Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Izinkan atau Hentikan Huruf Kapital Otomatis pada Awal Kalimat Saat Menggunakan Touch Keyboard di Windows 11

 


Secara default, jika anda mengetik di program apapun menggunakan Touch keyboard Windows, huruf pertama akan menjadi huruf kapital atau huruf besar secara otomatis. Namun, artikel ini untuk anda jika anda ingin menghentikan Touch keyboard agar tidak menggunakan huruf kapital pada huruf pertama setiap kalimat di Windows 11 dan Windows 10. Ada dua cara untuk mencegah Touch keyboard melakukannya yaitu menggunakan Settings Windows dan Registry Editor.


Jika anda mengetik di Microsoft Word, huruf pertama akan menjadi huruf kapital secara otomatis. Namun, hal yang sama tidak terjadi di WordPad, Notepad dan beberapa program lainnya. Jika anda menggunakan keyboard fisik, cukup mudah untuk menggunakan huruf kapital pada huruf pertama dari kalimat apapun. Namun, hal-hal yang agak memakan waktu jika anda menggunakan Touch keyboard. Anda perlu menekan tombol Shift dan mengetik hurufnya. Atau anda perlu menekan Caps Lock, mengetik huruf dan mematikan Caps Lock.


Jika anda tidak ingin melalui proses ini, berikut adalah cara mengizinkan atau menghentikan Touch keyboard menggunakan huruf kapital pertama.



Izinkan atau Hentikan Huruf Kapital Otomatis pada Awal Kalimat Saat Menggunakan Touch Keyboard di Windows 11


Untuk menghentikan Touch keyboard agar tidak menggunakan huruf kapital pertama dari setiap kalimat secara otomatis di Windows 11 atau Windows 10, gunakan salah satu metode berikut ini.



1. Menggunakan Settings Windows


Untuk mengizinkan atau menghentikannya menggunakan Settings Windows, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Setelah itu, pilih Time & language di panel kiri dan klik Typing di panel kanan.
  • Setelah itu, perluas bagian Touch keyboard. Disini anda akan opsi Capitalize the first letter to each sentence.
  • Beri ceklist pada opsi tersebut untuk mengizinkan Touch keyboard menggunakan huruf kapital atau hapus ceklist untuk menghentikan Touch keyboard agar tidak menggunakan huruf kapital pada awal setiap kalimat.




2. Menggunakan Registry Editor


Sebelum menggunakan metode registry editor, saya sarankan anda untuk membackup registry sebagai tindakan pencegahan. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengizinkan atau menghentikan Touch keyboard agar tidak menggunakan huruf kapital pada awal kalimat secara otomatis.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.


HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\TabletTip\1.7

  • Disini anda dapat menemukan DWORD bernama EnableAutoShiftEngage di panel kanan. Namun, jika anda tidak dapat menemukannya, maka klik kanan ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan EnableAutoShiftEngage.


  • Kemudian klik dobel pada EnableAutoShiftEngage dan atur value datanya menjadi 1 untuk mengizinkan dan 0 (nol) untuk mencegah Touch keyboard menggunakan huruf kapital di setiap kalimat secara otomatis.


  • Kemudian, klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Setelah itu, restart Windows Explorer dari Task Manager.




Itu saja! Semoga panduan ini membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang mengaktifkan suara pengetikan touch keyboard di Windows 11 atau cara memperbaiki on-screen keyboard tidak berfungsi di Windows 10/11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengizinkan atau hentikan huruf kapital otomatis pada awal kalimat saat menggunakan touch keyboard di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Izinkan atau Hentikan Huruf Kapital Otomatis pada Awal Kalimat Saat Menggunakan Touch Keyboard di Windows 11"