seperti Google Drive, OneDrive dan lainnya. Selain itu, ini menonaktifkan banyak proses dan layanan background, membuat beberapa program mengalami kendala ketika mereka memerlukan sinkronisasi data background .



Semoga panduan ini membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara nonaktifkan Power Throttling di Windows 10/11 atau cara mengidentifikasi Service Windows yang menunda Shutdown atau Startup.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mencegah Windows agar tidak mengurangi Brightness saat menggunakan Battery Saver di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Cegah Windows Agar Tidak Mengurangi Brightness Saat Menggunakan Battery Saver"